Jenis-jenis Simbiosis dan Contohnya

Jenis-jenis simbiosis dan contohnya - hubungan saling ketergantungan merupakan sebuah hal yang tidak bisa dipungkiri dalam kehidupan ini. Makhluk hidup seperti manusia sudah menyadari betul ketergantungan tersebut. Contohnya mungkin tidak begitu sulit kita temukan. Makanan yang anda konsumsi saat ini itu semua berkat kerja keras orang lain. Kita tidak bisa membuat semua itu tanpa adanya bantuan dari orang lain. Salah satu sumber pokok yang paling berjasa atas makanan yang tersaji di meja makan kita adalah petani. Tanpa adanya petani tentu semua hidangan tersebut tidak akan bisa kita masak.

Hubungan saling ketergantungan tersebut merupakan sebuah rangkaian dalam sebuah ekosistem kehidupan. makhluk satu akan saling ketergantungan dengan makhluk lainnya.

Demikian halnya dengan kehidupan makhluk hidup lainnya. Memiliki hubungan saling ketergantungan yang berbeda. Bahkan hubungan tersebut bisa saja tidak saling menguntungkan antara makhluk yang satu dengan lainnya.

Hubungan tersebut terjadi secara alami dan tanpa campur tangan manusia. Berikut ini akan kami sajikan jenis hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup. Hubungan saling ketergantungan antara makhluk hudup disebut dengan simbiosis.

Semua hewan dan tumbuhan mengalami simbiosis dalam kehidupannya. Simbiosis tersebut bisa terjadi pada hewan dan tumbuhan yang hidup di darat atau di perairan. Simbiosis pada makhluk hidup terjadi kerena sebuah  kenyataan yang tidak bisa dihindari, sebagai upaya dalam mempertahankan hidupnya, tidak jarang juga simbiosis yang terjadi pada makhluk hidup bisa saling merugikan satu sama lain.

Berikut ini akan kami sajikan jenis-jenis simbiosis dan contohnya :

1. Simboiosis Mutualisme
Simbiosis mutualisme merupakan hubungan saling ketergantungan antara makhluk hidup yang saling menguntungkan. Dalam hubungan tersebut kedua makhluk hidup memperoleh keuntungan yang sama dari hubungan mereka. Contohnya : hubungan antara bunga dengan lebah. Kedua makhluk hidup tersebut, sama-sama diuntungkan. Bunga dengan bantuan lebah akan membantu proses penyerbukan. Sementara itu lebah akan memperoleh nektar dari bunga. Contoh simbioisis mutualisme berikutnya adalah antara burung pipit dengan kerbau. Kedua hewan tersebut sama-sama diuntungkan. Burung memperoleh makanan berupa kutu dari kerbau, sementara kerbau tidak akan merasa terganggu malahan kutu ditubuhnya bisa bersih semua.

2. Simbiosis Komensalisme
simbiosis komensalisme merupakan pola interaksi antara dua makhluk hidup yang berlainan jenis, dimana satu simbion diuntungkan dan simbion yang lain tidak diuntungkan ataupun dirugikan. Berikut ini adalah beberapa contoh simbiosis komensalime yang dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.
a. Tumbuhan sirih (Piper betle) dengan tumbuhan inangnya
Contoh simbiosis komensalime yang pertama dapat kita temukan dalam interaksi sirih dan tanaman inangnya. Tumbuhan sirih akan merambat mengikuti tanaman inangnya untuk memperoleh sinar matahari yang berguna untuk fotosintesis, sedangkan tumbuhan inangnya tidak memperoleh pengaruh apapun.

b. Anggrek (Phalanopsis amabilis) dengan pohon mangga (Mangifera indica)
Tumbuhan anggrek bulan akan mudah tumbuh dan berkembang biak dengan menempel pada  pohon mangga agar mendapatkan sinar matahari, air, serta zat-zat yang dibutuhkan untuk fotosintesis. Akar anggrek akan menyerap air dan mineral dari luar kulit pohon yang ditumpanginya atau menyerap zat-zat anorganik dari kulit batang tumbuhan inangnya yang telah mengalami pelapukan, sedangkan untuk pohon mangga sendiri tidak memperoleh pengaruh apapun.

3. Simbiosis parasitisme
Simbiosis parasitisme adalah suatu hubungan timbal balik antara 2 makhluk hidup simbion, yang mana dari hubungan tersebut 1 pihak akan dirugikan sedangkan 1 pihak lainnya akan diuntungkan. Setelah pada artikel yang lalu kita telah membahas contoh simbiosis komensalime dan contoh simbiosis mutualisme, pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang contoh simbiosis parasitisme dan penjelasannya.
Contoh simbiosis parasitisme antara lain :
a . Cacing Pita dan Manusia
Contoh simbiosis parasitisme yang pertama dapat kita temukan pada pola interaksi antara cacing pita dan manusia. Cacing pita yang hidup di usus manusia mendapat keuntungan karena ia mendapatkan makanan secara gratis, sedangkan manusia justru mendapatkan kerugian karena hal ini. Sari-sari makanan yang seharusnya digunakan untuk metabolisme manusia jadi berkurang karena keberadaan cacing pita.

b.Tali Putri dan Inangnya
Interaksi yang merupakan contoh simbiosis parasitisme juga dapat ditemukan pada interaksi antara tumbuhan tali putri dan inangnya. Tumbuhan tali putri yang berwarna kuning seperti mie tidak dapat menghasilkan makanannya sendiri karena ia tidak dapat berfotosintesis (tidak memiliki klorofil). Ia mengambil fotosintat dari tanaman inangnya untuk metabolismenya. Dari keadaan tersebut, tanaman inang dirugikan karena sebagian hasil fotosintesisnya dicuri oleh tumbuhan tali putri.

c.Benalu dan Inangnya
Pola interaksi benalu dan inangnya juga merupakan contoh simbiosis parasitisme. Benalu memang memiliki klorofil dan bisa melakukan fotosintesis sendiri. Namun ia mengambil air dan unsur hara (mineral) dari inangnya, mengingat ia tak memiliki akses akar ke tanah. Tumbuhan inang seperti nangka, cempedak, atau beringin dirugikan karena sebagian hasil penyerapan akar digunakan untuk pertumbuhan si benalu.

d. Cacing Tambang dan Manusia
Cacing tambang yang hidup di dalam usus sangat merugikan manusia. Mereka menyerap darah manusia melalui pori usus dan membuat manusia mengalami gejala anemia (kekurangan darah). Dari proses tersebut, mereka mendapatkan keuntungan karena dapat memperoleh makanan untuk pertumbuhannya.

e. .Kutu dan Hewan yang Ditinggali
Kutu yang tinggal di daerah sekitar rambut akan menghisap darah hewan atau manusia melalui kulit kepalanya. Selain mendapatkan makanan dengan menghisap darah secara gratis, kutu juga memperoleh keuntungan karena mendapatkan tempat ia tinggal. Adapun hewan atau manusia yang ditumpanginya justru mendapat kerugian karena mereka merasakan gatal dan rasa ketidaknyamanan.

f..Rafflesia Arnoldi dan Inangnya
Bunga Rafflesia Arnoldi adalah bunga khas Bengkulu yang ternyata bersifat parasitisme. Ia tidak memiliki akar, batang, maupun daun. Ia memperoleh makanan dengan cara menyerap fotosintat yang dihasilkan tumbuhan inangnya, sedangkan inangnya merugi karena jumlah makanannya berkurang.

g.Tikus dan Petani
Tikus adalah hama penting bagi para petani. Mereka memakan tanaman yang ditanam petani untuk dapat bertahan hidup. Akibat kebiasaan yang dilakukan tikus, petani mengalami kerugian besar karena hasil panennya menjadi berkurang. Pola interaksi tikus dan petani ini juga merupakan salah satu contoh simbiosis parasitisme.

0 Response to "Jenis-jenis Simbiosis dan Contohnya"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel