Langsung ke konten utama

Menghindarkan Siswa dari Kebiasaan Menyontek Ketika Ulangan

Menghindarkan siswa dari kebiasaan menyontek ketika ulangan  - Berbicara dengan tingkah polah anak sekolah dasar tentu banyak hal yang kita temukan di sana.

 Mulai dari kebiasaan yang siswa lakukan ketika jam istirahatlah, kebiasaan saat tidak ada guru di kelas, dan yang tidak kalah seru lagi adalah kebiasaan beberapa siswa ketika ulangan berlangsung.

Ya... Minggu-minggu ini sudah mulai musim ulangan akhir semester. Musim ulangan tentu musim siswa mulai belajar ekstra keras. Sudah menjadi kebiasaan sejak dulu kalau, belajar ekstra keras saat ulangan.


Tentu saat ulangan berlangsung ada saja siswa yang melakukan aktivitas contek menyontek.

Kadang ketika guru mengetahui perilaku siswa seperti ini, maka kemarahan sang guru akan meluncak. Bisa dipastikan siswa tersebut pun akan memperoleh sanksi atas kesalahan yang telah ia lakukan.

BEBERAPA PENYEBAB SISWA MENYONTEK KETIKA ULANGAN .

Seperti kata orang banyak, setiap perilaku kejahatan pasti karena ada niat dan kesempatan.

Nah, demikian pula dengan siswa yang menyontek kadang muncul karena adanya niat dan kesempatan.

Pentingnya menghindarkan siswa dari kebiasaan menyontek harus dilakukan dengan perlahan.

Beberapa penyebab siswa menyontek yang timbul dari dalam dirinya siswa seperti :

1. Ingin memperoleh nilai yang maksimal
Sistem penilaian yang lebih mementingkan skor dan kurang memperdulikan bagaimana siswa berupaya dengan jujur untuk memperolehnya akan membuat siswa menghalalkan segala cara agar nilai ulangan nya maksimal.

2. Tidak belajar sebelum ulangan
Siswa bisa juga melakukan kegiatan contek menyontek karena siswa tidak belajar sebelumnya di rumah. Ditambah lagi dengan tuntutan agar memperoleh nilai diatas perolehan minimal, bisa jadi akan membuat dorongan untuk menyontek lebih besar.

KIAT MENGHINDARKAN SISWA DARI KEBIASAAN MENYONTEK KETIKA ULANGAN

Saya yakin untuk yang satu ini semua guru memiliki trik tersendiri. Mengindarkan kebiasaan menyontek sejak dini penting untuk dibiasakan.

Saya memiliki kiat yang mungkin bisa Bapak/Ibu terapkan dalam pembelajaran di sekolah tempat Anda bertugas.

1. Berikan pemahaman kalau menyontek bukan perbuatan terpuji
2. Tayangkan contoh-contoh siswa yang sukses dalam belajar tanpa menyontek
3. Berikan sanjungan kepada siswa sebelum memulai ulangan dan ketika ulangan berlangsung kalau mereka adalah siswa yang hebat, tanpa menyontek.
4. Lakukan kegiatan tersebut setiap hari menjelang anda akan melakukan ulangan
5. Jangan marahi siswa kalau kedapatan menyontek, tetapi segera berikan ucapan kepada mereka, kalau anak tersebut sebenarnya anak jujur. Misalnya "Adit kamu sebenarnya anak yang jujur dan baik, jangan sampai karena ujian sikap baikmu menjadi hilang. Ayo jangan nyontek"
6. Sadarkan pada diri mereka kalau Tuhan selalu mengawasi kita. Setiap perbuatan buruk yang kita lakukan, Tuhan pasti akan mencatatnya.

Mudah-mudahan cara menghindarkan siswa dari kebiasaan menyontek yang dapat saya bagikan kali kini bermanfaat bagi Anda semua.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar