Mengapa Hari Guru Nasional Diperingati Pada Tanggal 25 Nopember ?

RIYANPEDIA.com - Mengapa hari guru nasional diperingati pada tanggal 25 Nopember ? - Selamat hari guru sebelumnya saya ucapkan kepada rekan-rekan pendidik se-Nusantara semoga senantiasa mengabdikan segala ilmu pengetahuan yang dimiliki kepada tunas muda bangsa ini.

Mungkin di tanggal 25 Nopember ini teman-teman guru banyak memperoleh kado dari siswanya. Yah... tanggal 25 Nopember memang menjadi hari yang paling ceria suasananya di setiap sekolah. Bahkan dibeberapa daerah perayaan Hari Ulang Tahun Guru ini selalu diperingati dengan berbagai jenis lomba. Mulai dari lomba mengajar, karya tulis hingga budaya-budaya positif di semua sekolah.

Tentunya beberapa diantara kita ada yang sudah tahu, mengapa peringatan Hari Guru Nasional di peringati pada tanggal 25 Nopember? Baiklah yang sudah tahu, yo wis bisa melengkapi artikel yang saya tulis ini dengan memberikan komentarnya di kolom yang sudah saya sediakan di bagian bawah blog.
Hari Guru Nasional 25 Nopember 2016

Bagi yang masih lupa-lupa lali, saya akan menjelaskan kembali mengapa hari guru nasional bisa jatuh pada tanggal 25 Nopember.

Ulasan singkat ini adalah rangkuman artikel yang saya baca di berbagai media. Sebenarnya sejarah guru di Indonesia sudah dimulai dari jaman penjajahan Belanda.

Pada jaman penjajahan Belanda, guru di Indonesia sudah ada, dan bahkan sudah mendirikan sebuah organisasi yang bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB)

Lho... kok ada Hindia Belandanya?

Ya... jelas, karena pada jaman tersebut negara kita belum merdeka, sehingga semua sisi kehidupan kita pada waktu itu masih dibawah penjajah. Yang kala itu penjajah Belanda masih menguasai negeri ini.

Pemerintahan Hindia Belanda memberikan pendidikan kepada masyarakat pribumi, sehingga terbentuklah organisasi PGHB  pada tahun 1912.

Namun setelah dua dekade PGHB berganti menjadi PGI ( Persatuan Guru Indonesia ) untuk bisa lepas dar bayang bayang penjajah Belanda.

Setelah pergantian penjajahan dari Belanda jatuh ketangan Jepang, semua aktivitas organisasi tidak dapat berjalan dengan baik. Demikian pula dengan PGI. Baru setelah  usai adanya proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 Organisasi yang digawangi para guru tersebut,  langsung melakukan Kongres Guru Indonesia tepatnya pada tanggal 24 sampai 25 November 1945, bertempat di Surakarta.

Hasil tersebut  kongres mampu mencatatkan sejarah baru, dimana pada tanggal 25 November 1945, PGRI ( Persatuan Guru Republik Indonesia ) akhirnya berdiri, sehingga sebagai rasa penghormatan dan terima kasih pada para para guru, pemerintah pun langsung menetapkan jika hari lahir PGRI sama sebagai Hari Guru Nasional, atau Hari Guru Nasional.

Nah, demikianlah sejarah singkat tentang Hari Guru Nasional yang dapat saya bagikan kali ini. Dan Marilah kita doakan guru-guru kita, agar beliau sehat selalu dan senantiasa memperoleh kebahagian dimanapun mereka berada.

Selamat hari Jadi PGRI dan Selamat Hari Guru Nasional . (gnr)

0 Response to "Mengapa Hari Guru Nasional Diperingati Pada Tanggal 25 Nopember ?"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel