Lembar Kerja Siswa (LKS) di Hapus

Lembar kerja siswa (LKS) di hapus - Selamat berjumpa kembali kawan pendidik dimanapun anda berada saat online hari ini. Senang sekali anda mengunjungi website RIYANPEDIA.com dan menjadikannya sebagai media referensi informasi online anda.

Kali ini kami akan membagikan informasi terkait dengan Surat Edaran yang dikeluarkan oleh Kemdikbud terkait dengan penghapusan LKS.

Menteri Muhajir Efendy juga melarang para guru untuk bekerjasama dengan perusahaan atau lembaga dalam proses memproduksi LKS. Tanggung jawab mendidik ada di tangan guru tanpa siswa membawa LKS sebagai pekerjaan rumah.

Sedikit pemikiran dari kami, kalau kita lihat kembali seharusnya LKS atau lembar kerja siswa bisa diberikan dalam proses pembelajaran. 

Dan itupun bukan LKS yang dibeli dari percetakan atau perusahaan tertentu. Sebaiknya LKS itu dibuat guru. Kalau sekarang akan diapus, mungkin sudah seharusnya para guru memberikan proses pembelajaran yang jauh lebih bermakna kepada siswa, bukan sekedar menjawab soal-soal dari buku LKS.

"LKS ini menurut saya banyak biasnya. Kami sudah ada edaran untuk tidak lagi memakai LKS," kata Mendikbud Muhajir Effendy  seperti yang dilangsir dari Republika.co. id (13/10)

Kebanyakan LKS yang diberikan oleh guru untuk dikerjakan di rumah, lebih banyak dikerjakan oleh orang tua. Padahal tugas seorang orang tua dalam pembelajaran di rumah, adalah mendampingi anak belajar di rumah, bukan untuk mengerjakan tugas-tugasnya.

Terkait dengan Full day School (FDS)  Pak Menteri juga menyampaikan bahwa dalam program  FDS siswa tidak belajar seharian penuh di sekolah.

Dalam program FDS  nantinya siswa lebih banyak akan mengikuti pendidikan karakter, salah satunya adalah ekstrakurikuler.

Program ini menyentuh berbagai tingkatan pendidikan. Level Sekolah Dasar (SD) akan disisipkan pendidikan karakter hingga 70 persen, SMP 60 persen, dan SMA 30 persen.

Selain 500 sekolah tersebut, Muhajir mengatakan ada juga tambahan sekolah lain yang berasal dari inisiatif dan usulan pemerintah kabupaten atau kota. Pendidikan karakter perlu dihidupkan kembali, salah satunya melalui budaya dan konten lokal.
*)sumber : Republika.co.id

0 Response to "Lembar Kerja Siswa (LKS) di Hapus"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel