Cara Tumbuhan dalam Melindungi Diri yang Jarang Kita Sadari Langsung ke konten utama

Cara Tumbuhan dalam Melindungi Diri yang Jarang Kita Sadari

Cara tumbuhan dalam melindungi diri yang jarang kita sadari - Tumbuhan merupakan salah satu dari makhluk hidup yang sangat unik. Keunikannya terletak dari kemampuan berbagai tumbuhan untuk melindungi dirinya.

Hewan mungkin sudah jelas, memiliki kemampuan melindungi diri yang sangat beragam. Mulai dari memiliki racun, kemampuan menyengat, menggigit, kemampuan melilit hingga yang paling mudah kita lihat dari hewan adalah kemampuan untuk berlari.

Berbeda dengan tumbuhan. Mahkluk hidup yang  ini tidak memiliki kaki untuk berlari, atau memiliki sayap untuk terbang. Namun, tumbuhan mampu melindungi dirinya dari pemangsa atau hewan lain yang akan memakannya. Apa yang tumbuhan gunakan untuk melindungi dirinya? Selengkapnya sebagai berikut ;

1. Duri
Beberapa tumbuhan memiliki duri di setiap tumbuhnya. Mulai dari batang, ranting, daun bahkan hingga ada yang memiliki buah berduri. Tahukah sobat pembelajar semua, kalau duri tersebut digunakan oleh tumbuhan untuk mempersulit hewan lain yang ingin memakannya. 

Beberapa tumbuhan yang melindungi dirinya dari duri seperti ;  bunga mawar, tanaman kaktus, durian, dan jenis tanaman lainnya.

2. Rambut-rambut halus
Kemampuan berikutnya yang dimiliki oleh beberapa jenis tumbuhan untuk melindungi dirinya adalah dengan menggunakan rambut-rambut halus atau bulu-bulu halus. Apabila hewan ataupun manusia yang menyentuh rambut-rambut halus tersebut, maka dapat dipastikan rasa gatal akan menyerang.
Beberapa tumbuhan yang menggunakan rambut halus sebagai pertahanan dirinya adalah bambu, jelatang,

3. Memiliki getah yang sangat lengket
Tentu anda pernah menebang beberapa jenis pohon. Misalnya saja kamboja. Tanaman ini akan mengeluarkan getah yang cukup banyak. Getah tersebut sebenarnya dikeluarkan sebagai prisai diri tanaman tersebut, sehingga apabila ada hewan lain yang akan memakan tumbuhan tersebut, maka akan merasakan rasa pahit dan lengket dari getah tumbuhan tersebut.
Beberapa jenis tumbuhan yang mengeluarkan getah sebagai pertahanan diri untuk melindungi dirinya adalah tanaman sawo

4. Mengeluarkan cairan serta bau yang tajam dan menyengat
Beberapa tumbuhan memiliki kemampuan ini untuk melindungi dirinya. Seperti tanaman cabai, bawang, dan jenis tumbuhan bumbu lainnya dengan cairan dan bau yang tajam

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !