7 Kebiasaan Kecil di Rumah yang Dapat Menjaga Kesehatan Kita

Tentu kita sepakat kalau kesehatan adalah sesuatu yang paling berharga dibandingkan dengan apapun itu. Bisa anda bayangkan ketika kita sakit, rasa sedih, takut dan kecewa hingap dalam pikiran kita. Tentu kita ingin keadaan tersebut pergi jauh-jauh dari kehidupan kita.

Namun, semua itu tidak bisa terjadi begitu saja tanpa kita senantiasa menjaga kesehatan tubuh dan lingkungan di sekeliling kita.

Anda bisa rasakan berada di lingkungan yang bersih tentu akan membuat kita merasakan kenyamanan. Bahkan kita ingin berlama-lama di tempat tersebut.

Bahkan sebaliknya lingkungan yang kotor tidak hanya membuat kita ingin pergi secepatnya tetapi juga bisa mempengaruhi kesehatan kita.

Lingkungan tempat kita pertama berinteraksi dengan keluarga adalah rumah. Banyak kita lihat orang berlomba-lomba menata ruang mereka agar tampak lebih indah.

Penataan ruang dibangun dengan sedemikian bagusnya. Mulai dari tatanan interior dan eksterior rumah di perhatikan dengan detail. Semua itu tentunya bertujuan agar si pemilik rumah merasa nyaman ketika menempatinya.

Rumah yang bagus belum tentu sehat. Tetapi rumah yang sehat pasti bagus karena memberikan hal yang positif bagi pemiliknya.

Kebiasaan kita di rumah sangat menentukan kesehatan kita. Bayangkan saja bila Anda tidak pernah menyapu halaman atau lantai misalnya. Apa yang terjadi? Pasti rumah akan kotor dan mempengaruhi kesehatan kita. Jadi kebiasaan di rumah sangat menentukan kesehatan Anda.

Berikut ini kebiasaan kecil di rumah yang dapat mempengaruhi kesehatan Anda.

1. Menjemur handuk
Saya yakin sahabat pembaca pasti sudah rutin mencuci dan menjemur pakaian.  Lalu bagaimana dengan handuk?

Nah, benda yang satu ini jarang sekali menjadi perhatian sahabat pembaca. Apalagi anak laki-laki habis mandi handuk langsung saja digelayutin di hanger kamar.

Handuk yang jarang dijemur akan mudah untuk berbau. Kalau sudah bau tentu banyak kumannya.
Kuman yang banyak menempel pada handuk pasti akan membuat kesehatan kulit anda terganggu. Gatal-gatal atau jamuran bisa terjadi pada kulit anda.

2. Menjemur Kaos Kaki dan Sepatu
Anda pekerja kantoran?  Mengenakan sepatu lengkap dengan kaos kaki tentu tidak ketinggalan dipakai.

Sehabis bekerja sehari penuh saya sarankan anda menjemur kaos kaki dan sapatu. Bila tidak tentu bau yang ditimbulkan oleh keringat pada kaki sangat tidak sedap. Bahkan situasi ini akan mengganggu penampilan anda di dunia kerja.

3. Cuci baju secepatnya dan jangan di rendam terlalu lama
Kebiasaan yang sering terjadi beberapa diantara kita malah merendam pakaian yang akan di cuci terlalu lama. Wah bila ini anda lakukan bisa anda bayangkan aroma yang tercium dari pakaian tersebut.

4. Habis makan, piring segera di cuci
Ayo... habis makan segera cuci piring, jangan biarkan piringnya nganggur di tempat cuci piring. Sisa makanan yang tidak anda cuci akan menimbulkan aroma yang tidak sedap bila dibiarkan dalam waktu yang lama.

Bila sudah demikian maka anda harus mencucinya dengan agak lama, agar lemak yang menempel dan sisa makanan bisa dibilas dengan baik.

5. Minum air putih
Bila ingin hidup sehat maka anda harus banyak mengkonsumsi air putih. Banyak para pakar kesehatan mengatakan kalau kita membutuhkan minimal 8 gelas air putih setiap harinya.

Cobalah anda memulai dari hal yang kecil sehingga kesehatan anda pun bisa terjaga.

6. Berkebun di halaman rumah
Kalau anda bertanya apakah rumah admin bagus? Tentu saya akan menjawab, rumah saya biasa-biasa saja.

Rumah akan tampak indah apabila kita merawatnya. Nah, salah satunya adalah berupaya senantiasa menanaminya dengan tumbuhan. Berkebun adalah salah satu aktivitas yang tidak hanya akan mempercantik rumah anda tetapi juga bisa menumbuhkan kesehatan bagi pemiliknya.

Anda bisa lihat,  bila halaman rumah penuh dengan tumbuhan hijau, pastinya akan memberikan kesegaran pada kita. Udara bersih dan suasana sejuk akan memberikan energi positif bagi kesehatan anda.

7. Cuci tangan sebelum makan!
Ya... tangan merupakan bagian tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Untuk itu sebelum anda makan maka cuci tangan dengan sabun terlebih dahulu.

Kebiasaan mencuci tangan sebelum makan dengan sabun harus dibiasakan pada seluruh keluarga. Jangan sampai, makanan sudah sehat, alat makan juga sudah sehat tapi tangan anda kotor.

Kalau sudah demikian, tentu bukannya kesehatan yang anda dapatkan. Malah menjadi sarang penyakit.


Kesimpulan


Bau tidak sedap bisa menjadi sarang kuman dan bakteri yang pada akhirnya akan merugikan diri kita sendiri. Hal ini bisa dihindari dengan melakukan tindakan pencegahan yang ringan dan mudah, asalkan disiplin saja.

Nanti-nanti ini berujung pada besok, dimana bau sisa makanan sudah menyeruak kemana-mana dan tidak enak dihidung. Disinilah peran disiplin diri, jika sudah selesai makan, piring dan perabotan lain langsung dicuci agar bersih.

Semua ini bisa dilakukan di rumah dan hasilnya rumah menjadi nyaman ditempati dan tamu yang datang pun betah.

Sebagai tuan rumah, pasti senang dong kalau tamu betah berkunjung..

0 Response to "7 Kebiasaan Kecil di Rumah yang Dapat Menjaga Kesehatan Kita "

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel