Keunikan Dari Capung yang Jarang Diketahui Langsung ke konten utama

Keunikan Dari Capung yang Jarang Diketahui

Keunikan dari capung yang jarang diketahui - Capung merupakan kelompok serangga yang kerap kali kita lihat berterbangan di sekeliling kita. Sewaktu kita kecil, mungkin ada sebagian dari kawan yang sering bermain dan menangkap serangga ini. Kalau saya sewaktu kecil dulu sering menangkap capung dengan menggunakan lidi yang dililiti dengan getah dari pohoon kamboja. 

Keasikan dalam menangkap capung memberikan arti tersendiri bagi saya sewaktu kecil dulu. Nah, bagi sobat semua mungkin tidak sadar kalau capung memiliki keunikan tersendiri yang tidak kita sadari. Apa saja itu? Berikut ini akan saya sampaikan beberapa keunikan dari capung.

1. Memiliki habitat yang berbeda sewaktu kecil hingga dewasa
capung dalam proses kehidupannya mengalami metamorfosis sempurna. Dimana di awal hidupnya habitat capung berada di air. Pada awal hidupnya, capung mampu berenang di air. Di tiap daerah di Indonesia, anak capung yang hidup di air memiliki nama yang berbeda. 
Kalau di daerah saya anak capung tersebut diberi nama cuweng.

2. Memiliki empat sayap yang mampu membuat capung terbang dan melayang di udara
Capung memiliki empat buah sayap yang unik. Beberapa jenis capung memiliki warna sayap yang transparan, sedangkan beberapa lagi memiliki  warna sayap yang menyesuaikan dengan warna capung itu sendiri.

Sayap capung yang berjumlah empat buah tersebut memberikan kemampuan pada capung untuk terbang dengan ketinggian yang luar biasa dan capung juga mampu melayang di udara dalam waktu yang cukup lama.

3. Capung memiliki mata majemuk
Capung memiliki sepasang mata majemuk. Dengan mata majemuk tersebut, kepala capung kelihatan lebih banyak mata daripada kepalanya.
Dengan mata majemuk tersebut, capung bisa melihat pemangsa atau musuh yang menyerang dari belakang, sehingga capung sulit untuk ditangkap.

4. Capung paling enak di goreng atau dibakar langsung
Pengalaman saya waktu kecil setiap kali memperoleh capung dari sawah, hasil tangkapan pun biasanya di goreng dibuatkan sambel terasi oleh Ibu.
Capung kaya akan protein yang sangat baik bagi tubuh.  Gorengan capung pun sangat lezat bila digoreng sampae kering. Tapi ingat, sebelum digoreng sayap capung harus di potong terlebih dahulu.

Demikian informasi unik tentang capung, semoga bermanfaat.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar