Dampak Positif dan Dampak Negatif Internet Bagi Siswa

Dampak positif dan dampak negatif Internet bagi siswa - internet sekarang ini sudah menjadi sebuah fasilitas yang lumrah. Semua lapisan masyarakat sekarang ini sudah mengenal internet dan bahkan tidak bisa lepas dalam sehari dari yang namanya internet.

Semua itu tidak bisa lepas dari adanya pengaruh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini. Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saling terhubung. Jaringan terhubung secara global. Sehingga bisa diakses di seluruh dunia.

Banyak informasi yang bisa kita cari dan temukan di internet.  Mulai dari informasi peristiwa, politik, pendidikan, sosial, budaya, hingga yang paling top hits seperti info seputar selebritis.

Namun, internet tidak hanya menyediakan informasi itu saja. Tayangan video, musik, downloads game dan berbagai tips dan trik tersaji melalui internet.

BAGAIMANA DI INTERNET BISA TERSAJI JUTAAN INFORMASI?

Internet merupakan jaringan kumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Setiap orang memiliki hasil karya yang akan mereka bagikan melalui internet. 

Jutaan karya tersebut nantinya akan diunggah melalui sebuah layanan penyedia. Seperti salah satu media online yang Anda baca ini, memanfaatkan layanan dari blogger.

Demikian pula bila anda akan membagikan video hasil bidikan Anda sendiri, bisa diunggah melalui layanan YouTube. Nah, nantinya hasil-hasil tersebut akan tersimpan dengan abadi.

Selanjutnya masyarakat pengguna internet akan mencari informasi yang mereka inginkan tersebut. Mencarinya tentu menggunakan mesin pencari. Ada berbagai mesin pencari yang bisa anda gunakan untuk memperoleh informasi di internet. Mulai dari yahoo.com, bing, dan google. Dari semua mesin pencari yang paling terkenal dan banyak penggunanya adalah google.com


MENGAPA INTERNET MEMILIKI DAMPAK BAGI PENGGUNANYA?

Ibarat internet itu sebuah obat ketika kita sakit maka saat kita memerlukan informasi yang akan kita cari di internet dan menemukannya serta bermanfaat bagi penggunanya, maka internet akan berdampak positif.

Namun, sebaliknya ketika pengguna menyalah gunakan informasi yang sudah diperoleh dari internet, misalnya mencari konten dewasa dan melakukan kejahatan karena pengaruh tersebut maka internet akan berdampak negatif.

Semua itu kembali ke diri kita masing-masing untuk bisa menggunakan internet dengan bijaksana. Bila saya ibaratkan kembali internet itu sebuah pisau, jika pisau kita gunakan untuk mengupas kulit buah mangga yang akan kita makan tentu hal ini akan sangat postif sekali.

Sebaliknya ketika kita melihat orang menggunakan pisau tersebut untuk kejahatan, tentu guna pisau yang positif tadi akan berubah menjadi negatif. Maka dari itu, dampak dari menggunakan internet akan sangat berbeda antara masing-masing individu.

PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN SISWA

Sekarang ini tidak bisa dipungkiri internet sangat membantu jalannya aktivitas manusia. Tiap sendi kehidupan kita saat ini sudah mulai menggunakan internet. Tidak kecuali dunia pendidikan, yang nota bena merupakan kumpulan orang-orang yang haus akan ilmu pengetahuan.

Siswa dan internet merupakan sesuatu yang bisa berjalan beriringan dan membantu proses pembelajaran. Tentunya bagi siswa yang benar-benar menggunakan internet dengan baik akan berdampak positif bagi dirinya. Dan sebaliknya siswa yang menggunakan internet dengan kurang baik akan berdampak negatif bagi siswa tersebut. 

Tentunya ada dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet di kalangan siswa. Internet ibarat lautan. Apapun bisa anda temukan disana, mulai dari ikan yang kaya akan nutrisi (informasi bermanfaat) hingga sampah (konten negatif). Jadi, semua tergantung dari anda sendiri.

Berikut ini beberapa dampak positif dan dampak negatif dari internet bagi siswa.

DAMPAK POSITIF INTERNET BAGI SISWA


Internet merupakan rimba informasi, jika anda mencari sesuatu yang bermanfaat maka sesuatu yang baik pula yang akan anda beroleh. Berikut ini beberapa dampak yang sangat bermanfaat bagi siswa jika menggunakan internet dengan bijak.

1. Sumber mencari pengetahuan

Internet merupakan jaringan yang menghubungkan kita dari satu pengguna dengan pengguna yang lainnya. Ketika jutaan pengguna menyediakan informasi pengetahuan, maka begitu anda akan mencarinya melalui mesin pencari, maka anda pun akan memperoleh pengetahuan dari internet.

Tentu pengetahuan tersebut bisa siswa manfaatkan dalam menunjang kegiatan pembelajarannya di  kelas. Siswa bisa mencari informasi pengetahuan di internet sebagai bahan referensi tambahan, sehingga apa yang tidak diketahui dari penjelasan guru di kelas, bisa ditemukan di internet.

Selain itu belajar melalui internet akan menambah semangat siswa dalam  belajar. Dengan fitur-fitur dari penyedia informasi yang begitu menarik, akan menambah daya tarik tersendiri bagi siswa untuk belajar. Mulai dari tayangan gambar, video animasi, video pembelajaran tentu akan menjadikan internet sebagai media yang tepat untuk teman belajar.

2. Internet untuk media komunikasi

Internet bisa dijadikan sebagai wahana media komunikasi antar siswa. Komunikasi disini tentunya akan sangat mendukung pembelajaran yang dilakukan siswa. Misalnya saling berbagi pengalaman, komunikasi membahas kegiatan pembelajaran. Banyak layanan media komunikasi yang memanfaatkan jaringan internet, seperti : yahoo mesengger, facebook, twitter, Line, whatsup)

3. Internet bisa dijadikan saling bertukar data 

Dalam kegiatan pembelajaran sekarang ini, tentunya kegiatan pembelajaran jarak jauh sangat memungkinkan. Guru bisa memberikan tugas melalui internet, tentunya dengan memanfaatkan media seperti group di facebook, dan blog. Disana guru bisa menggunggah materi yang bisa di unduh siswa.

4. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan

Dalam internet kita bisa melakukan keuntungan dalam bidang perdagangan ,membuka lowongan Bisnis salah satu situs internet yang sekarang ini kita ketahui membuka Olshop dengan aplikasi yang mempermuda masyarakat bertransaksi misalnya Tokobagus dan lain lain.


DAMPAK NEGATIF DARI INTERNET BAGI SISWA


Beberapa dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari internet antara lain :

1. Konten Dewasa

Bagi anak remaja sesuatu yang belum mereka ketahui pasti akan terus ingin tahu, hal yang paling riskan sekali adalah konten dewasa atau p0rn0grafri. Konten ini tersebar dengan luas di internet. Pentingnya peran orang tua dalam mendampingi siswa atau anak dalam berselancar di dunia maya akan menjauhkan anak dari pengaruf negatif dari internet. Kadang sering kali karena kita yang kurang bijak menggunakan internet lebih sering menyalahkan media ini. Maraknya tindakan asusila merupakan salah satu dampak yang ditimbulkan dari internet.

2. Kekejaman dan kesadisan

Banyak para pemilik situs dengan sangaja membuat tayangan dan postingan yang berbau kekejaman dan kesadisan. Memang dengan sajian tersebut, situs mereka akan menjadi terkenal karena apa yang mereka sajikan menjadi viral di internet. Tentunya semua itu merupakan tindakan yang tidak bertanggung jawab dari si pemilik akun atau situs. Semoga anda dan kita semua tidak terpancing dengan tayangan informasi yang tidak jelas kebenarannya di internet.

3. Tindakan tipu menipu ( Penipuan )

Dalam dunia maya / internet tidak luput dari tindakan penipuan dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Layanan-layanan iklan yang kadang menggiurkan keuntungan yang besar membuat orang mudah terpancing untuk mengetahuinya. Bila anda mengalami keadaan ini, maka segeralah mengkonfirmasi dengan penyedia layanan tersebut.

4. Mencuri kode kartu kredit

Banyaknya transaksi yang bisa dilakukan dengan internet memungkinkan penjahat untuk mencuri kode kartu yang digunakan. Dengan mengetahui data tersebut, maka akan sangat merugikan bagi pemilik kartu. Semua harta bisa terkuras habis.

5. Judi

Mungkin saja siswa bisa terjabak dalam permainan perjudian di internet. Kini banyak situs-situs yang saya lihat menyediakan judi online. Tentu bagi anak-anak yang sering menggunakan internet tanpa pengawasan dari orang tua dan kesadaran dalam diri akan mudah terjebak dalam perangkap dunia perjudian online.

6. Game online

Pengalaman saya ketika berkunjung ke warnet untuk sekedar mengecek email yang masuk dari teman, berkaitan dengan pekerjaan. Tidak sengaja melihat sekumpulan anak-anak yang dengan asiknya memainkan game online di internet. Waktu yang seharusnya mereka gunakan untuk belajar dan bermain di ruang bebas malah terperangkap pada layar kaca ukuran 14 inchi, dan memainkan sepak bola dengan tangan. Kalau sudah demikian, pastinya internet akan menjadi biang kerok. Padahal bila kita bisa mengatur waktu menggunakannya , game di internet bisa dijadikan untuk hiburan dikala pikiran sedang mumet.

7. Kencanduan Internet

Internet dapat juga menyebabkan suatu rasa ketergantungan yang menyebabkan kecanduan sampai melupakan waktu untuk melaksanakan kewajibannya. Contohnya adalah kecanduan sosial media atau game online yang banyak menyita waktu. Bahkan sekarang ini, lama orang di WC lebih lama dengan dulu. Ayo.... siapa yang bisa main internet sambil BAB?

7. Kerja Instan

Dari banyaknya informasi pembelajaran di internet membuat siswa banyak mengambil informasi dari internet dan tidak lagi membudayakan membaca buku, dimana informasi yang ada diinternet belum tentu benar. Hal ini membuat para siswa siswi menanamkan dalam dirinya untuk kerja instan tanpa proses yakni tidak membaca buku-buku sebagai sumber informasi yang benar dan tidak lagi diragukan kebenaran dari buku karena memiliki beberapa tahapan dalam penerbitan buku tersebut.

0 Response to "Dampak Positif dan Dampak Negatif Internet Bagi Siswa"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel