Belum Maksimalnya Sanitasi Sekolah Dasar , Baru 22 Persen Sanitasi Memadai

Mendengar kata sanitasi sekolah, apa yang ada di benak anda ?

Yup, sama kalau begitu. Sanitasi merupakan sebuah tindakan untuk senantiasa menjaga hidup sehat. Jadi dengan sanitasi yang baik, maka seseorang tidak akan bersentuhan langsung dengan kotoran dan bahan buangan berbahaya lainnya dengan harapan usaha ini akan menjaga dan meningkatkan kesehatan manusia.

BAGAIMANA DENGAN SANITASI DI SEKOLAH?

Sesuai degan data pokok pendidikan (Dapodik 2016) masalah sanitasi di sekolah dasar , yang memadai baru mencapai 22 persen. Itu berarti masih ada lagi 78 persen sekolah yang belum memiliki sanitasi yang memadai.
Kegiatan sanitasi sekolah

Hamid Muhammad,  Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah menjelaskan bahwa berdasarkan data Kementerian Kesehatan (Kemkes), hanya 12 persen anak berusia 5-14 tahun mencuci tangan menggunakan sabun setelah buang air besar. Selain itu, sekira 14 persen anak di Indonesia mencuci tangan dengan sabun sebelum makan. Sementara 35 persen, anak-anak menggunakan sabun setelah makan.

Bagaimana dengan sekolah anda? apakah sanitasi sekolah sudah memadai? Memang tidak semua sekolah memiliki sanitasi yang baik. Apalagi faslitas jamban.

Jamban merupakan sarana yang harus ada di sekolah. Tak terkecuali sekolah dasar.

BAGAIMANA FORMULA PERBANDINGAN JAMBAN DENGAN JUMLAH SISWA?

Selama ini perbandingan jumlah jamban dengan jumlah siswa tidak sebanding. Ada beberapa sekolah yang hanya menyediakan satu jamban untuk 90 siswa.

Padahal berdasarkan peraturan menteri pendidikan pendidikan Nomor 24 Tahun 2007, memberikan syarat jika rasio satu jamban untuk 60 siswa laki-laki, serta satu jamban untuk 50 siswa perempuan. Selain itu, hanya 65 persen sekolah di Indonesia punya jamban terpisah untuk laki-laki dan perempuan, berdasarkan berita Antaranews.com

Kata Hamid, bahwa sekolah yang minim fasilitas jamban, yakni SD inpres yang tidak punya standar jamban.

Nah, buat sekolah anda yang sudah punya sanitasi yang lengkap. Mari kita jaga kebersihannya dan dorong siswa untuk menyadari arti penting kebersihan diri dan lingkungan.

Salam Pendidikan !!

0 Response to "Belum Maksimalnya Sanitasi Sekolah Dasar , Baru 22 Persen Sanitasi Memadai"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel