Pengawasan Penggunaan Dana BOS Dilakukan Oleh Semua Warga Sekolah

Pengawasan Penggunaan Dana BOS Dilakukan Oleh Semua Warga Sekolah- Berbicara tentang pembiayaan terhadap kegiatan yang ada di sekolah, pastinya tidak bisa kita lepas dari adanya Biaya Operasional Sekolah atau yang lebih dikenal dengan nama BOS.

Layaknya seorang Bos, bantuan yang dilakukan oleh BOS terhadap kemajuan sekolah memang sangat dirasa begitu bermanfaat bagi kelancaran kegiatan sekolah. Tentunya anda masih ingat bahwa besaran dana BOS yang diterima oleh setiap sekolah tidak sama. Untuk sekolah dasar besaran BOS yang diperoleh ditentukan oleh jumlah siswa di sekolah tersebut. Perhitungannya dana BOS yang diterima sekolah adalah  jumlah siswa x 800 ribu rupiah. 

Untuk memperlancar dan tepat sasaran alokasi biaya yang dikeluarkan oleh BOS, maka sekolah harus menyusun RKAS ( Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah ) yang dijadikan pedoman bagi sekolah dalam menjalankan uang BOS.


RKAS yang sudah disusun harus dilaksanakan dengan baik oleh sekolah. Bendahara selaku pemegang keuangan jangan sampai meleset dalam merealisasikan anggaran. Yang nantinya akan dipertanggung jawabkan oleh kepala sekolah.

Pengtingkah Pengawasan Anggaran Dana BOS?

Pengawasan realisasi dana BOS bisa dilakukan oleh seluruh warga sekolah. Guru dan siswa memiliki hak untuk mengetahui dipergunakan untuk apa saja dana BOS tersebut. Untuk itulah pentingnya melakukan komunikasi antara warga sekolah, pengelola BOS dan kepala sekolah mengenai realisasi dana BOS.

Pengawasan dalam realisasi dana BOS yang dilakukan oleh warga sekolah akan menjadikan program yang telah disusun dalam RKAS tepat sasaran dan tidak ada penyelewengan.

Guru bisa ikut melakukan pengawasan dengan senantiasa memantau realisasi dana BOS. Atau bisa juga guru ikut serta dalam rapat pembelian barang dan perubahan anggaran. 

Pihak pengelola BOS dalam hal ini, kepala sekolah dan bendahara senatiasa  menyampaikan kepada siswa tentang kegiatan yang dilakukan sekolah serta pendanaannya. 

Disamping itu, akuntabilitas laporan harus selalu dipegang teguh pengelola BOS. 

Biasakan anda menempel rencana kegiatan dan realisasi dari dana BOS tersebut. 

Usahakan menempelkan pada tempat yang mudah dibaca oleh seluruh warga sekolah dan bila perlu orang tua siswa pun berkesempatan mengakses informasi tersebut. 

Dana BOS bila dilaksanakan dengan baik oleh sekolah pastinya akan membawa sekolah tersebut menjadi lebih maju. Pentingnya kejujuran dalam melakukan realisasi dan ketepatan sasaran dalam melaksanakan program sekolah tentu akan berujung pada sekolah dan kualitas lulusan. 

Menjadi bendahara BOS memang bukanlah pekerjaan yang mudah. Salah sedikit dalam melaksanakan dana BOS bisa berakibat fatal. 

Maka dari itu pentingnya kedisiplinan dan ke jujuran bendahara dalam melaksanakan tugasnya akan mempercepat laporan pertanggung jawaban dan tidak adanya penyelewengan anggaran. 

Hal sederhana yang bisa dilakukan bendahara bos agar laporan bisa selesai tepat waktu adalah segera meng' SPJ realisasi dari dana BOS. 

Demikian artikel sederhana yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga tulisan sederhana ini memberikan inspirasi bagi kita semua. 

Wasalam !!!

1 Response to "Pengawasan Penggunaan Dana BOS Dilakukan Oleh Semua Warga Sekolah"

  1. woww pembahasannya sangat bagus dan menjadi referensi kami sebagai mahasiswa:D makasih om

    BalasHapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel