Tips Membuat Laporan BOS Agar Tepat Waktu

Tips membuat laporan BOS agar tepat waktu – Bagi kawan yang bekerja menjadi bendahara BOS di sekolah tentu tidak ada kata santai dalam menangani  tugas kebendaharaan BOS. Apalagi kawan adalah seorang guru yang memiliki tugas pokok sebagai pengajar. Tentu waktu mengajar lebih diutamakan daripada tugas tambahan lainnya. Namun, tentunya kita tidak bisa berkilah begitu saja dengan tugas sebagai bendahara BOS. Terlalu naif bila kita mengatakan “ saya terlambat mengerjakan tugas laporan BOS karena disibukkan dengan tugas mengajar, toh tugas utama saya adalah guru!”

Sebagai pekerja profesional kita harus mampu mengerjakan tugas dengan baik. Mengerjakan laporan BOS sudah merupakan tanggung jawab bendahara sekolah. Jadi anda haru mengerjakan laporan itu dengan tepat waktu.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membuat laporan BOS Ada bisa selesai dengan tapat waktu. Apa saja hal tersebut?

1. Buat pembukuan dengan tepat, baik dalam bentuk buku atau dalam bentuk soft print yang dibuat di komputer

Anda sebagai bendahara BOS harus membuat pembukuan dengan baik. Selain membuat pembukuan dalam bentuk buku, anda harus membuat pembukuan dalam bentuk soft print. Ini penting anda lakukan karena dalam laporan BOS anda harus melampirkan bukti pembukuan selama triwulan.

2. Segera masukkan transaksi ke dalam pembukuan dan jangan menunggu sampai besok

Lakukan penulisan dalam pembukuan BOS setiap kali ada transaksi ke luar. Ini penting anda lakukan, sebagai bendahara kerap menunda memasukkan ke dalam pembukuan. Bila ini terjadi maka dikhawatirkan anda akan melupakan transaksi pengeluaran dana BOS. Tentunya ini berujung pada ketidakseimbangan dalam penerimaan dan pengeluaran dana BOS.

3. Segera buatkan bukti transaksi (SPJ)

Nah, ini adalah pokok dari sebuah laporan BOS. Surat pertanggung jawaban atau bukti transaksi pembalajaan atau dengan kata lain kwitansi yang anda buat. Nah, buat bendahara BOS segera buat kwitansi setelah anda selesai berteransaksi. Jangan sekali menunggu hingga akhir bulan untuk membuat SPJ.

4. Kumpulkan SPJ yang sudah tersusun setiap bulan

Bila kwitansi sudah memperoleh pengesahan dari toko atau pedagang tempat anda berbelanja, maka segera anda kumpulkan kuitansi tersebut. Susun dan tempatkan mulai dari kuitansi yang dibuat pada tanggal pertama hingga paling akhir. Bila anda pembayaran pajak, lampirkan bukti penyetoran pajak anda tersebut.

Bila semua sudah tersusun dengan baik, begitu sampai di akhir triwulan anda tinggal mengumpulkan bukti transaksi tersebut. Tentu laporan BOS nantinya tidak akan terlambat untuk dibuat. 

Nah, sekarang sudah bulan Oktober, tentu laporan BOS triwulan III sudah harus ada selesaikan dengan tapat waktu. Laporan BOS selanjutnya akan disimpan di sekolah dan beberapa lagi di laporkan kepada Dinas Pendidikan setempat. 

Demikian informasi singkat saya kali ini, semoga bermanfaat !!!

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Membuat Laporan BOS Agar Tepat Waktu"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !