Mendisiplinkan Siswa Dengan 3 Cara Sederhana Langsung ke konten utama

Mendisiplinkan Siswa Dengan 3 Cara Sederhana

Mendisiplinkan Siswa Dengan 3 Cara Sederhana

RIYANPEDIA.com - Mendidik siswa di sekolah sudah merupakan tanggung jawab guru. Berbagai metode dan strategi pastinya dilakukan oleh guru untuk menciptakan pegetahuan, sikap dan keterampilan siswa sesuai dengan harapan dari orang tua, sekolah dan tuntutan kurikulum dari pemerintah. 

Banyak kendala yang ditemui guru dalam mendidik siswa di sekolah. Tidak hanya dari segi upaya meningkatkan kemampuan kognitif siswa tetapi juga sikap siswa itu sendiri. Karena berbicara masalah mendidik bukanlah berbicara masalah anak yang pintar kognitif saja, namun harus seimbang antara pengetahuan, sikap dan keterampilan.

Salah satu hambatan yang kadang di alami oleh guru di sekolah adalah dalam hal mendisiplinkan siswa. Semasih siswa duduk di kelas awal, mungkin disiplin siswa masih bisa dikendalikan. Dengan mudah kita bisa mengarahkan siswa untuk bersikap disiplin. Misalnya, tidak ribut di kelas ketika guru belum datang, mengerjakan tugas dengan baik, tidak sering terlambat tiba di sekolah, selalu tepat waktu mengumpulkan tugas yang diberikan. 

Namun, ketika siswa sudah menginjak usia kelas tinggi, sikap siswa untuk berdisiplin terkadang sulit untuk dikendalikan. salah satu penyebab adalah dari pergaulan anak dan lingkungan anak. Anak yang sudah menginjak kelas tinggi, mereka sudah lebih bisa mengakses beberapa media, yang tentunya memberikan informasi yang kurang pas, demikian juga dengan pergaulan. Ketika anak sudah menginjak kelas tinggi, mereka sudah mampu memiliki ruang pejelajahan yang lebih luas. Akses lingkungan bermain mereka lebih banyak lagi bila dibandingkan saat mereka duduk di kelas rendah. Inilah situasi yang membuat siswa kadang lupa akan tugas dan kewajiban mereka sebagai seorang siswa.

Saya yakin para sahabat pembaca senantiasa sudah melakukan berbagai upaya dalam mendisiplinkan siswa. Kali ini saya akan membagikan tips sederhana dalam mendisiplinkan siswa, yang saya rangkum dari berbagai sumber.

1. Melakukan pendekatan dengan siswa

Saya yakin sahabat pembaca tentu memiliki jumlah siswa yang sangat banyak. Apalagi di sekolah perkotaan, bisa dibayangkan mengelola siswa dengan jumlah yang lebih dari 20 orang dengan segala potensi dan minat yang berbeda yang dimilikinya.

Namun, untuk mendisiplinkan siswa anda harus melakukan pendekatan secara personal kepada mereka. Dengan melakukan pendekatan secara personal, anda akan mengetahui segala keinginan dan masalah yang dialami oleh siswa, sehingga penyelesaian yang anda berikan akan lebih tepat.

2. Janjikan Imbalan dan hukuman
Penting pula bagi anda untuk memberikan imbalan ketika siswa mampu melakukan sikap disiplin yang diharapkan. Demikian pula sebaliknya, ketika siswa melakukan sebuah pelanggaran maka sudah sepatutnya siswa diberikan hukuman, namun dengan catatan janhan memberikan hukuman fisik.

Siswa pula diberikan pemahaman bahwa bukan harus berbuat disiplin untuk meraih imbalan dan tidak semua pelanggaran diberikan hukuman. Yang terpenting adalah bagaimana siswa memahami akan tugas dan tanggung jawab mereka.

3. Cinta kasih
Semua akan terwujud dengan cinta kasih. Sebagai seorang guru, Anda harus senantiasa memberikan kasih kepada mereka. Pastinya dengan kasih sayang , siswa akan lebih peduli dan menurut apa yang guru sampaikan. Tidak menutup kemungkinan siswa akan menurut untuk senantiasa bersikap disiplin dalam kehidupan sehari-hari.

Demikian artikel singkat kali ini, semoga artikel parenting ini bisa memberikan manfaatnya bagi Anda dalam mewujudkan motivasi disiplin yang tinggi bagi siswa di sekolah. Wasalam !

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar