Senangnya Bila Melihat Siswa Kita Melakukan Hal Kecil Berikut Ini

Senangnya bila melihat siswa kita melakukan hal kecil berikut ini - Menjadi guru tidak ada hal yang lain, yang mampu membuat guru itu berbahagia selain adanya perubahan dalam diri setiap anak didiknya.

Perubahan yang dimaksudkan adalah perubahan kecil yang dari ke hari semakin berubah ke arah yang lebih baik. Menunjukkan sikap, pengetahuan dan keterampilan yang diharapkan dalam setiap rumusan tujuan pembelajaran yang dilaksanakan guru.

Tentu dari semua siswa yang dididik di sekolah tidak semuanya mampu menjadi anak yang pintar dan cakap dengan segala keterampilan. Tentu juga tidak semua siswa bisa kita rubah menjadi anak yang mampu menjuarai olimpiade, cerdas cermat, juara kelas dan atletik yang mampu mengharumkan nama sekolah, daerah bahkan negara.

Meskipun demikian, saya kadang lebih senang melihat perubahan kecil dalam siswa saya. Terutama dalam hal sikap. Meskipun dari 28 siswa yang saya ampu di kelas 5, tidak semua bisa saya jadikan dokter, polisi, guru, atau pilot. Saya lebih terfokus membuat mereka menjadi pribadi yang berdisiplin, bertanggung jawab, sopan dan takwa kepada Tuhan sesuai dengan Agama yang mereka anut.




Ada berbagai sikap yang ditunjukkan oleh siswa di sekolah. Dari semua hal tersebut yang membuat saya bangga adalah mulai dari perubahan kecil di sekolah. Apa saja hal itu??

1. Siswa mampu melaksanakan tugas piket tanpa adanya pengawasan dari guru kelas
Siapa sih guru kelas yang tidak akan senang manakala melihat siswanya dengan penuh semangat melaksanakan tugas piket.

Jadi ketika siswa anda sudah mampu bekerjasama dengan baik, melaksanakan tanggung jawab dengan baik, disiplin mengerjakan tugas piket, maka hal kecil itu pun sudah termasuk prestasi yang ditunjukkan siswa anda. Jadi, hargailah perubahan kecil tersebut jangan hanya melihat sisi akademik saja.

2. Siswa mampu melakukan senyum, salam, sapa dengan sopan kepada anda. Baik ketemu di sekolah maupun di luar sekolah
Hal kecil berikutnya yang membuat guru bahagia lagi adalah ketika melihat siswa kita mampu menunjukkan sikap senyum, salam, sapa dengan sopan. Tidak hanya ketika di sekolah, siswa bisa menunjukkan kesopanan di luar sekolah.

Hal kecil ini pun juga merupakan sebuah prestasi anda dalam mendidik siswa. Penanaman sikap dalam diri anak usia sekolah dasar jauh lebih utama dari sekedar pengetahuan yang bersifat hapalan.

3. Siswa bersikap, berbicara dengan jujur
Kejujuran adalah emas. Seburuk apapun keadaan bila itu adalah sebuah kejujuran akan menjadi sebuah emas yang patut di junjung tinggi.

nah, saat siswa anda berani untuk berbicara jujur, meskipun ia akan memperoleh sanksi dari kejujuran yang ia lakukan. Misalnya, siswa berani mengaku sudah memecahkan kaca cendela, atau perbuatan kecil lainnya.

Ketika sudah berani jujur, tanpa anda harus mengusut lebih lanjut agar menemukan siswa yang bersalah. Maka hargailah ke jujuran siswa anda tersebut, meskipun dibalik itu ada sebuah kesalahan yang ia perbuat.

Kesimpulan

Pendidikan sekolah dasar sejatinya untuk mempersiapkan siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Selain memperoleh pengetahuan akademik, siswa sekolah dasar lebih banyak dilatih dalam bersikap sesuai dengan nilai norma yang berlaku di masayarakat.

Menjadikan mereka sebagai pribadi yang memiliki prilaku yang berbudi luhur jauh lebih tinggi dari sekedar prestasi akademik. Bukan berarti ilmu akademik tidak penting. Ilmu yang dimiliki oleh orang yang tidak berbudi, akan menjadikan ilmu itu menjadi tidak berguna. Namun, ilmu yang dimiliki oleh orang yang berbudi, akan membawa berkah bagi kemanusiaan.

Semoga artikel ini menyadarkan kita semua kalau pendidikan sikap jauh lebih utama untuk jenjang sekolah dasar.

0 Response to "Senangnya Bila Melihat Siswa Kita Melakukan Hal Kecil Berikut Ini"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel