Inilah Bahaya Lain Dari Terlalu Asik Menggunakan Smartphone

Smartphone sekarang ini sudah banyak beredar. Penggunanya pun tidak lagi hanya dari kalangan menangah atas saja. Bahkan tidak juga di dominasi oleh usia tertentu saja. Anda bisa lihat sendiri anak usia sekolah dasar sudah sangat mahir dalam memainkan aplikasi yang ada dalam handphone pintar tersebut.

Menggunakan smartphone memang mengasikkan. Kita bisa berselancar di dunia maya untuk mencari apa yang kita inginkan. Mulai dari sesuatu yang bersifat hiburan, pengetahuan, tips, berita, produk jualan dan lain sebagainya. Yang paling lumrah digunakan oleh masyarakat sekarang ini adalah bermain jejaring sosial media.

Banyak kita temukan di tempat-tempat umum diperkotaan yang menawarkan wifi gratis. Dengan adanya layanan tersebut pengguna smartphone semakin dimanjakan oleh fasilitas tersebut. Pengguna smartphone kian asik menggunakan perangkat mereka masing-masing.

Terkadang keasikan tersebut membuat pemiliknya kadang mengalami sesuatu yang fatal. Berikut ini akan saya sajikan bahaya lain dari terlalu asik menggunakan smartphone.

1. Tidak Tahu Isi Pembicaraan

Ini sering dialami bagi para pengguna smartphone yang selalu menggunakan perangkatnya tanpa melihat situasi. Dalam ajang rapat atau seminar misalnya usahakan anda jangan sampai keasikan sendiri bermain smartphone.

Ujung-ujungnya anda tidak akan mengetahui apa isi rapat atau bagaimana materi yang disajikan dalam seminar.

Bila sudah seperti ini tentu bukan orang lain yang akan pertama mengalami kerugian, anda sendirilah yang akan merasakan sisi pahitnya.


Jadi gunakan smartphone sesuai dengan tempat dan situasinya.

2. Jatuh dari tangga

Mungkin anda akan berpikir, apa hubungannya dan kok bisa ?

Jelas, bagi orang yang maniak dengan smartphone tentu tidak akan melihat situasi di sekelilingnya. Termasuk ketika berjalan turun atau menaiki anak tangga.

Salah menginjakkan kaki karena mata dan pikiran terfokus pada layar 5 inch, maka gubrakkk !!!!!!
terjatuhlah saya dari anak tangga. Untuk tidak mengalami luka-luka.

Itu adalah pengalaman saya sendiri semoga sahabat pembaca tidak mengalami dan melakukan hal yang sama seperti saya ini.


3. Kecelakaan 

Tentu yang namanya kecelakaan bisa disebabkan karena nasib bisa juga karena faktor kelalaian. Sering saya lihat anak muda yang super gaul, ketika berkendara sepeda motor yang nota bena motor bebek tahun dodol, malah asih bermain smartphone.

Cengar-cengir membaca timeline atau status teman dan mungkin sebuah komen dari status berita hoax. Ia lupa bahwa saat itu sedang berkendara di jalan raya.

Alhasil, karena konsentrasi terbagi dua, maka seketika ada sesuatu di depannya tentu tidak bisa menghindar lagi karena kemudi yang dipegang hanya menggunakan satu tangan.

Yah, tentu saja tak pelak motor pun menyeruduk kendaraan di depannya. Untuk saja tidak tercadi sesuatu yang membahayakan. Hanya motor yang agak lecet sedikit.

Inilah bahaya karena terlalu asik menggunakan smartphone sampai lupa akan situasi dan kondisi dimana kita berada dan sedang apa kita saat itu.


4. Tidak peduli disekeliling kita

Pengalaman ini saya alami sendiri. Kala itu sedang menunggu motor bebek saya yang masih di service biar larinya serasa motor Valentino.

Seperti biasa para coutomer pun berjubel di ruang tunggu sambil menunggu tunggangan masing-masing selesai di cek up oleh dokter spesialisnya.

sembari menunggu dari 6 orang yang ada di ruang tunggu tak satupun ada  yang bertegur sapa. Semua pada asik menggunakan smartphone masing-masing.

Dan seketika sebuah sepeda motor pun selesai di service oleh montir. Saya pun melihat motor tersebut. Karena merasa bukan milik saya jadi saya kembali melanjutkan membaca koran yang tergeletak di meja ruang tunggu.

Selang beberapa jam selesailah motor saya di service. Kemudian seorang costemer pun bertanya pada saya. "Lho kok Bapak sudah selesai duluan, padahal motor saya sudah pertama daftar disini"

Saya pun bertanya "Motor Bapak yang mana, coba cek di ruang depan. Sepertinya sudah ada motor dari sejam lalu dah selesai "

Ia pun menghampiri dan ternyata benar itu adalah motor miliknya.

Dalam hati saya pun berpikir, ternyata asik main smartphone bisa membuat orang lupa daratan. Malah asik melayang di dunia maya.

Smartphone hendaknya digunakan secara bijak, bila kurang bijak ya anda bisa lihat sendiri bagaimana akibatnya.

0 Response to "Inilah Bahaya Lain Dari Terlalu Asik Menggunakan Smartphone"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel