Langsung ke konten utama

Langkah dan Manfaat Metode Kuis Dalam Pembelajaran

Langkah dan Manfaat Metode Kuis Dalam Pembelajaran –Kegiatan pembelajaran yang dilakukan guru di kelas kadang dirasa kurang menarik oleh siswa. Hasilnya jelas kemampuan siswa dalam menyerap materi pelajaran tidak berjalan dengan maksimal. Kondisi ini tentunya akan menjadi perhatian penuh bagi guru. Mencari penyebab siswa kurang menarik terhadap proses pembelajaran dan menemukan jalan keluar untuk mengatasi masalah tersebut adalah salah satu jalan profesionalisme guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran.

Tidak ada metode pembelajaran yang terbaik yang dilakukan dalam kegiatan pembelajaran. Semua metode baik dan tepat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Yang membedakannya hanya bagiamana guru mampu menggunakan metode tersebut dengan maksimal.

Salah satu metode yang bisa diggunakan untuk meningkatkan semangat siswa dalam berkompetisi dan bekerjasama sekaligus melatih ketangkasan siswa adalah dengan metode kuis. Saya yakin semua Sahabat Pembaca sudah terbiasa sekali dengan kuis dalam kegiatan pembelajaran. Namun, apakah sudah efektif sobat menggunakan metode tersebut.

Berdasarkan pengalaman saya dalam kegiatan pembelajaran di kelas dengan metode kuis ini, untuk memperoleh hasil yang masimal dilakukan dengan beberapa tahapan tahapan kegiatan.

1. Mempersiapkan siswa
Sebelum kegiatan pembelajaran dengan metode kuis maka guru harus mempersiapkan siswa terlebih dahulu. Kesiapan mental dilakukan dengan melakukan apersepsi yang menarik perhatian siswa. Seperti  mengajak siswa untuk bernyanyi, mengajak siswa mengingat kembali materi yang sudah dipelajari sebelumnya.  Tahapan selanjutnya siswa dibentuk menjadi beberpa kelompok heterogen, baik dari jenis kelamin dan kemampuan.

2. Siswa membaca materi selama beberapa menit terlebih dahulu. Tentunya materi yang  dipelajari adalah materi untuk satu KD. Guru melakukan pendampingan ketika siswa mempelajari materi yang sedang dipelajari siswa.

3. Setiap kelompok mengambil nomor undian kuis. Kemudian suasana kelas dirubah menjadi arena kuis sebenarnya. Masing-masing kelompok diberi nomor kelompok.

4. Guru memulai kuis pada umumnya. Soal yang diberikan adalah materi untuk KD yang telah dibaca siswa.

5. Ketika semua kelompok tidak mampu menjawab selanjutnya guru baru menjelaskan pemecahan atas soal tersebut.  Siswa menyimak jawaban setiap kelompok

6. Guru menutup kegiatan pembelajaran dengan memberikan reward atas siswa / kelompok yang mampu berhasil dengan baik dalam kuis tersebut.

7. Guru memberikan evaluasi secara individu kepada siswa.

MANFAAT METODE KUIS DALAM PEMBELAJARAN 

1. Melatih siswa untuk berpikir cepat
Kemampuan berpikir cepat sangat penting sekali dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang kita diposisikan dalam seuatu masalah yang membutuhkan penyelesaian dengan cepat. Melalui metode kuis ini anak dilatih untuk berpikir cepat.

2. Menumbuh kembangkan sikap percaya diri siswa
Rasa percaya diri sangatlah penting. Dalam pengambilan keputusan seseorang harus senantiasa memiliki percaya diri. Dengan metode kuis, maka siswa dilatih untuk senantiasa memiliki rasa percaya diri.

3. Meningkatkan aktivitas siswa 
Melalui metode kuis, semua anak akan aktif dalam pembelajaran. siswa akan aktif menjawab dan menemukan penyelesaian atas soal yang disampaikan.

4. Menambah daya tarik pembelajaran
Guru yang hanya mengandalkan ceramah saja ketika mengajar, tentu akan membuat siswa cepat bosan. Apalagi kalau gurunya tidak mahir dalam membuat humor, maka siswanya pun akan kurang antusias.

5. Melatih siswa berkompetisi secara sehat
Dalam kehidupan ini pastilah kita senantiasa berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Tentunya dalam setiap kompetisi tersebut haruslah dilaksanakan dengan sehat tanpa kecurangan. Dengan pembelajaran metode kuis ini, guru memiliki banyak celah untuk melatih siswanya agar senantiasa menjadi pribadi yang bersaing dengan sehat.

Demikian tulisan sederhana ini, dikirim oleh Sahabat Pembaca

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar

  1. kak, untuk bukunya ada apa tidak yaa? butuh banget pengertian kuis macam-macam, jenis dan manfaat nya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk metode pembelajaran saya kira di beberapa media sudah anda Mbak. untuk metode kuis intinya kita menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, guru bisa membuatnya dengan kreativitas masing-masing. jadi untuk buku secara khusus, saya belum memilikinya Mbak.

      Hapus

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !