Cara Menyusun Tujuan Pembelajaran

Cara Menyusun Tujuan Pembelajaran 

RIYANPEDIA.com - Kegiatan pembelajaran merupakan aktivitas yang tidak  bisa lepas dari guru. Tentunya semua guru menginginkan kegiatan pembelajaran yang diampunya berjalan dengan optimal. 

Guru tentu mempersiapkan dengan baik kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakannya. Semua itu adalah memiliki tujuan agar terciptanya kegiatan pembelajaran yang bermakna. 

Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan tahapan-tahapan tertentu. Mulai dari perencanaan pembelajaran , pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran. Sebagai bahan evaluasi. 

Masing-masing tahapan tersebut memiliki kegiatan yang berbeda yang harus dilaksanakan guru. 

Kegiatan perencanaan salah satunya.  Ada beberapa hal harus menjadi perhatian guru di dalam menyusun rencana pembelajaran.  Salah satunya adalah membuat tujuan pembelajaran yang terdapat pada komponen perencanaan pembelajaran.

MENGAPA TUJUAN PEMBELAJARAN BEGITU PENTING?

Tujuan pembelajaran merupakan arah sasaran dari kegiatan pembelajaran. Tujuan pembelajaran mengambarkan apa yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut.


Tanpa adanya tujuan pembelajaran tentu proses pembelajaran tersebut akan kehilanhan arah.

Bisa saja guru sudah memikirkan apa tujuan pembelajaran yang akan dicapai pada hari tersebut. Tetapi alangkah baiknya bila guru menulis tujuan pembelajaran tersebut dalam rencana pembelajaran.

APA YANG HARUS DIPERHATIKAN DALAM MENULIS TUJUAN PEMBEKAJARAN ?

Tujuan pembelajaran merupakan capaian yang kita harapkan setelah proses pembelajaran berakhir.


Ada beberapa komponen yang harus di perhatikan di dalam menyusun tujuan pembelajaran, antara lain :

1. Audiens
Dalam tujuan pembelajaran harus memuat audiens. Dalam kegiatan pembelajaran  yang menjadi audiense adalah siswa itu sendiri. Ayoooo...coba dilihat, sudahkah tujuan pembelajaran Anda memuat hal tersebut ? Saya yakin pasti sudah. 

2. Behaviour

adalah perubahan tingkah laku yang diharapkan muncul setelah dilaksanakannya proses pembelajaran. Misalnya setelah kegiatan pembelajaran siswa mengalami perubahan tingkah laku seperti : mampu menyebutkan, mampu mengurutkan, mampu mempraktekkan, dan lain sebagainya.

3. Condition
Conditioning, yaitu keadaan yang harus dipenuhi atau dikerjakan siswa pada saat dilakukan pembelajaran. 

Misalnya: Dengan cara mengamati, Dengan berdiskusi, Dengan menyimak penjelasan guru, Dengan membaca buku sumber, Dengan menggunakan kamus, Dengan menggunakan internet, dan lainnya.

4. Degree
Degree, adalah batas minimal tingkat keberhasilan terendah yang harus dipenuhi dalam mencapai perilaku yang diharapkan.  Penentuan ini tergantung jenis materi, dan penting tidaknya materi.  Misalnya: 3 contoh, 4 jenis, minimal 4 macam, dan lainnya.

CONTOH TUJUAN PEMBELAJARAN YANG BENAR

Melalui pengamatan bagian-bagian bunga (condition),  peserta didik (audience) dapat  menyebutkan (behaviour) paling sedikit empat bagian-bagian bunga (degree).

Melalui praktik mencangkok (condition), peserta didik (audience) dapat mendemonstrasikan cara-cara mencangkok (behaviour) dengan runtut (degree).

Melalui percobaan uji kandungan vitamin C pada buah-buahan tertentu (condition), peserta didik (audience) dapat membedakan buah yang mengandung vitamin C d

Melalui operasional peraga torso manusia (condition), pesean yang tidak mengandung vitamin C (behaviour)  dengan tepat (degree).rta didik (audience) dapat menjelaskan proses pencernaan makanan (behaviour)  dengan runtut (degree).

Melalui operasional peraga daun (condition), peserta didik (audience) dapat mengklasifikasikan daun berdasarkan ciri-ciri yang dimiliki (behaviour) dengan tepat (degree).

*)) Dirangkum dari berbagai sumber

2 Responses to "Cara Menyusun Tujuan Pembelajaran"

  1. Tujuan pembelajaran itu diambil dari indikator kan? Nah, jadinya 1 indikator 1 tujuan? atau bgmn? hehe, sedikit bingung.

    ReplyDelete
  2. Tujuan pembelajaran dirumuskan dari Kompetensi Dasar. Dan untuk mengetahui ketercapaian tujuan, maka diperlukan sebuah indikator.

    ReplyDelete

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel