Cara Membuat Magnet Buatan Sederhana

Magnet merupakan benda yang sangat unik. Keunikannya terletak dari kemampuannya untuk menarik benda yang terbuat dari logam. Benda yang dapat ditarik oleh magnet disebut dengan nama benda Feromagnetik.

Magnet sebenarnya ada yang terbuat dari alam sehingga disebut magnet alam. Di beberapa tempat mungkin bisa diketemukan adanya magnet alam.

Magnet alam diketahui orang sejak zaman Yunani Kuno. Pada waktu itu, bahan magnet banyak ditemukan di daerah Magnesia (Gunung Ida). Magnet di Gunung Ida ditemukan oleh seorang penggembala yang heran terhadap tongkat besi yang dibawanya. Tongkat tersebut tertarik oleh tanah dan sulit (berat) sekali diangkat. Dari kejadian tersebut, penggembala menjadi penasaran kemudian menggali tanah yang menyebabkan tongkatnya tertarik ke tanah.        
                                         
Ternyata, di dalam tanah dia hanya mendapatkan lapisan batu besar berwarna hitam. Dari sana ia tahu bahwa yang menarik tongkatnya adalah batu hitam tersebut, yang sekarang dikenal sebagai magnet alam.

Di samping magnet alam, sebenarnya kita sendiri bisa membuat magnet. Magnet tersebut dikenal dengan nama magnet buatan. Caranya tidak terlalu sulit untuk membuat magnet buatan. Cuma anda harus benar-benar serius dan sabar dalam mencobanya.

Cara membuat magnet buatan ada tiga jenis, yaitu ; cara menggosok, cara induksi dan cara elektromagnetik. Baiklah sahabat pembaca kali ini langsung saja akan saya paparkan bagaimana cara pembuatan magnet tersebut.

1. Cara membuat magnet dengan menggosok

Membuat magnet buatan dengan cara yang pertama ini sangat mudah. Caranya anda tinggal menyediakan bahan satu buat magnet, sepaku besar dan beberapa paku kecil.

Selanjutnya anda tinggal menggosokkan saja magnet tersebut pada patang sepaku besar. Ingat menggosok magnet harus searah. Misalnya anda gosok ke kiri, maka terus kekiri jangan kanan dan kiri.

Setelah paku besar digosok dengan magnet beberapa menit, lalu anda pun bisa menempelkan paku besar tersebut pada paku kecil. Lihat apakah yang terjadi?

Ya... kalau langkah yang anda lakukan benar dalam membuat magnet buatan, maka sepaku besar tadi akan menjadi magnet dan mampu menarik paku kecil. Cukup mudah bukan?

2. Cara membuat magnet dengan induksi

Sesuai dengan namanya membuat magnet dengan induksi, atau aliran. Maka alat yang harus anda sediakan untuk membuatnya adalah  magnet, paku besar dan paku kecil. "Wah, sama dengan yang tadi?"

Ya, memang sama namun ada sedikit cara yang berbeda dalam membuatnya. Langkah pertama anda harus mendekatkan magnet tersebut dengan Batang sepaku besar. Kemudian paku besar didekatkan dengan paku kecil.

Dan... Kalau cara Anda benar maka paku kecil akan menempel pada paku besar. Inilah yang dimaksud dengan induksi.  Ada aliran gaya magnet pada barang paku sehingga bisa menarik paku kecil.

3. Cara membuat magnet dengan elektromagnetik atau aliran listrik

Sedikit berbeda dengan cara membuat magnet sebelumnya. Cara aliran listrik ini menggunakan alat antara lain : batu baterai yang masih bagus, kawat dan Batang paku.

Caranya adalah dengan melilitkan kawat pada batang paku besar. Kemudian ujung kawat di dekatkan dengan baterai. Bila langkah Anda benar, paku yang diikuti kawat tersebut akan menarik paku kecil yang ada di dekatnya.

Cara membuat magnet buatan ini hanya bersifat sementara. Sifat kemagnetan pada benda tersebut tidak bisa bertahan lama.

Bila benda tersebut di bakar atau dipukul-pukul maka sifat kemagnetannya akan hilang.

Bagaimana sahabat, cukup mudah bukan cara membuat magnet buatan. Selamat mencoba dan jangan lupa bagikan artikel ini bila dirasa bermanfaat !

0 Response to "Cara Membuat Magnet Buatan Sederhana"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel