Teknik Penilaian Pengetahuan Dalam Kurikulum 2013

Teknik penilaian pengetahuan dalam Kurikulum 2013 - Penilaian merupakan sebuah proses yang harus dilakukan dalam setiap pembelajaran. Karena dengan melaksanakan penilaian, guru akan mengetahui tingkat kemampuan dan daya serap siswa pada Kompetensi Dasar yang telah diajarkan.

Dalam Kurikulum 2013, penilaian dilakukan dalam tiga ranah, yang meliputi : Penilaian Ranah Sikap, Penilaian Ranah Pengetahuan dan Penilaian Ranah Keterampilan.

Ketiga ranah tersebut membutuhkan teknik penilaian yang berbeda. Kali ini Mas Riyan akan membagi informasi yang saya ketahui tentang teknik penilaian pengetahuan dalam Kurikulum 2013.

Aspek pengetahuan merupakan aspek penting yang menjadi tolok ukur kemampuan siswa dalam memahami materi atau kompetensi yang diajarkan.

Penerapan pembelajaran dengan Kurikulum 2013 yang sedang berjalan di beberapa sekolah sekarang ini tentunya sudah mulai adanya beberapa perubahan. 

Perubahan yang dapat saya lihat dalam pelaksanaan Kurikulum 2013 sekarang ini dapat dilihat dari segi konten buku dengan beberapa kompetensi yang sudah di revisi. Serta perubahan wewenang penilaian sikap dan pengetahuan.

Menyusun instrumen penilaian

Dimana sebelumnya, penilaian sikap juga dilakukan oleh guru kelas, namun sekarang ini penilaian sikap lebih banyak dilakukan oleh guru agama. Namun, guru kelas dalam pelaksanaannya juga senantiasa menanamkan nilai-nilai sikap pada setiap pembelajaranya.

Terkait dengan penilaian pengetahuan, ada beberapa teknik yang bisa anda lakukan dalam melakukan penilaian pengetahuan. 

Langsung saja, aspek pengetahuan dapat dinilai dengan cara sebagai berikut :

1. Tes Tulis


Meski konsepsi penilaian autentik mucul dari ketidak puasan terhadap penilaian tertulis yang lazim dilaksanakan pada era sebelumnya, penilaian tertulis atas hasil pembelajaran tetap lazim dilaksanakan.

Tes tulis yang dilaksanakan guru disini jelas mengacu pada kompetensi dasar yang diajarkan dalam setiap Tema dari kegiatan pembelajaran tematik

Bentuk Instrumen yang bisa digunakan pada Tes Tertulis


  • Pilihan ganda
  • pilihan benar - salah
  • Pilihan Ya - Tidak
  • Menjodohkan
  • Isian
  • Jawaban singkat, dan
  • Uraian

2. Tes Lisan


Teknik penilaian pengetahuan yang bisa anda gunakan berikutnya adalah Tes Lisan. Tes lisan berupa pertanyaan-pertanyaan yang diberikan guru secara ucap.

Karena guru memberikan pertanyaan secara ucap, maka siswa pun akan merespon dengan memberikan jawaban secara ucap juga.

Dengan menggunakan teknik pertanyaan lisan inilah akan menimbulkan kemampuan berbicara pada siswa.

Jawaban dapat berupa kata, frase, kalimat atau pun paragraf.


3. Penugasan


Penugasan adalah penilaian yang dilakukan oleh guru yang dapat berupa pekerjaan rumah, baik secara  individu atau kelompok sesuai dengan karakteristik tugasnya.


Kesimpulan

Penilaian pengetahuan memang lazim untuk dilakukan untuk mengukur pengetahuan siswa. Tidak pandang, apakah itu kurikulum 2013 atau tidak.

Dalam penilaian pengetahuan, kita bisa menggunakan teknik penilaian yang meliput : penilaian tes tulis, tes lisan dan penugasan.

Tes tulis bisa dilaksanakan dengan menggunakan instrumen seperti ; pilihan ganda, benar salah, pilihan ya - tidak, menjodohkan, jawaban singkat, dan uraian.

Nah, demikian sobat pendidik informasi singkat yang bisa saya sampaikan.

Semoga bisa memberikan manfaat bagi anda sekalian pengguna setia blog RIYANPEDIA.com

Demi kemajuan situs ini, kami sangat mengharapkan kerjasama anda dan ingin mengajak anda untuk membangun bersama media informasi online yang bermanfaat.

Saran dan kritik sangat kami harapkan. Bila anda berkenan, silahkan berikan masukan anda di kolom komentar dibawah ini.

0 Response to "Teknik Penilaian Pengetahuan Dalam Kurikulum 2013"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel