Menjadi Penulis di Media Online Hindari Melakukan Ini

Menjadi penulis di media Online hindari melakukan ini - Menjadi penulis di jaman sekarang ini tidaklah sulit. 

Yang saya maksudkan disini, penulis yang menulis hal-hal kecil di media Online.

Ya seperti saya ini, sering menulis di situs kesayangan sahabat pembelajar semua. 

Menulis sekarang ini tidak sulit menyalurkannya. Sobat bisa lihat di media sosial. 

Setiap kali, setiap menit, hingga setiap detik. Teman di Facebook sobat pasti sering mengunggah tulisan, atau foto dengan penjelasan tertentu, hingga tautan yang berisikan informasi terkini. 

Media sosial kini menjadi wahana untuk menulis. 

Berbagai motif orang lakukan dengan cara menulis. Apa saja motif orang menulis di media sosial?

Menulis di media sosial tentu memiliki beragam tujuan. Sobat mungkin masih ingat, apa yang membuat sobat menulis status di facebook. salah satunya pasti karena ingin berbagi, ya kan?
sumber foto dari Google

Entah itu berbagi informasi atau juga bisa berbagi moment.

Kini,  seiring mudahnya akses internet, masyarakat awam sudah mulai mengenal internet dan tidak lagi sebagai penikmat berita atau informasi. Kini pengguna, sudah menjadi pelaku dalam dunia internet.

Anda bisa temukan di berbagai media sosial muculnya situs baru dengan beragam informasi yang ditawarkan.

Terkadang informasi yang tidak jelas dan yang pasti sulit kita bedakan. Namun, ketika ada yang menuntut atas informasi yang dibagikan tersebut, karena ketidak benarannya, barulah kita menyadari kalau informasi tersebut adalah info bohongan.

Sebagai penulis di media sosial tentu sobat harus memperhatikan betul beberapa rambu-rambu yang harus anda patrikan dalam hati.

Beberapa hal berikut ini yang harus anda hindari ketika menggeluti hobi sekaligus bisnis menjadi seorang penulis di media online.


1. Hindari menulis informasi HOAX


Menjadi seorang penulis di media online harus senantiasa berkomintmen untuk menghadirkan informasi yang valid, jelas dan dapat dipertanggung jawabkan.

Sobat mungkin sudah akrab sekali dengan yang namanya info hoax, ya sebuah info yang tidak benar dan menyesatkan alias informasi palsu.

istilah hoax sudah disematkan pada informasi jenis ini.

Penulis di media online jangan pernah terlintas di pikiran anda memberikan tulisan yang menyesatkan kepada pembaca.

Apa lagi info tersebut nantinya bisa mempengaruhi stabilitas suatu pemerintahan. Wah, bisa berabe urusan sobat nanti.


2. Hindari menjadi penulis Plagiator


Penulis di media online harus menghindari yang namanya plagiator. Instilah ini disematkan kepada penulis yang suka mencuri tulisan orang lain.

Sewaktu anda duduk di bangku kuliah, atau di bangsu sekolah. Pasti anda pernah diajarkan menulis. Nah, hal yang terpenting dalam menulis, apabila kita mengambil ide dari orang lain, maka sudah seharusnya kita mencantumkan sumber dari kutipan kita.

Nah, sobat yang mulai bergelut menjadi seorang penulis media online, seperti blog misalnya, maka harusnya mematuhi peraturan berikut ini.

Hargailah buah pemikiran orang lain, dan hindari pembajakan artikel dengan copy paste. Haram hukumnya itu kawan.


3. Hindari menjadi penulis yang selalu mencari keuntungan dengan cara yang tidak baik

Hidup memang harus untuk bekerja dan bekerja memang harus untuk memperoleh hasil. bagi sobat yang menekuni dunia blogging. Cobalah untuk menjadi seorang penulis blog yang senantiasa memberikan kenyamanan bagi para pengunjung blog kita.

Banyak diantara kita yang menawarkan informasi secara gratis melalui blog, namun sejatinya hanya memberikan tautan link untuk mendapat klik iklan lebih banyak.

Cara-cara ini adalah cara yang tidak halal. 

Semua itu patut anda hindari..

Kesimpulan



Nah, bagi sobat yang menekuni dunia tulis menulis melalui blog. Hendaknya senantiasa memberikan informasi yang valid kepada para pembaca. 

Jangan hanya untuk memperoleh keuntungan, anda malah memberikan informasi yang menyesatkan. berikanlah kenyamanan bagi para pembaca anda. Karena pembaca adalah raja bagi blog kita, sudah sepatutnya memberikan yang terbaik untuk pembaca.

Wasalam .....

0 Response to "Menjadi Penulis di Media Online Hindari Melakukan Ini "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel