Teknik Persiapan Memberikan Ulangan Harian Untuk Hasil Maksimal

Ulangan harian merupakan proses penilaian yang dilakukan oleh guru kepada siswa, yang dilaksanakan setelah menuntaskan satu atau dua buah kompetensi dasar. Ulangan harian juga  sebagai indikator untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam memahami materi yang telah dipelajari dan mengetahui sejauh mana keberhasilan guru dalam mengajar di kelas.

Setiap hasil dari kegiatan ulangan harian tentu guru berharap seluruh siswanya mampu meraih hasil maksimal, atau paling tidak perolehan ulangan harian siswa mencapai batas ketuntasan minimal. Harapan dan kenyataan terkadang tidak bisa sejalan, ulangan harian yang diberikan kepada siswa acapkali kurang maksimal. Meskipun dalam kegiatan pembelajaran guru sudah memberikan pendampingan kepada siswa dengan baik. Menyikapi hal ini tentu semua guru sudah berupaya sekuat tenaga dengan segala daya dan upaya yang sudah dilakukan.

Disini saya hanya berbagi pengalaman bagaimana mempersiapkan kondisi siswa sebelum melakukan ulangan harian, agar perolehan nilai siswa dapat semaksimal mungkin. Memang tidak serta merta setiap kali ulangan harian, maka seluruh siswa harus mendapat nilai 100.  Kita harus menyadari bahwasannya setiap anak memiliki kemampuan yang saling berbeda. Tips yang saya bagikan disini paling tidak dapat meningkatkan perolehan banyak siswa yang mampu menuntaskan materi yang akan di berikan ulangan.

Teknik Persiapan Memberikan Ulangan Harian untuk Hasil Maksimal


Pertama ,  Untuk mempersiapkan siswa menghadapi ulangan maka pembelajaran harus anda laksanakan dengan optimal. Tahapan demi tahapan pembelajaran harus dilaksanakan. Mengajarkan materi kepada siswa, mulailah dari yang mudah kemudian beranjak ke hal yang sulit. Dari yang konkret bergerak ke hal yang abstrak. Pembelajaran pun dilakukan dengan memperhatikan siswa yang mengalami kesulitan, maka segera diberikan pembelajaran remidial.

Kedua, Senantiasa melatih siswa untuk melakukan review kembali pembelajaran yang sudah dilakukan. Guru bisa melakukan pada waktu memulai pembelajaran atau bisa juga di akhir pembelajaran. Tidak hanya itu, guru bisa melakukan game sebelum masuk kelas, dengan game berupa kuis yang bertujuan untuk mengingatkan kembali siswa pada materi yang sudah dipelajari sebelumnya.

Ketiga, Persiapan yang ketiga bisa anda lakukan dengan melakukan penilaian diri kepada siswa sebelum ulangan harian dimulai. Guru membuatkan kuisioner yang berisikan penilaian diri siswa terhadap kepercayaan diri siswa akan penguasaan materi atau kompetensi dasar yang akan diujikan. Penilaian diri ini nantinya akan menentukan apakah guru akan mengulang materi tersebut, atau melakukan ulangan harian. Bila secara umum siswa telah yakin dan mantap akan penguasaan materi, maka guru melakukan ulangan harian. Sebaliknya jika belum, maka guru akan menunda untuk melakukan ulangan harian.

Keempat, kisi-kisi ulangan harian usahakan dibuat agar apa yang diharapkan dikuasai siswa dapat terukur dengan baik. Penyebaran soal harus merata, mulai dari yang mudah, sedang hingga yang sukar. Dengan perbandingan 1:2:1.

Demikian sahabat pembaca artikel sederhana yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat !

0 Response to "Teknik Persiapan Memberikan Ulangan Harian Untuk Hasil Maksimal"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel