Cobalah 5 Tips Mengajar yang Lebih Menyenangkan Berikut Ini

Cobalah 5 tips mengajar yang lebih menyenangkan berikut ini - Kegiatan mengajar merupakan aktivitas rutin seorang guru. Tentunya untuk menciptakan kegiatan mengajar tersebut diperlukan persiapan yang lebih matang.

Keberhasilan guru dalam mengajar tentunya didukung oleh berbagai faktor, salah satunya menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan. 

Kegiatan mengajar akan lebih menyenangkan tentunya apabila guru mampu memaksimalkan semua perangkat pembelajaran secara maksimal.

Tentunya kegiatan mengajar yang menyenangkan menjadi dambaan seluruh siswa dan harapan guru. 

Mengapa?

Karena bila melakukan kegiatan apalagi pembelajaran secara menyenangkan tentunya akan mempermudah siswa untuk memahami suatu materi pelajaran.

Kegiatan pembelajaran di salah satu ruang kelas  | sumber : google

Bahkan siswa akan betah berlama-lama belajar bila kegiatan mengajar yang dilakukan guru begitu menyenangkan.

Terkadang apa yang menjadi harapan guru tidak serta merta berhasil dengan baik, kegiatan mengajar yang dilakukan guru bisa saja tidak berhasil seratus persen.

Tentunya banyak hal yang membuat itu terjadi, mulai dari kondisi kemampuan siswa yang kurang, suasana kelas yang tidak nyaman, media yang tidak mendukung, dan waktu kegiatan pembelajaran.

Untuk itu guru bisa menciptakan pembelajaran menyenangkan dengan menggunakan 5 tindakan sederhana berikut ini :

1. Gunakan media yang lebih atraktif


Selama ini mungkin anda hanya sering menggunakan media sederhana, seperti misalnya papan tulis.

Media tersebut kurang atraktif bagi siswa, tingkat kemenarikan sebuah media juga akan mempengaruhi kegiatan pembelajaran yang guru lakukan.

Media gambar misalnya yang anda gunakan untuk menjelaskan sebuah sistem peredaran darah, kalau dilihat memang sudah sesuai media yang dipilih, namun agar pembelajaran yang akan anda lakukan lebih menyenangkan lagi, cobalah untuk mencari media yang berbasis audio visual. Jadi, tayangan video atau animasi yang bergerak akan jauh lebih menyenangkan bagi siswa.

2. Metode yang vareatif dan lebih banyak memotivasi siswa


Mengajar akan lebih bersemangat bila siswanya begitu aktif dalam belajar. Keaktifan siswa tidak hanya ditentukan oleh kemampuan siswa itu sendiri, tetapi bagaimana guru mampu mengelola kelas dengan baik.

Salah satu pilihan lain dalam membuat kegiatan mengajar lebih menyenangkan lagi, cobalah menggunkan metode yang variatif.

Metode mengajar yang tidak hanya berceramah di depan kelas, atau hanya menyuruh siswa untuk menjawab-jawab pada buku paket.

Dengan menggunakan metode yang bervariasi maka kegiatan pembelajaran akan lebih luwes dan tidak kaku.

Guru pun dapat segera menguasai kelas begitu ada tindakan siswa yang dapat mengurangi hasil belajar siswa. Misalnya siswa mengantuk, ada siswa yang lain-lain ketika belajar, dan berbagai tindakan yang kurang baik lainnya.

3. Selalu melibatkan siswa dalam pembelajaran


Kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan guru di kelas sekarang ini sudah tidak lagi mengharuskan guru menguasai kegiatan pembelajaran.

Fokus dalam kegiatan mengajar adalah membelajarkan siswa, maka dari itu guru harus senantiasa mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran.

Memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyelesaikan soal ke depan kelas adalah salah satu bentuk melibatkan siswa dalam pembelajaran.

4. Memberikan selingan humor atau permainan saat mengajar


Agar kegiatan mengajar lebih menyenangkan lagi, guru bisa menyelipkan selingan berupa humor atau permainan kepada siswa.

Humor dan permainan sederhana namun mendidik ini akan mengembalikan konsentrasi siswa serta daya tarik mereka pada kegiatan mengajar yang anda lakukan.

5. Bersikaplah ceria dan hangat ketika anda mengajar di kelas


Yang tidak kalah penting lagi yang harus anda perhatikan dalam menciptakan kegiatan mengajar yang menyenangkan adalah dengan bersikap ceria dan hangat.

Wajah ceria anda akan mampu menambahkan semangat siswa anda untuk belajar. Apalagi anda menunjukkan kehangatan, siswa akan lebih merasa diperhatikan.

Dengan demikian mereka akan mudah mengikuti petunjuk dan arahan anda sebagai guru.

Bahkan tidak jarang mereka pun akan senantiasa terbuka menyampaikan apa yang belum mereka ketahui dari materi yang anda ajarkan saat itu.

Kondisi inilah yang bisa anda gunakan untuk mendiagnosa kekuatan dan kelemahan siswa.

Nah, demikianlah sobat pendidik informasi sederhana yang bisa saya bagikan kali ini.

Saya yakin anda mungkin memiliki cara tersendiri untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang lebih menyenangkan lagi.

Setiap guru memiliki kreatifitas dan cara tersendiri, karena semua itu dipengaruhi oleh kondisi dan lingkungan setempat.

Semoga bermanfaat dan wasalam !!!

0 Response to "Cobalah 5 Tips Mengajar yang Lebih Menyenangkan Berikut Ini"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel