Menjaga Hubungan Harmonis di Tempat Kerja Untuk Peningkatan Kualitas Kerja Langsung ke konten utama

Menjaga Hubungan Harmonis di Tempat Kerja Untuk Peningkatan Kualitas Kerja

Menjaga hubungan harmonis di tempat kerja untuk kualitas kerja - Dalam kehidupan ini semua orang pasti mendambakan sebuah kehidupan yang harmonis. Keharmonisan dalam kehidupan senantiasa akan membawa dirinya kedalam kehidupan yang damai, tanpa curiga, penuh kasih dan saling menghargai satu sama lain.

Seiring perjalanan waktu. Aktivitas manusia begitu luas. Bekerja siang dan malam demi mencukupi sebuah kebutuhan jasmani dan rohani.

Interaksi antara sesama selalu terjadi dalam kehidupan kita ini. Kita tahu bahwa dalam hidup ini kita tidak bisa hidup sendiri. Selalu membutuhkan orang lain.

Di tempat kerja misalnya. Keharmonisan di tempat kerja merupakan keselarasan antara hubungan manusia dengan manusianya, hubungan manusia dengan lingkungan tempat kerjanya dan hubungan manusia dengan Tuhannya.

Jangan sampai karena dorongan ego kita malah saling menjatuhkan satu sama lain di tempat kerja kita. Yang paling penting harua Anda ingat dalam menjalin hubungan harmonis ditempat kerja antara rekan kerja maka Anda harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Satu, Hindari membicarakan kekurangan teman di tempat kerja. Sering kita lihat bahwa di tempat kerja kita sendiri ada banyak katergori teman. Anda yang sering datang paling awal, ada pula yang selalu telat. Ada yang bersemangat berkerja adapula yang biasa-biasa saja. Ada yang suka pamer dengan atasan ada pula yang menjauhi atasan karena ia sering telat datang.

Memiliki teman dengan berbagai jenis karakterninilah janhan sampai Anda tertarik kedalam salah satu kebiasaan dari mereka. Tirulah yang baik dan jangan suka membicarakan kekurangan dari sikap mereka di tempat kerja ketika tidak ada yang bersangkutan.

Hal tersebut tentunya akan jadi bumerang bagi dirinya Anda. Sebab bisa saja rekan Anda yang lain akan menyampaikan kepada yang bersangkutan.  Jadi bila Anda ingin hubungan yang harmonis ditempat kerja janganlah suka menggunjingkan kekurangan rekan kerja Anda. Ini malah akan memperburuk hubungan harmonis di tempat kerja dan akan menurunkan kinerja Anda.

Dua, Jangan mencari muka di depan atasan Anda dengan cara menjatuhkan rekan kerja. Cobalah Anda mencari prestasi dengan karya dan bukan dengan cara yang kotor. Ini akan menjadikan Citra diri Anda semakin buruk dan hubungan harmonis antara rekan kerja semakin renggang.

Ketiga, selalu mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi. Dalam sebuah lembaga atau perusahaan. Pentingnya mengutamakan kepentingan bersama senantiasa dijunjung tinggi. Dengan begitu tidak akan ada rasa tersakiti di antara rekan kerja Anda.

Dengan menjaga hubungan yang harmonis di tempat kerja anda,  akan memberikan rasa aman dan nyaman dalam bekerja.


BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar