Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak -  Mungkin anda pernah mengalami situasi dimana anda tidak berani untuk tampil di depan publik karena kurang percaya diri. Orang dewasa bahkan yang sudah memiliki pendidikan tinggi pun bisa mengalami rasa kurang percaya diri ketika dihadapkan pada situasi yang baru. Tentunya keadaan ini tidak ingin dialami oleh setiap orang, maka dari itu perlu adanya pembinaan dan penumbuhan rasa percaya diri sejak dini.

Tentunya setiap orang tua memiliki cara yang berbeda dalam mendidik anaknya untuk memiliki rasa percaya diri. Berikut ini akan saya sajikan bagaimana menumbuhkan rasa percaya diri dalam diri anak yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi. Apa saja itu, berikut selengkapnya :
Tumbuhkan rasa percaya diri anak sejak dini

1. Menekuni hobi yang diminati
Berikan kesempatan kepada anak untuk melakoni hobi yang mereka sukai. Dengan cara ini akan akan lebih percaya diri dalam melakukannya. Jangan sampai, anda sebagai orang tua memaksakan keinginan kepada anak anda yang tentunya bagi mereka adalah sesuatu yang tidak di sukai, tentunya ini akan sangat menurunkan rasa percaya diri anak.

2. Jangan lupa memberi pujian kepada anak
Cara yang kedua menurut saya yang bisa menumbuhkan rasa percaya diri anak adalah dengan memberikan pujian kepada anak sehingga mereka akan mengulang kembali hal positif yang berhasil mereka lakukan dengan baik.

Pujian yang anda berikan kepada anak harus diberikan dengan bijak. Sekecil apapun usaha yang sudah dilakukan  oleh anak, maka anda harus tetap memujinya. Pujian inilah yang akan membesarkan hatinya, maka secara otomatis akan menumbuhkan rasa percaya diri anak.

3. Gunakan kata-kata yang memotivasi
Ketika anak anda akan tampil di depan panggung, atau misalnya sedang mengikuti suatu perlombaan, maka kata motivasi penting anda berikan. “kamu pasti bisa”  “Percayalah kamu mampu melakukan dengan baik”

Kata-kata demikian akan memberikan dorongan bagi anak untuk lebih percaya diri. Anak akan merasakan sebuah energi yang luar biasa sehingga akan muncul sebuah kemampuan untuk mengerjakan dengan baik.

4. Jangan berkata negatif kepada anak
Tidak hanya sejata saja yang tajam, namun kata-kata pun akan sangat tajam bila anda melakukannya. Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak, maka jangan sekali anda mengatakan kata-kata negatif kepada anak. Misalnya ketika anak gagal melakukan sesuatu, “dasar bodoh” kata-kata ini akan sangat melukai perasaan anak, dan malah akan membut anak menjadi kurang percaya diri ketika melakukan hal yang sama.


5. Jangan membandingkan anak anda dengan temannya
Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda dengan yang lainnya. Anak adalah individu yang sangat unik. Untuk hal itu, maka anda jangan sekali-kali membandingkan dengan teman-temannya. Tentunya hal ini akan membuat anak anda menjadi minder. Alangkah bijaksananya bila anda melihat kelebihan yang dimiliki oleh anak anda dan mengasah kemampuan tersebut agar tumbuh dengan maksimal.

Mungkin apa yang kami sampaikan disini tidak terlalu banyak, namun kami harapkan semoga cara menumbuhkan rasa percaya diri anak, pada artikel yang kami sajikan disini memberikan manfaat bagi anda.

Demikian tulisan kali ini, semoga bermanfaat. 

0 Response to "Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel