Cara Melatih Anak Belajar Bersosialisasi

Tumbuh kembang setiap anak sangat berbeda. Baik dilihat dari segi fisik dan mental anak. Tentunya hal ini harus disadari betul oleh orang tua. Jangan sampai kita menuntut hal yang sama atau lebih kepada anak kita untuk bisa menyamai perkembangan teman-temannya.

Salah satu perkembangan yang berbeda dari anak adalah kemampuan anak dalam bersosialiasi. Beberapa anak ada yang menunjukkan rasa takut ketika berada di lingkungan yang baru. Ketakutan tersebut terlihat dari ketika anak tersebut tidak mau beranjak dari pangkuan anda dan dan bermain dengan anak-anak seusianya di tempat tersebut.

Bersosialisasi penting dibiasakan sejak dini oleh orang tua kepada anak. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Jangan biarkan anak anda terperangkap dalam dunianya sendiri dan melupakan dunia bermain bersama teman yang begitu indah.

Orang tua bisa melatih anak agar bisa belajar bersosialisasi melalui kegiatan-kegiatan sederhana yang dilakukan secara tidak langsung.

Berikut ini akan kami sajikan kegiatan yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk melatih anak belajar bersosialisasi.

Apa sajakah itu, mari simak selengkapnya artikel ini !
Indahnya bercengkrama bersama anak

1. Berikan kebebasan kepada anak semasih itu hal yang positif
Sering kita lihat beberapa orang tua karena saking sayangnya acapkali melarang anaknya untuk melakukan sesuatu.

" Jangan bermain di halaman "

' Jangan melakukan ini dan itu "

Dan masih banyak lagi larangan yang diberikan orang tua. Bila apa yang dilakukan anak masih dalam kategori positif dan tidak membahayakan, maka biarkanlah anak melakukannya.

Bermain misalnya. Dalam permainan tersebutlah anak akan belajar bersosialisasi dengan teman sepermainannya.

2. Senantiasa bersifat terbuka
Anak akan mampu bersosialisasi dengan baik di lingkungannya harus disertai dengan sikap terbuka. Dengan demikian, anak akan berani dengan leluasa menceritakan apapun yang dialaminya.

Ingat, belajar bersosialisasi kuncinya adalah komunikasi. Jadi dengan situasi keterbukaan maka anak akan mampu berkomunikasi dengan baik, yang nantinya akan menjadikan mereka terampil dalam bersosialisi.

3. Orang tua menjadi role mode
Masa anak-anak adalah masa mencari contoh. Contoh yang paling dekat dengan anak adalah orang tua.

Cobalah anda sebagai orang tuanya senantiasa mencontohkan cara bersosialisai dengan tetangga sebelah rumah, atau dengan teman kerja.

Tutur bahasa penting diperhatikan oleh orang tua, sehingga anak akan mencontoh tutur bahasa yang baik dalam bersosialisasi di lingkungan sekitarnya.

4. Ajaklah anak anda ke tempat-tempat umum
Mungkin beberapa orang tua ada yang enggan mengajak anaknya untuk pergi ke kantor, ke acara resepsi pernikahan, ke balai desa, atau ke tempat-tempat publik lainnya.

Dengan mengajak anak ke ruang publik yang beragam, maka mereka akan mengenal tentang lingkungan dan banyak orang yang baru.

Disinilah anak akan belajar mengenal orang lain lebih banyak lagi, sehingga ketika anak akan masuk ke lingkungan yang berbeda selanjutnya maka mereka akan sudah terbiasa dengan situasi seperti itu.

Nah, sahabat pembaca sebagai orang tua harus senantiasa membina sikap-sikap yang mungkin dipandang sebagai hal yang sepele, namun bila tidak dibelajarkan sejak dini maka akan membuat anak menjadi kurang percaya diri dalam bergaul.

Demikian artikel yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bermanfaat !


0 Response to "Cara Melatih Anak Belajar Bersosialisasi"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel