Langsung ke konten utama

Bentuk Kasih Sayang Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Bentuk kasih sayang orang tua dalam mendidik anak - Berbicara tentang keluarga tentu tidak bisa kita lepaskan dari ruang lingkup orang tua, anak, pendidikan dan kasih sayang.

Orang tua di dalam keluarga adalah sosok yang menjadi teladan bagi anak. Dalam keluarga melalui orang tua pula, anak memperoleh pendidikan Budi pekerti. Sebab, orang tualah peletak dasar pendidikan karakter yang pertama.

Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, mereka dibesarkan dalam suasana keluarga yang berbeda.

Perbedaan lingkungan keluarga terebut, kadang menimbulkan perbedaan karakter dalam diri anak, antara keluarga yang satu dengan lainnya.

Walaupun, pada kenyataanya sekalipun anak dalam lingkungan keluarga yang sama pula memiliki karakter anak yang berbeda.

Setiap orang tua pastilah akan memberikan kasih sayang kepada semua anaknya. Walaupun cara para orang tua dalam mewujudkan kasih sayang itu sedikit berbeda.

Bahkan, kadang ada beberapa orang tua yang malah menyiksa anaknya. Tentu ini bukanlah suatu contoh yang baik.

Hewan buas saja memiliki kasih sayang yang begitu besar kepada anaknya. Masa kita yang merupakan makhluk paling tinggi ciptaan Tuhan, berbuat di luar batas kemanusiaan pada anak kita.

Banyak bentuk kasih sayang yang bisa kita berikan kepada anak setiap harinya. Namun, kadang beberapa orang tua beranggapan hal itu tidak begitu penting untuk di terapkan.

BENTUK-BENTUK KASIH SAYANG ORANG TUA DALAM MENDIDIK ANAK

1. Memuji anak ketika mereka berhasil melakukan hal positif. 

Saat anak anda mampu melakukan sesuatu dan itu adalah kegiatan yang positif, maka berikanlah pujian kepada anak.

Pujian tersebut adalah salah satu bentuk kasih sayang Anda kepadanya. Bila mereka sudah mendapatkan pujian, maka secara otomatis anak anak tergugah untuk mengulang hal positif tersebut.

2. Kasih sayang dengan menjadi pendengar yang baik bagi anak

Seorang anak yang aktif tentu mereka akan mampu bersosialisasi dalam lingkungan sekitarnya.

Anak akan menemukan beragam peristiwa dalam keseharian tersebut. Semakin bertambah usia anak , mereka akan aktif mengenal lingkungan lebih jauh lagi.

Anak akan senang menceritakan hal-hal yang mereka alami. Entah itu hal yang menyenangkan atau menyedihkan.

Kasih sayang sederhana yang bisa Anda wujudkan pada anak adalah dalam bentuk menjadi pendengar yang baik.

Dengarkanlah setiap kutipan cerita sederhana yang mereka alami. Bentuk kasih sayang Anda ini tidak akan hanya menyenangkan anak namun Anda juga akan mengetahui apa saja yang terjadi di sekitar anak dalam satu hari tersebut.

3. Bentuk kasih sayang menemani mereka belajar

Langkah yang terbaik ketika anak sedang belajar , atau tidak belajar ketika waktu belajar.

Orang tua hendaknya tidak menyuruh-nyuruh begitu saja,anak untuk belajar. Namun, orang tuanya malah asik menonton sinetron di televisi.

Hal yang terbaik Anda lakukan adalah menemani mereka belajar. Menemani disini tentu mengharuskan Anda sendiri menjadi contoh pembelajar. Mulailah dengan ikut membaca ketika anak belajar dan mematikan TV.

Menjadi teman atau menemani anak diwaktu belajar adalah bentuk kasih sayang orang tua kepada anak.

4. Memperhatikan kesehatan dan kebersihan anak

Kasih sayang orang tua tentu berwujud perawatan. Bila Anda tidak dirawat dengan baik oleh ibu di runah sejak kecil tentu Anda tidak mungkin seperti sekarang ini.

Hanya dengan kasih sayang orang tua jualah yang membuat kita sukses. Anak yang dirawat dengan baik oleh orang tuanya tentu akan memiliki perkembangan yang optimal.

Kesehatan dan kebersihan hendaknya menjadi perhatian yang penuh bagi orang tua. Banyak anak-anak yang lahir di tengah keluarga yang kurang mampu sehingga mereka pun harus membanting tulang untuk bekerja demi keluarga sehingga perhatian kepada anak sedikit berkurang.

Lalu bagaimana dengan anda?

Saya yakin anda sudah mencurahkan segenap kasih sayang anda kepada anak.

Anak adalah aset masa depan bagi orang tua. Memberikan kasih sayang kepadanya sama dengan anda memelihara dengan baik masa depan anda.

Anak adalah titipan dari Tuhan kepada kita yang beruntung bisa menjadi orang tua. Jangan sampai kesempatan yang baik ini anda sia-siakan begitu saja.

Sayangilah mereka, tataplah wajah mereka. Wajah itu adalah masa depan kita. Wasalam !!

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar