Jadilah Guru Yang Disenangi Bukan Ditakuti

Jadilah guru yang disenangi bukan ditakuti - tulisan sederhana ini saya buat masih dalam rangka memeriahkan Hari Guru Nasional yang telah berlalu pada tanggal 25 Nopember.

Menjadi guru mungkin ada beberapa orang yang mengatakan adalah sebuah kebetulan saja. Karena tidak diterima di jurusan A. Akhirnya memilih jurusan pendidikan, pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Tetapi menurut saya semua itu bukanlah suatu kebetulan. Atau hanya aji mumpung. Menjadi guru adalah sebuah pilihan dan komitmen. Bila sudah demikian, maka ketika Anda melaksanakan tugas guru, maka tidak akan setengah hati.

Guru adalah sosok yang selalu di gugu dan ditiru. Maka segala tindak tanduk dan perilaku guru harus mencerminkan sikap yang baik, bijak, dan berwibawa.
Menjadi sosok guru yang baik bukanlah perkara mudah. Kita tahu bahwa guru adalah manusia biasa yang tidak luput dari kesalahan. Namun, semua itu bukanlah alasan bagi kita untuk mengelak melakukan hal manakala kita melakukan tindakan diluar norma yang berlaku di masyarakat. Situasi inilah yang mewajibkan guru sebagai panutan bagi siswanya.

Menjaga wibawa sebagai guru sangat penting. Dengan wibawa maka guru akan disegani oleh siswanya.
Disegani bukanlah ditakuti. Mendidik dengan cara membentak dan memberikan air wajah yang kaku hanya agar siswa takut bukanlah cara yang bijak dari seorang guru. Mungkin dengan wajah yang sangar anda akan terlihat ditakuti oleh siswa anda, namun ketika dibelakang anda, siswa tersebut mungkin bertingkah berani di belakang anda. Tentunya bukan ini yang diharapkan untuk menunjukkan kewibawaan sebagai guru.

Menjadi guru yang selalu dirindukan oleh siswanya tentulah sebuah kondisi yang harus anda ciptakan setiap hari di sekolah. Banyak cara kreatif yang bisa anda ciptakan agar siswa anda selalu merindukan diri anda di sekolah. Mulai dari melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan hingga selalu ramah dengan siswa. Saya yakin anda sudah memiliki trik tersendiri untuk menyikapi hal tersebut. 

Pentingnya menjadi guru yang disenangi siswa patut anda wujudkan. Ketika siswa anda senang dengan anda, maka anda pun dengan mudah akan masuk ke dunia mereka dan mengantarkan pengetahuan ke dunia mereka. Menjadi guru yang disenangi harus juga menjaga wibawa anda sebagai guru. Jangan sampai saking begitu dekatnya anda dengan siswa malah membuat siswa tersebut berani dengan ada. Penting juga menjaga wibawa sebagai guru tanpa harus menunjukkan sikap galak dan wajah yang menyeramkan hingga anda ditakuti oleh siswa.

So.... ayo menjadi guru yang disenangi tanpa harus kehilangan wibawa sebagai guru dan menunjukkan wajah seram kepada siswa.

Selamat Hari Guru Nasional, dan jayalah pendidikan Indonesia !

0 Response to "Jadilah Guru Yang Disenangi Bukan Ditakuti"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel