Manfaat Biji Buah Pare Atasi Jentik DBD Langsung ke konten utama

Manfaat Biji Buah Pare Atasi Jentik DBD

Manfaat biji buah pare atasi jentik DBD - Selamat berjumpa kembali sahabat pembelajar dimanapun anda sedang online saat ini. Dan terima kasih sudah senantiasa menantikan artikel terbaru dari RIYANPEDIA.com. 

Langsung saja seperti apa yang saya posting kali ini tentang manfaat buah biji pare. Mungkin diantara sahabat disini pasti sudah tidak asing lagi dengan buah pare.

Bentuk buah yang sangat unik, dengan ukiran atau keriput di kulit luarnya. Namun begitu rapat biji yang ada di dalamnya. Kalau bisa saya umpamakan seperti batu bata yang tersusun laksana dinding.

Wah, agak puitis sedikit ya sobat. 

Pare merupakan salah satu jenis tanaman sayuran. Rasa buah pare memang sangat unik. Rasa pahit yang melilit ketika buah ini dimakan. Tentu memakannya dalam kondisi yang sudah dimasak. 

Biasanya kalau di desa saya, pare sering dijadikan menu makanan dengan campuran sambal kacang ditambah parutan kelapa. 

Rasanya memang menggugah selera makan. Bikin lidah ngiler terus.

Pare tidak hanya dijadikan sebagai bahan makanan untuk pengganjal perut lapar saja. Kalau sobat mau tahu, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil menemukan efektifitas buah dan biji pare dalam membunuh jentik nyamuk demam berdarah dengue (DBD).

Sobat juga harus tahu bahwa, dalam buah pare terdapat  senyawa alkaloid, flavonoid, saponin, dan terpenoid yang cukup tinggi.

Diyah Tri Utami, Mahasiswa Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada (UGM) mengatakan bahwa senyawa tersebut bisa mematikan syaraf dan menyerang sistem pernafasan yang bisa mengakibatkan kematian pada hewan-hewan kecil seperti jentik nyamuk.

Selama ini, kita sering menggunakan bubuk abate untuk mematikan jentik nyamuk. Namun, penggunaan ini secara terus menerus akan berakibat buruk.

Efek buruj tersebut seperti menyebabkan resistensi, pencemaran lingkungan, serta persoalan kesehatan masyarakat karena efek karsinogenik dari abate.

Diyah juga menambahkan bahwa, biji pare sangat ampuh dalam membubuh jentik nyamuk. Juga penggunaan buah pare ini akan meminimalkan penggunaan bahan kimia dalam membasmi jentik nyamuk.

Demikian sobat informasi singkat yang bisa saya sampaikan kali ini. Informasi ini saya sarikan dari media online Republika.co.id

Semoga memberikan manfaat bagi sobat pembaca dimanapun berada saat ini. 

Terimakasih atas kunjungannya dan jangan lupa subscribe blog ini dengan menambahkan email anda pada kolom subscribe yang sudah saya sediakan, untuk memperoleh informasi menarik lainnya setiap hari secara gratis. 

Wasalam dan sukses selalu.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar