Pentingnya Kasih Sayang Orang Tua dalam Pendidikan Anak

Pentingnya Kasih Sayang Orang Tua dalam Pendidikan Anak – Anak merupakan anugrah yang sangat berharga dari Yang Maha Kuasa. Merawatnya dan memberikan kasih sayang dengan sepenuhnya adalah kewajiban bagi orang tua.

Semua makhluk yang diciptakan oleh Tuhan selalu memiliki kasih sayang kepada anaknya. Anda bisa melihat bagaimana hewan-hewan menyayangi anaknya. Bahkan hewan yang dibilang buas sekalipun begitu sayangnya dengan anak. Lalu kita sebagai manusia yang memiliki akal dan budi seharusnya lebih menyayangi anak. Rasa miris sekali ketika melihat berita tentang kekerasan yang dilakukan oleh orang tua terhadap anaknya. Bahkan sampai meninggal. Bagaimanapun juga anak adalah titipan dari Tuhan, maka kita harus memberikan kasih sayang kepadanya. Karena anak adalah aset masa depan kita.

Membesarkan anak dengan penuh kasih sayang akan memberikan manfaat yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak. Penting bagi orang tua untuk mengetahui sejauh mana pentingnya kasih sayang dalam mendidik anak.

Berikut ini akan kami sajikan pentingnya kasih sayang orang tua dalam pendidikan anak. Ayo dibaca selengkapnya artikel berikut ini !

1. Anak akan terlihat bersih dan rapi

Salah satu bentuk nyata kasih sayang adalah merawatnya. Anak yang mendapatkan kasih sayang dari orang tuanya maka akan terlihat lebih terawat daripada anak yang kurang mendapat kasih sayang.

Orang tua yang sibuk bekerja dari pagi hingga sore pasti tidak akan sempat mengawasi anak. Dan kalau pun sempat itu pun hanya pada waktu tertentu saja. 

2. Membentuk sikap sosial anak

Anak yang dibesarkan dengan penuh kasih sayang tentu akan memiliki kepekaan sosial yang tinggi. Anak akan bisa menyayangi sesama teman sepermainannya, dan juga menunjukkan
Sikap penuh kasih. 

Hal ini dikarenakan anak akan meniru apa yang mereka dapatkan dari orang tua mereka. Ketika Anda berkata kasar, maka anak akan menirukan ucapan Anda tersebut. Maka dari itu mendidik anak dengan penuh kasih sayang akan mengasah sisi perasaan mereka.

3. Menumbuhkan rasa percaya dirinya anak.

Kasih sayang begitu penting bagi tumbuh kembangnya mental anak. Dengan kasih sayang maka anak akan lebih percaya dirinya dalam melakukan segala aktivitasnya.

Misalnya, ketika anak memperoleh hasil ulangan yang jelek, maka orang tua harus menyadari kemampuan sang anak.

Bukan sebaliknya malah menjelekan dan memarahi anak atas prestasi yang diraihnya tersebut.

Dengan kasih sayang anak akan menyadari pentingnya berusaha lebih keras lagi dalam belajar untuk memperoleh hasil yang lebih baik.

4. Kasih sayang membuat anak lebih terbuka

Beberapa orang tua kerap mengalami masalah dalam hubungan dengan anak ketika anak sudah beranjak remaja.

Anak mulai jauh dari orang tua demikian sebaliknya orang tua enggan bercengkrama dengan anak.

Semua itu mungkin disebabkan karena anggapan anak sudah remaja dan bahkan dewasa sehingga tidak perlu lagi dinasehati.

Namun pada kenyataannya, anak yang tidak terjalin hubungan kasih sayang dengan orang tuanya akan cederung tertutup kepada orang tua. Bila hal ini terjadi, maka orang tua tidak akan mengetahui apa yang terjadi dan dialami oleh anak. Tentu anda sudah tau, kebanyakan kekerasan yang dialami anak bisa terjadi di lingkungan terdekat anak. Seperti, keluarga, sekolah dan tempat sekitar. Bila anak tidak terbuka, tentu orang tua akan mengalami sedikit kesulitan untuk menditeksi bila terjadi hal negatif pada anak.

5. Kasih sayang mempererat hubungan antar keluarga

Banyak kita temukan di lingkungan sekitar kita, keluarga yang broken home. Bila ini terjadi dan tidak bisa dielakkan lagi tentu anak lah yang akan menjadi korban.
Kasih sayang antara anggota keluarga penting untuk senantiasa dijaga. Keluarga yang harmonis tentu penuh dengan kasih sayang antara anak dengan orang tua demikian pula sebaliknya. Hubungan antara keluarga akan semakin erat. Misalnya, ketika orang tua datang dari kerja, dengan penuh kasih akan menanyakan anak-anak ketika belum melihatnya. Demikian sebaliknya anak akan selalu menanyakan orang tua bila anak belum melihat orang tua sepulang sekolah. Itu semua merupakan contoh bentuk kasih sayang antar anggota keluarga.

6. Kasih sayang akan membuat anak mampu membedakan baik dan buruk

Manusia merupakan makhluk yang dalam perkembangannya memerlukan kasih sayang. Kita tumbuh dan berkembang belum mampu menggunakan daya pikir kita. Karena kasih sayang orang tualah kita mengetahui mana baik dan buruk. Anak yang dibesarkan dalam suasana keluarga yang penuh kasih sayang, akan lebih peka dalam berbuat. Mereka akan tahu mana yang hal yang baik dan mana hal yang beruk. Anak tidak akan berbuat sesuka hati dan semaunya. Ketika dalam lingkungan yang berbeda, maka mereka akan berpikir sebelum bertindak. Perlunya pemberian kasih sayang memang sangat dibutuhkan mengingat masih panjangnya masa perkembangan dari anak itu sendiri. Sebagai orangtua sebaiknya Anda meluangkan waktu sedikit saja untuk berbincang atau peduli kepada aktivitas anak meskipun Anda sedang sibuk-sibuknya dengan pekerjaan kantor yang banyak.

0 Response to "Pentingnya Kasih Sayang Orang Tua dalam Pendidikan Anak"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel