Pengertian Tumbuhan Epifit dan Contohnya

Pengertian tumbuhan epifit dan contohnya - Sahabat pembaca tentunya sudah tidak asing lagi yang namanya pengelompokan makhluk hidup ciptaan Tuhan. Makhluk hidup bisa kita kelompokkan menjadi tiga jenis yaitu, manusia, hewan dan tumbuhan.

Tumbuhan merupakan makhluk hidup yang memiliki banyak jenis dan spesies. Berbagai macam kemampuan dimiliki oleh tumbuhan.


Beberapa jenis tumbuhan ada yang tumbuh tanpa mengganggu tumbuhan lainnya. Namun ada juga tumbuhan yang hidup dengan bergantung dengan tumbuhan lainnya. 

Mungkin anda pernah mengenal tentang tumbuhan epifit. Apa itu tumbuhan epifit?

Tumbuhan epifit adalah tumbuhan yang tumbuh dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Namanya dibentuk dari bahasa Yunani: epi-, permukaan atau tutup, dan phyton, tumbuhanatau pohon.

Tentunya tumbuhan epifit ini nantinya akan selalu menempel pada tumbuhan lainnya. Ketergantungan tumbuhan epifit tersebut pada tumbuhan inangnya akan senantiasa menjadi pengganggu bagi tumbuhan tersebut. 

Berikut ini beberapa contoh tumbuhan epifit yang harus sahabat pembaca ketahui, diantaranya ;

1. Tumbuhan benalu


Tumbuhan benalu hidup di tanaman lainnya dengan cara menempelkan dirinya. Tumbuhan yang kerap ditumpanginya adalah tumbuhan jambu, rambutan, durian, sawo dan berbagai jenis tumbuhan lainnya. 


Tumbuhan epifit benalu ini kadang sangat merugikan bagi tanaman lainnya. Karena tumbuhan yang menjadi inangnga/ yang ditempatinya akan sangat merugikan. Sebab semua makanan dari tumbuhan tersebut terserap oleh benalu. 



2. Paku tanduk rusa 

Contoh tumbuhan epifit berikutnya adalah paku tanduk rusa. Saya yakin sahabat pembaca sudah banyak yang tahu tentang paku tanduk rusa tersebut. 


Sesuai dengan namanya tumbuhan ini memang memiliki bentuk yang sangat unik. Dengan bentuj menyerupai tanduk rusa namuan menjulur kebawah, akan memberikan suasan yang indah bagi sebuah taman yang ditanami dengan kombinasi antara tanduk rusa dengan tumbuhan lainnya. 


3. Anggrek


Bagi sahabat pembaca tentu sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini. Anggrek merupakan salah satu tumbuhan epifit. Tumbuhan anggrek yang tumbuh liar, lebih banyak menempel pada tumbuhan lainnya. Kalau anggrek yang sudah dibudidayakan atau yang sudah dipelihara di rumah, banyak yang menggunakan pakis sebagai tempat anggrek untuk tumbuh menempel

4. Sarang semut
sarang semut adalah salah satu tumbuhan epifit dari Famili Hydnophytinae (Rubiaceae) yang dapat berasosiasi dengan semut. Tumbuhan ini bersifat epifit, yaitu tumbuhan yang menempel pada tumbuhan lain namun tidak hidup parasit pada idangnya.




5. Lumut kerak
Lumut kerak atau lichens merupakan simbiosis antara jamur dan ganggang. Jamur yang bersimbiosis disebut mikobion, biasanya dari jenis Ascomycota, sedangkan ganggang yang bersimbiosis disebut fikobion biasanya dari jenis Cyanobacteria dan Chlorophyta. 

Saat ini dikenal sekitar 18.000 jenis lumut kerak yang tersebar luas di berbagai habitat seperti kulit pohon, kayu yang membusuk, bebatuan, dan di atas tanah yang mempunyai ketahanan terhadap keadaan panas, dingin, dan kekeringan.  
Berdasarkan bentuknya lumut kerak dapat dibedakan menjadi tiga kelompok yaitu krustos (seperti kerak), folios (seperti daun), dan fruktikos (seperti semak). Ukuran lumut kerak beraneka ragam dari bentuk yang sangat kecil hingga yang panjangnya mencapai beberapa meter.

Nah, sahabat demikianlah beberapa tumbuhan epifit berserta contohnya yang bisa Riyan Pedia bagikan. Semoga informasi ini memberikan manfaat bagi kita semua. 

Nantikan artikel menarik lainnya hanya di RIYANPEDIA.com

Wasalam !!!


0 Response to "Pengertian Tumbuhan Epifit dan Contohnya"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel