Cara Meringkas Buku Untuk Siswa Kelas 5 SD

Meringkas buku atau sebuah teks merupakan aktivitas menulis yang menyajikan apa yang telah dibaca tersebut dalam bentuk yang singkat dan relatif lebih pendek. Ringkasan sebuah buku tetap mengandung isi dari wacana aslinya. Untuk  itu, sebelum membuat ringkasan maka diawali terlebih dahulu dengan membaca buku atau teks.

Siswa kelas 5 SD sudah dilatih untuk membuat ringkasan dari sebuah wacana sederhana. Siswa dibelajarkan untuk memilih cerita  yang disukainya kemudian menuliskan kembali dalam bentuk ringkasan buku dengan bahasa sendiri yang tetap memperhatikan pesan yang terkandung dalam buku/wacana tersebut.

Meringkas buku

Namun, praktek dilapangan siswa sering mengalami kesulitan dalam meringkas buku. Siswa masih lebih sering menulis kembali secara mentah apa yang ada pada buku tersebut. Tidak hanya itu, kadang siswa juga bingung mau menulis apa dan mulai darimana.

Kondisi ini akan lebih parah bila ditambah lagi jika guru tidak memberikan tuntunan bagi siswa dalam meringkas buku atau wacana yang telah dibaca.

Ada beberapa langkah yang bisa dijadikan pedoman bagi siswa dalam meringkas buku atau wacana. Berikut ini akan saya sajikan satu persatu  langkah dalam meringkas buku.

1. Membaca buku dengan tuntas
Hal pertama yang harus dilakukan oleh siswa adalah membaca buku tersebut terlebih dahulu. Bagaimana mungkin kita akan meringkas buku dengan baik tanpa membacanya.

Siswa perlu membaca berulangkali. Hal ini dilakukan karena kemampuan setiap siswa sangat berbeda. Ada siswa yang cepat dalam memahami isi bacaan namun tidak sedikit siswa yang masih sulit mengerti apa yang dibacanya.

2. Menulis pokok-pokok pikiran tiap paragraf
Setelah siswa membaca buku atau selama membaca, maka temukan pokok-pokok pikiran tiap paragraf. Pokok piran tersebut merupakan ide dalam penulisan paragraf, yang bisanya berada di awal paragraf, di akhir paragraf atau bisa juga berada di awal dan di akhir paragraf.

Maka untuk bisa meringkas buku yang dibaca siswa harus menulis kembali sesegera mungkin setiap pokok pikiran dalam paragraf tersebut.

3. Menulis kembali dengan mengembangkan pokok pikiran
Setelah siswa membaca semua buku atau wacana dan telah memahami apa isi dari wacana tersebut, maka langkah berikutnya adalah menulis kembali isi buku tersebut dengan mengembangkan pokok pikiran tiap paragraf yang telah ditemukan tadi.

Dalam tahapan ini, siswa harus memperoleh bimbingan dari guru. Perlu diperhatikan tidak semua siswa memiliki kemampuan yang sama dalam menulis. Jadi mulailah dengan menggunakan buku atau teks wacana yang sederhana.

4. Membaca kembali tulisan yang telah dibuat
Ini penting dibelajarkan kepada siswa dalam meringkas, yaitu membaca kembali tulisan yang sudah dibuat.

Cara ini membelajarkan siswa untuk membuat ringkasan yang baik. Dengan membaca kembali, kita memposisikan siswa tidak hanya sebagai penulis tetapi pembaca bagi karya tulisnya sendiri.

Membaca kembali ringkasan yang sudah dibuat dapat memperkecil kesalahan penulisan terutama penggunaan tanda baca dan huruf kapital.

Nah, sahabat pembaca yang berbahagia, demikian cara meringkas buku untuk siswa kelas 5 sd yang dapat saya bagikan kali ini.

Saya yakin sahabat pembaca pastinya memiliki cara yang berbeda dari apa yang saya buat. Untuk itu marilah saling berbagi, bila anda berkeinginan mempublikasikan tulisan yang anda buat, kami memberikan kesempatan pada sahabat semua dengan menghubungi kontak kami.

Demikian informasi kali ini, dan nantikan informasi menarik lainnya seputar dunia pendidikan.
Wasalam !

0 Response to "Cara Meringkas Buku Untuk Siswa Kelas 5 SD"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel