Langsung ke konten utama

Cara Mengatasi Anak Yang Pemalu dan Penakut

Cara Mengatasi Anak Yang Pemalu dan Penakut  – Anak merupakan anugrah dari Tuhan yang tidak terkira adanya. Maka dari itu bersyukurlah bagi anda yang sudah memiliki anak, karena anak masih banyak saudara-saudara kita yang belum memperoleh kesempatan untuk menjadi seorang ayah atau ibu.

Anak yang terlahir di tengah-tengah keluarga kita tentunya sudah memiliki segala kemampuan terpendam yang ada dalam diri mereka. Kelebihan serta kekurangan tersebut akan selalu ada dalam setiap diri anak. Sebagai orang tua, anda harus bijaksana menyikapi keadaan tersebut.

Salah satu kekurangan yang ada dalam diri anak, tentu bisa disebabkan karena kondisi bawaan anak sejak lahir. Namun, bisa juga disebabkan karena pembiasaan atau faktor lingkungan. Salah satunya adalah sikap pemalu.

Sikap pemalu dan penakut bisa saja dialami oleh anak siapa saja.  Kondisi ini tentunya sangat kurang baik bila terus berlanjut dalam diri anak. Anak pemalu tentu akan terlihat minder dalam pergaulan kesehariannya, demikian pula dengan anak yang penakut, akan menjadi sosok yang kurang percaya diri. Anda sebagai orang tua tentunya tidak mengharapkan kondisi ini dialami oleh buah hati anda. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk mengatasi sikap pemalu dalam diri anak.

Jangan takut nak, ada ayah disini

1. Menasihatinya
Memberikan nasihat kepada anak kalau rasa takut dan malu hendaknya dihindarkan.Kita harus senantiasa percaya diri dan menjauhkan rasa takut dan malu. Keberanian harus dipupuk sejak dini. Menasihati setiap saat ketika anak kembali terpuruk pada kebiasaan rasa penakut dan pemalu.

2. Memeluknya
Kehangatan orang tua akan senantiasa mampu memberikan dorongan kepada anak untuk tumbuh keberanian. Peluklah anak anda ketika dalam siatuasi yang membuatnya takut. Belai dengan lembut agar anak anda tenang. Ketika memeluknya, bisikan nasihat kalau anda akan selalu ada untuknya setiap waktu.

3. Tidak membicarakan kekurangan anak anda pada orang lain
Membicarakan kekurangan anak terutama yang berhubungan dengan rasa takut dan pemalu patut anda hindari. Kondisi ini akan tambah malah membuat anak anda semakin minder mana kala teman-teman mereka tahu kekurangan dari anak anda.

4. Berikan pujian kepada anak
Anak pemalu dan penakut umumnya terbentuk karena kurangnya rasa percaya diri. Maka dari itu ketika anak anda berani melakukan sesuatu hal walaupun kecil, misalnya berani bermain dengan anak lainnya di tempat yang baru pertama kali mereka kunjungi, berani menyapa teman saat mereka bertemu, hal-hal semacam itu akan menumbuhkan rasa percaya diri anak. Maka dari itu memberikan pujian pada sikap kecil tersebut akan membuat rasa percaya diri mereka semakin tumbuh.

5. Jangan pernah malu dengan sikap anak anda tersebut
Memiliki anak yang pemalu dan penakut mungkin sebagian orang tua tidak kuasa menerimanya. Bahkan tidak sedikit dari para orang tua yang malah marah melihat anaknya demikian. Sebaiknya anda harus menghargai keadaan anak anda. Sayangilah mereka, terima mereka apa adanya dan jangan pernah malu dengan keadaan anak.

Demikian tulisan sederhana yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat !

Jangan lupa berkomentar lewat FB atau melalui google+ pada kotak komentar yang telah kami sediakan. 

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar