Lima Hal yang Membuat Siswa Bosan Di Sekolah

Kebosanan. Perasaan yang satu ini bisa saja hinggap di semua orang. Tidak terkecuali siswa di sekolah. Bosan di sekolah tentu merupakan sebuah sikap yang patut dihindari kemunculannya dalam diri siswa. Bila sudah siswa bosan ke sekolah atau di sekolah, tentu apa yang menjadi program sekolah tidak akan berjalan dengan baik.

Bosannya siswa di sekolah pasti bisa dirasakan oleh guru. Semua itu bisa disebabkan oleh hal-hal tertentu. Mungkin saja beberapa sahabat pembaca memiliki temuan lain yang membuat siswa anda bosan di sekolah, bahkan hingga mereka tidak sekolah berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Artikel saya kali ini akan membagikan hal yang membuat siswa bosan di sekolah dan cara menanganinya. Tentu semua ini hanyalah berdasarkan pengalaman saya sendiri, yang kemungkinan sudah pernah anda lakukan sebelumnya di lingkungan kerja anda sendiri.

Berikut ini lima hal yang membuat siswa merasa bosan di sekolah yang saya temukan berdasarkan pengalaman saya sendiri di sekolah :

Pertama, Siswa memiliki kemampuan yang kurang dari teman-temannya. Siswa yang lambat akan merasa risau ketika belajar di kelas.

Acapkali ada pelajaran yang dirasa sulit, maka siswa tersebut kurang berkonsentrasi pada pelajaran. Dan ketika melihat temannya mampu menyelesaikan tugas yang diberikan, pada saat itu siswa yang lambat juga akan merasa tertekan.

Kondisi ini akan membuat siswa bosan di sekolah dan malah enggan untuk kembali ke sekolah karena merasa dirinya kurang mampu di kelas.

Kedua, Kondisi siswa yang lambat tadi apabila tidak ditangani dengan baik oleh guru akan menambah perasaan yang tertekan pada siswa dalam belajar di sekolah.

Siswa lambat dalam belajar tidak mendapat perhatian maksimal oleh guru tentu akan membuat kelambatan belajar tersebut semakin menjadi-jadi.

Kita tidak bisa pula menyalahkan begitu saja guru yang mengajar. Kita bisa lihat guru juga manusia, dan siswa yang dilayani mereka sangat beragam. Mulai dari bakat, minat, kemampuan dan latar belakang sosial anak yang berbeda.

Namun sebagai guru yang profesional itu semua harus dilakukan dengan baik dan semaksimal mungkin.

Ketiga, Pembelajaran yang diciptakan guru kurang menarik dan menantang. Kita pasti sepakat pengalaman kita di waktu sekolah dulu.

Rasa ngantuk sering muncul manakala guru yang mengajar hanya ceramah melulu.
Demikian pula siswa sekarang ini, mereka gampang bosan bila belajar hanya diceramahi saja.
Coba anda lihat bagaimana antusias mereka ketika melihat, sebuah tutorial cara membuat kerajinan anyaman atau video bagaimana proses terjadinya hujan.

Dari gambaran tadi jelas kalau saat ini, mengajar hanya mengandalkan ceramah akan menurunkan tingkat konsentrasi siswa dalam belajar.

Apalagi bila guru yang di mengajar kurang terampil dalam membuat pembelajaran yang manarik dan penuh dengan humor.

Keempat, Kekerasan yang dialami siswa di sekolah. Kekerasan bisa terjadi dimana saja, tidak terkecuali di sekolah.

Bila siswa mengalami keadaan seperti ini, tidak hanya membuat siswa tersebut bosan di sekolah dan ke sekolah tetapi juga malah membuat mereka benar-benar ketakutan.

Kekerasan bisa saja bersumber dari siswa lainnya atau juga dari guru di sekolah.
Inilah yang menjadi perhatian dan tanggung jawab bersama untuk menjaga siswa dari kekerasan di lingkungan sekitar siswa.

Kelima, rasa malas yang sudah berarkar dalam diri siswa karena pengaruh lingkungan sekitar. Situasi ini mungkin pernah dialami beberapa guru. Siswanya tidak sekolah berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Guru pun sudah mendatangi siswa tersebut langsung ke rumahnya. Setelah bertemu dengan orang tua siswa, ternyata orang tuanya pun tidak mampu membujuk anak tersebut untuk bersekolah.

Selidik-diselidiki semua itu terjadi karena siswa yang sudah mulai bergaul dengan anak-anak yang tidak sebaya dengan mereka. Alhasil siswa tersebut terjerumus ke dalam pergaulan yang salah.

Apalagi ditambah dasarnya anak tersebut memang sudah malas untuk ke sekolah.

Menghadapi siswa seperti ini, guru harus senantiasa sabar dan melakukan pendekatan secara personal kepada siswa tersebut. Berikan perhatian yang tulus dan ajak mereka bicara. Dengan cara ini, akan memberikan kedekatan pada siswa yang berujung pada kesadaran siswa tersebut akan arti pentingnya sekolah.

Demikian artikel sederhana kali ini, semoga bisa memberikan manfaat bagi sahabat pembaca semua. masukan dan komentar silahkan anda tulis pada kolom yang sudah kami sediakan di website ini.
Salam pendidikan !

0 Response to "Lima Hal yang Membuat Siswa Bosan Di Sekolah"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel