5 Tips Menjadi PNS yang Profesional Tanpa Mencari Muka di Depan Atasan

5 Tips Menjadi PNS yang Profesional Tanpa Mencari Muka di Depan Atasan- Menjadi PNS di jaman sekarang ini adalah sesuatu yang banyak dicari oleh berbagai pencari kerja terutama lulusan perguruan tinggi. Sehingga bisa anda bayangkan bagaimana membludaknya setiap kali ada pembukaan pendaftaran pegawai negeri sipil (PNS)

Bekerja sebagai PNS bukanlah bekerja sebagai seorang Bos. Ingat PNS adalah seorang pelayan bagi masyarakat. Jadi bila anda memutuskan diri anda sebagai seorang PNS maka bekerjalah dengan penuh pengabdian.

PNS akan dinilai dari bagaimana kinerjanya di tempat kerja. Tentu keinginan untuk tampil lebih baik daripada pegawai lainnya adalah keinginan dari para pekerja abdi negera.

Profesionalisme dalam pekerjaan akan menuntut para PNS untuk bekerja tuntas. Dengan demikian seorang PNS harus mengerjakan tugas yang diberikan dengan baik.  Konsekuensi dari pekerjaan yang dilakukan dengan profesional oleh seorang PNS akan berdampak bagi peningkatan kariernya sebagai seorang abdi negera.


Meningkatkan karier sehingga menjadi seorang PNS yang profesional hendaknya dilakukan dengan cara yang jujur dan bukan cara kotor.

Mencari muka di depan atasan tentu adalah sebuah kinerja yang kotor untuk meraih sebuah kesuksesan.


Seorang PNS bisa meraih kesuksesan tanpa harus menjatuhkan citra kawan lainnya atau tanpa harus mencari kekurangan rekan kerja di depan atasan. Tentunya semua itu harus dihindari oleh para PNS.

Ingat apa yang kita raih sekarang ini hanyalah bersifat sementara. Tidak ada yang abadi dalam hidup ini termasuk pekerjaan dan jabatan yang anda raih sekarang ini.

Berikut ini akan saya sajikan tips ringan untuk menjadi seorang PNS yang profesional tanpa harus mencari muka di depan atasan dan menjatuhkan rekan kerja dengan mengungkit kekurangannya .

Tips berikut ini berdasarkan apa yang saya baca dan apa yang disampaikan oleh para atasan yang sudah lebih dulu terjun sebagai abdi negara yang setia dan penuh dengan kejujuran.

1. Kerjakan setiap tugas yang diberikan oleh atasan
Seperti kata pepatah kita sekolah tinggi-tinggi agar nantinya bisa mencari kerja. Nah ketika anda sudah mendapatkan pekerjaan dan bekerja mengapa kadang kita mengeluh akan semua itu?
Ya... memang tidak bisa kita pungkiri saya pun terkadang demikian. Memperoleh tugas yang terlalu banyak kadang muncul rasa mengeluh.

Sebagai seorang manusia yang tidak luput dari kekurangan, sangatlah manusiawi apabila sedikit mengeluh tapi banyak bekerja. Bukankah demikian sahabat pembaca?

Tugas yang diberikan oleh atasan hendaknya dikerjakan dengan tuntas. Walaupun muncul rasa keluhan dari bibir kita, tetapi buatlah komitmen pekerjaan tersebut harus selesai.

Bila anda sudah demikian, saya yakin atasan anda akan mempertahankan diri anda pada instansi tersebut. Dan apabila memungkinkan anda pun bisa dipromosikan ke jenjang jabatan yang lebih tinggi.

2. Bersedia menerima saran dan kritik
Seperti yang sudah kita ketahui bersama. Manusia terlahir dengan bekal kelebihan dan kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna. Demikian pula kita di dalam mengemban pekerjaan sebagai seorang PNS.

Saran dan kritikan amatlah perlu untuk kedepannya kita bisa tampil lebih baik lagi dari hari ini.
Janganlah kita risih terhadap sebuah saran dan kritikan, apalagi itu datangnya dari atasan kita.

Jadi untuk menjadikan diri anda sebagai seorang PNS yang profesional terimalah setiap saran dan kritikan yang diterima. (Meskipun awalnya susah, tetapi tidak apalah dicoba saja!)

3. Senantiasa Jujur dan Berintegritas
Jujur...!?&#
Mungkin satu kata ini cukup mudah diucapkan namun sedikit orang yang mampu melaksanakannya.

Contoh saja ketika anda melihat rekan kerja anda jarang ke sekolah atau malah ke kantor dan lebih banyak permisinya., mungkin di hari kecil anda akan sedikit kecewa dengan rekan seperti ini.

Saya sarankan apabila anda memiliki rekan demikian, janganlah anda berusaha menjelekkan diri teman tersebut.

Biarlah atasan anda yang akan menilai. Yang terpenting dari sikap anda adalah, laksanakan tupoksi masing-masing dengan jujur dan berintegritas.

Masalah teman kera yang malas biar atasan yang akan menindak lanjuti, namun apabila anda dimintai keterangan sampaikan sebatas yang anda tahu. Jangan berlebihan, kalau anda mengadakan yang tidak ada, malah diri anda sendiri yang akan berdosa.

4. Jadilah sosok yang selalu dapat diandalkan
Menjadi seorang PNS yang profesional harus mau mengerjakan tugas yang dipandang berat oleh orang lain namun kita berhasil mengerjakannya.

Bila sudah demikian maka dipastikan atasan akan senantiasa mengandalkan anda sebagai seorang pegawai yang profesional.

Ujungnya promosi jabatan yang lebih tinggi akan bisa anda raih dengan mudah dan tentunya dengan jalan yang sehat dan bukan karena menjilat atasan.

5. Menggunakan waktu dengan optimal 
Banyak diberitakan bahwa ada beberapa PNS yang kurang cakap dalam memanfaatkan waktu yang diberikan dalam mengerjakan tugasnya. Hasilnya tugas malah terbengkalai begitu saja.

Sebagai seorang pegawai yang profesional anda harus bisa bekerja dengan efektif dan efisien. Tunjukan kalau anda mampu bekerja dengan optimal. Untuk itu saat anda bekerja anda harus bisa fokus pada pekerjaan dan bukan dengan yang lainnya misalnya handphone.

Demikian sahabat tulisan sederhana yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga tulisan ini mengispirasi kinerja sahabat pembaca sekalian. Apa yang saya tulis disini adalah hasil membaca dari berbagai sumber dan dari nasihat para abdi negara yang melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab.

Wasalam !!!

0 Response to "5 Tips Menjadi PNS yang Profesional Tanpa Mencari Muka di Depan Atasan"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel