Langsung ke konten utama

Cara Membuat Katrol dari Kardus

Cara membuat katrol tetap dari kardus - Sahabat pembaca yang sedang mengunjungi blog RIYANPEDIA.com saya ucapkan selamat datang.

Kali ini saya akan membagikan sebuah trik dalam memberikan pengalaman pembelajaran pada siswa kelas 5 SD tentang cara membuat katrol  tetap dari barang-barang yang mudah diperoleh dan aman bagi anak.

Bagaimana langkah-langkahnya, berikut akan saya deskripsikan secara singkat, dan semoga tanpa saya sertakan dengan gambar tiap langkah dalam membuat katrol tetap anda bisa memahaminya.

Sebelum membuat katrol tetap sederhana anda harus menyiapkan beberapa bahan dan alat agar proses pembuatan katrol bisa berjalan dengan lancar. Adapun bahan dan alat yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut :

Adapun alat dan bahan pembuatan katrol adalah :

  1. tutup botol air kemasan
  2. kardus bekas
  3. Gunting / katter
  4. Lem multiguna (Maaf saya dilarang menyebutkan merek disini, takut nanti dibilang promosi. Kalau sahabat mau promosikan iklan disini saya berikan dengan harga cuma-cuma.
  5. Benang atau tali nilon atau apa saja boleh yang penting jangan pakai tali plastik. 

Setelah alat dan bahan membuat katrol sudah lengkap, selanjutnya kita akan langsung eksekusi tahap pembuatan katrol.


Langkah-langkah membuat katrol dari kardus bekas

Langsung saja sahabat cara membuat katrol dengan kardus bekas cukup mudah sekali, adapun caranya adalah sebagai berikut :

1. Buat dua buah lingkaran pada kardus bekas dengan diamater sesuai dengan keinginan anda, tetapi saya sarankan gunakan diameter 5 - 10 cm. 

2. Potong lingkaran tadi dengan menggunakan katter. Selanjutnya lubangi lingkaran kardus tersebut dengan menggunakan paku. Ingat lubangnya jangan terlalu besar ya. (*hehehe..... :)

3. Kardus yang sudah dilubangi tadi biarkan dulu sobat. Selanjutnya ambil tutup botol air minum kemasan. Kemudian lubangi dengan paku. 

4. Setelah itu ambil sebuah sedotan air mineral. Tusukkan sedotan air mineral pada kardus yang berbentuk lingkaran. 

5. Olesi tutup botol dengan lem kemudian rekatkan dengan kertas kardus tadi. Kemudian olesi juga pada bagian lainnya lalu rekatkan dengan kardus berbentuk lingkaran. Nah sudah jadi deh katrolnya.

Bila langkah anda benar maka katrol sederhana bisa digunakan untuk pembelajaran di sekolah dasar.
Berikut ini adalah katrol hasil buatan siswa kelas V. Meskipun sederhana yang penting sarat makna.

Selamat mencoba. !

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar