Tips Cara Menjaga Kelas Agar Siswa Tertib dan Kondusif

Tips Cara Menjaga Kelas Agar Siswa Tertib dan Kondusif - Sahabat Pembaca dimanapun anda berada, senang sekali saya bisa berbagi tulisan kembali di tengah kesibukan anda menjalankan tugas sebagai pendidik atau guru tentunya. Sejatinya guru itu tidak hanya guru di sekolah saja, orang tua di rumah pun merupakan guru yang melakukan pendidikan awal kepada buah hatinya.

Kembali Sahabat Pembaca kita pada permasalahan guru yang mengajar di sekolah. Sudah barang tentu beragam masalah dihadapi di sekolah. Dan saya yakin, sahabat yang menjadi guru pasti sudah melakukan yang terbaik dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar di kelas.

salah satu masalah yang paling umum diketemukan dalam proses pembelajaran di kelas adalah menjaga ketertiban kelas agar proses pembelajaran bisa berjalan dengan kondusif.

Mungkin sahabat yang dulu sebagai siswa juga pernah seperti ini, menjadi anak yang bandel dan sulit dinasehati. Bahkan ketika guru mengajar pun masih ada siswa yang malah asik melakukan kegiatan bersama teman lainnya. Padahal apa yang disampaikan oleh guru di kelas adalah suatu materi yang sangat penting. Berikut ini, saya akan membagikan tips singkat tentang cara menjaga agar siswa lebih tertib dan pembelajaran yang kondusif.

1. Jadilah guru yang sabar dan senantiasa tegas

Mendampingi anak-anak belajar tentu bukanlah hal yang mudah. Salah dalam menanganinya akan membuat suasana belajar tidak kondusif seperti kegaduhan. Mendidik sejumlah anak dengan latar belakang yang berbeda, bukanlah masalah yang mudah. Kesabaran anda sebagai guru sangat diuji. Anda tidak boleh terlalu longgar kepada anak dalam proses pembelajaran. Tetap sabar namun  tegas akan tingkah siswa. Bila siswa bandel dan mengganggu proses belajar, maka anda pun harus menegur siswa tersebut.

2. Melaksanakan pembelajaran dengan multi media ( berbagai media)

Dalam setiap pembelajaran tentunya menumbuhkan minat siswa untuk belajar sangatlah penting. Bila siswa begitu berminat dalam kegiatan belajar, maka proses belajar juga akan berjalan dengan tertib dan kondusif. Siswa akan menyimak kegiatan pembelajaran, apabila anda bawakan mereka media yang membantu proses pembelajaran. Media slide, video, tape, gambar atau media lainnya yang bisa siswa manipulasi atau perhatikan.

3. Mengajar dengan metode yang bervariasi.

Cara menjaga pembelajaran yang tertib berikutnya adalah dengan mengajar dengan metode yang bervariasi. Kita sepakat bahwa setiap siswa memiliki kemampuan yang berbeda. Mungkin siswa yang satu senang belajar dengan hanya mendengarkan saja. Bisa juga siswa lainnya lebih suka belajar dengan melakukan aktivitas bersama dengan teman-teman. Disinlah kemampuan anda sebagai guru diuji untuk mampu memberikan pelayanan yang baik kepada seluruh siswa.

4. Memberikan hadiah dan hukuman

Model pemberian hadiah dan hukuman bisa anda coba dalam menciptakan situasi yang kondusif dalam pembelajaran di kelas. Ketika siswa mampu menjaga ketertiban dan belajar yang kondusif, maka anda hendaknya memberikan penghargaan kepada siswa tersebut. Sebaliknya ketika siswa melanggar, maka anda harus tegas memberikan hukuman, agar siswa tersebut sadar akan kesalahan yang mereka lakukan. Saya sarankan sedikit, hukuman yang diberikan jangan terlalu memberatkan siswa dan jangan berupa hukuman fisik. Pemberian hukuman ditekankan agar siswa tersebut akan kesalahan yang mereka lakukan.

5. Mengoreksi setiap hari kegiatan siswa yang sudah terlaksana

Sebagai bentuk penghargaan kepada siswa pemberian hadiah adalah mutlak untuk dilakukan. Selain itu melakukan koreksi pada aktivitas siswa baik di kelas maupun di luar kelas setiap harinya akan membuat sikap siswa lebih baik dari hari ke hari. Dengan demikian, ketika siswa belajar maka mereka akan tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

Demikianlah artikel kali ini yang memberikan gambaran dan upaya bagaimana menciptakan agar siswa senantiasa tertib dan proses pembelajaran bisa berjalan dengan kondusif. Semua kembali ke anda semua sebagai guru yang profesional dan tentunya kreatif dalam menciptakan kondisi yang terbaik bagi siswa. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Tips Cara Menjaga Kelas Agar Siswa Tertib dan Kondusif"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel