7 Cara Agar Guru Mempunyai Reputasi Baik

7 cara agar guru mempunyai reputasi baik - Menjadi Guru bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan. Mulai dari pendidikannya yang membutuhkan tingkat keseriusan yang tinggi dan juga mental dari calon guru itu sendiri. Jangan sekali anda yang terjun menjadi guru atau akan menjadi guru menjadikan pekerjaan ini hanya sampingan saja atau batu loncatan karena tidak memperoleh jurusan yang diinginkan.

Guru bukanlah seseorang yang hanya membagikan ilmu semata kepada peserta didiknya, namun dipundak guru tergantung harapan perubahan Budi pekerti dan karakter peserta didiknya untuk tumbuh dan berkembang kearah yang lebih baik secara optimal.

Menjadikan diri anda sebagai sosok guru yang baik mungkin agak sulit. Kenapa demikian, kita sepakat bahwa tidak ada seorang manusia yang tidak bisa luput dari kekurangan dan kesalahan. Namun, bukan berarti dengan alasan itu kita berkelit ketika kita melakukan suatu kesalahan.

Menjadi sosok guru yang memiliki reputasi baik tidak hanya akan membanggakan bagi dirinya sendiri, namun juga akan menjadi panutan bagi peserta didiknya serta inspirasi bagi rekan kerja di sekokah tempat guru bersangkutan mengabdi.

Ada beberapa cara yang bisa kita biasakan untuk melaksanakannya di tempat kerja. Selengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Menjadi guru harus sabar
Sabar.....
Mendengar kata tersebut pasti yang ada di xbenak kita mudah diucapkan namun begitu sulit untuk dilakukan.

Dalam mendidik anak di sekolah, guru memang seharusnya memiliki sifat kesabaran yang tinggi diatas rata-rara orang lain.

Kita sadar kalau siswa yang kita didik memiliki latar belakang yang berbeda. Mulai dari kemampuannya ,ekonominya, pola asuh di rumah, fisik dan mentalnya, serta kesehatannya.

Dengan kondisi seperti ini, guru harus bisa melayani siswanya dengan adil. Dengan segala perbedaan yang dimiliki oleh siswa tersebut, maka disanalah kesabaran guru diuji. Namun, bila guru sukses melakukannya maka reputasi guru akan sangat baik di sekolah maupun di masyarakat.

3. Disiplin dalam menjalankan tugas. 
Disiplin dalam menjalankan tugas memang harus dibudayakan oleh semua orang tidak terkecuali guru.

Tugas guru di sekolah tidak hanya mendidik tetapi juga mempersiapkan segala bentuk administr guru.

Membiasakan diri untuk disiplin memang bukan perkara mudah, butuh komitmen dari yang bersangkutan untuk merubah diri kearah positif.

4. Jangan paksakan peserta didik Anda untuk pintar dalam segala hal, tetapi asah mereka agar mengembangkan potensi yang ia miliki. 
Setiap anak memiliki kemampuan dan potensi yang berneda. Anda sebagai guru harus bijak tidak memaksakan agar semua siswa Anda supaya menjadi anak yang pintar. Lebih bijak lagi Anda mengenali potensi siswa dan mengembangkannya.

5. Mengembangkan diri dengan senantiasa mengikuti forum pendidikan
Sebagai guru sudah seharusnya kita tidak berhenti untuk belajar, Melalui forum pendidikan anda bisa melakukan diskusi dengan sesama teman seprofesi. Melalui kegiatan seperti ini maka potensi anda sebagai guru akan senantiasa terasah dan berkembang.

6. Senantiasa mengevaluasi diri sebagai guru.

Jangan sampai lupa mengevaluasi dirimu sendiri dari dari beberapa guru atau anak didik. Evaluasi diri adalah hal yang sangat penting karena Anda akan dapat membuat dirimu jauh lebih baik dari sebelumnya dari saran orang-orang sekitarmu. Lakukanlah hal ini misalnya setiap kamu selesai mengajar atau di malam hari.

7. Dengarkan anak didikmu, jadilah guru sekaligus sahabat bagi mereka semua!

Anak-anak didiklah yang bisa menilai Anda dengan akurat dibanding orang lain karena mereka telah merasakan bagaimana rasanya diajar oleh Anda. Luangkan waktu setelah mengajar untuk mengobrol dengan murid dan tanyalah bagaimana rasanya diajarkan oleh Anda. Ini dapat dijadikan bahan evaluasi untuk diri Anda sendiri.


0 Response to "7 Cara Agar Guru Mempunyai Reputasi Baik"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel