Siswa Paling Asik Bila Diajak Belajar Begini

Siswa Paling Asik Bila Diajak Belajar Begini – yang namanya belajar pastilah harus tumbuh dari dalam diri serta didasari oleh keinginan yang besar untuk melaksanakanya. Bila siswa belajar dalam keadaan tertekan tentu hasil yang ingin anda harapkan jauh dari tujuan pembelajaran yang sudah anda susun. Memang kita sadari bahwa dalam kegiatan pembelajaran yang kita lakukan pastiya tidak bisa mencapai ketuntasan seratus persen. Karena keberhasilan dalam pembelajaran juga dipengaruhi oleh faktor lain di luar dari dalam diri siswa itu sendiri. Seperti daya dukung dalam proses pembelajaran, kesiapan guru serta sarana dan prasarana sekolah.

Pada setiap kegiatan pembelajaran yang sahabat lakukan di sekolah saya yakin ada kegiatan yang paling mangasikkan bagi siswa dan ada pula situasi belajar yang membuat siswa sedikit tertekan.
Situasi belajar akan menggembirakan bila guru menyelipkan nyanyian dalam setiap pembelajaran atau mengajak siswa bernyanyi bersama. Pengalaman belajar seperti ini membuat siswa lebih antusias.

Apalagi lagu yang dinyanyikan adalah lagu-lagu yang belum diketahui oleh siswa. Bisa dipastikan mereka akan betah berlama-lama belajar bersama anda.

Belajar sambil bermain? Bukanlah sesuatu yang tidak bisa dilakukan. Pengalaman bermain di usia anak-anak akan menumbuhkan sikap positif dimasa depan. Karena dalam bermain anak akan belajar sportivitas, kejujuran, kompetisi, kerjasama dan kerja keras.

Ilustrasi guru sedang menjelaskan

Memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan melalui kegiatan bermain akan membuat siswa semakin antusias dalam belajar.

Bermain dalam belajar bukan sesuatu yang tidak mungkin, dengan kreativitas guru, saya yakin anda bisa mewujudkannya. Misalnya saja dalam pembelajaran tentang mengklasifikasikan hewan dengan jenis makanannnya.

Anda bisa mengawalinya dengan mangajak siswa menyayi lagu –lagu yang berhubungan dengan hewan. Misalnya lagu potong bebek angsa, lagu Pak Tani, dan berbagai jenis pilihan lagu lainnya.
Setelah semua dilalui maka langkah selanjutnya anda mengajukan pertanyaan yang bertujuan untuk menggali pengalaman siswa mengenal  jenis hewan dengan makanannya. Guru bisa menambahkan penjelasan kepada siswa untuk menambahkan wawasan pengetahuan siswa, atau anda bisa memberikan kesempatan kepada siswa untuk membaca buku referensi.

Selanjutnya berikan anak-anak memillih hewan yang mereka sukai pada gambar hewan yang sudah anda sediakan sebelumnya. Kemudian berikan kesempatan siswa sekali lagi untuk mengenal tentang ciri dan jenis makanan hewan yang telah dipiih siswa.

Nah, selanjutnya mulailah bermain pengelompokan hewan bersama siswa anda. Suruh siswa berkelompok berdasarkan kreteria yang bisa anda siapkan seperti, jumlah kaki, jenis makanan, tempat hidup dan cara berkembang biak. Semuanya bisa anda kembangkan sendiri sesuai dengan tujuan pembelajaran yang sudah anda susun sebelumnya.

Siswa juga akan lebih asik mengikuti pembelajaran bila guru juga menyelingi kegiatan pembelajaran dengan humor. Anda tentu pasti masih ingat sewaktu duduk di bangku sekolah dulu. Bukankah kita lebih tertarik dengan pengalaman yang diceritakan guru daripada materi pelajaran yang disampaikan beliau.

Bila anda akan menyelipkan humor dalam proses pembelajaran, saya sarankan jangan sampai keluar dari tujuan pembelajaran yang sudah dibuat.

Belajar mendemonstrasikan atau mempraktekkan cara membuat sesuatu merupakan pengalaman belajar yang membuat daya tarik siswa pada pembelajaran lebih bersemangat. Nah, cobalah dalam pembelajaran yang anda lakukan memberikan pengalaman bagi siswa untuk melakukan dan mengerjakan sesuatu.

Demikian sahabat kegiatan pembelajaran yang membuat siswa semakin asik dalam belajar. Mari bagikan pengalaman anda di blog ini dan jangan disimpan dalam diri.

Wasalam !

0 Response to "Siswa Paling Asik Bila Diajak Belajar Begini"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel