Tips Ringan Agar Siswa Sukses Menghadapi Ujian Sekolah

Tips Ringan Agar Siswa Sukses Menghadapi Ujian Sekolah - Tidak terasa tahun pembelajaran 2016/2017 sudah memasuki semester kedua. Itu berarti pelaksanaan ujian sekolah bagi siswa kelas 6 tingkat sekolah dasar sudah diambang pintu.

semua guru tentunya sudah mempersiapkan siswanya dengan sebaik mungkin. Semua bertujuan agar siswa yang dididik sukses melaksanakan ujian sekolah. Kesuksesan dalam menghadapi ujian sekolah tidak serta merta bisa datang begitu saja. Semuanya membutuhkan proses sekaligus perjuangan.

Kali ini saya akan membagikan beberapa tips ringan yang mampu memudahkan siswa anda sukses dalam menghadapi ujian. Tentunya apa yang akan saya tulis dalam artikel ini semua itu dikembalikan ke anda semua, untuk setuju dengan pemikiran saya atau tidak. Untuk itu saya mempersilahkan sahabat pembaca untuk menulis komentarnya pada kolom yang sudah saya sediakan dibawah postingan ini.

Tips sukses menghadapi ujian sekolah ini merupakan ringkasan dari apa yang saya temukan dari berbagai media online serta buah pemikiran sederhana dari yang saya sediri ketika memposisikan diri sebagai seorang pelajar.

Adapun beberapa tips ringan agar siswa sukses menghadapi ujian sekolah adalah sebagai berikut :

1. Perbanyak latihan soal
Seperti kata pepatah bila menginginkan sebatang besi itu tajam, maka harus diasah sesering mungkin.
Demikian pula dengan siswa yang akan menghadapi ujian sekolah. Bila siswa tersebut sudah dibiasakan menghadapi soal-soal yang sesuai dengan kisi-kisi ujian sekolah, maka siswa tersebut tidak akan mengalami kesulitan ketika diuji nanti.

Memperbanyak latihan soal bisa dilakukan oleh guru di sekolah dengan cara membuatkan lembar kerja siswa. Dalam lembar kerja siswa tersebut, guru membuatkan kondisi soal yang sesuai dengan ujian sekolah.

Bila guru merasa tidak memiliki cukup waktu untuk membuat latihan soal persiapan ujian sekolah, maka guru bisa menggunakan fasilitas internet untuk menemukan soal yang kondisinya sesuai dengan materi yang akan diujikan dalam ujian sekolah.

Guru pun bisa memanfaatkan kelompok kerja guru di masing-masing kecamatan untuk membuat soal persiapan ujian sekolah.

Bila sudah bekerjasama demikian, apakah masih ada lagi ungkapan sulit membuat soal latihan ujian sekolah?

2. Lakukan pembinaan melalui pembelajaran remedial/pengayaan secara kontinue
Bila guru menginginkan siswanya sukses mengikuti ujian sekolah dengan jujur maka guru harus melakukan pembelajaran secara kontinue.

Pembelajaran harus dilaksanakan sesuai dengan alokasi waktu dan jadwal yang sudah ditentukan. Seiring dengan kesibukan guru, pembinaan pembelajaran melalui remidial / pengayaan bisa dilaksanakan di luar jam sekolah., misalnya di sore hari.

3. Rajin melakukan Tray Out
Untuk mempersiapkan siswa anda sukses dalam menghadapi ujian sekolah maka siswa harus dibiasakan untuk mengikuti tes uji coba menghadapi ujian sekolah.

Lewat tes uji coba inilah siswa akan mengetahui kekurangan selama belajar. Dengan demikian guru serta siswa bisa memperbaiki kemampuan diri lagi, sehingga  pada ujian nanti siswa tidak akan mengalami ketakutan.

4. Rajin berdoa
Setiap usaha yang dilakukan haruslah dibarengi dengan doa. Karena seperti yang kita ketahui, apa yang kita peroleh sekarang ini tidak lepas dari campur tangan Tuhan. Untuk itu siswa pun dibiasakan agar lebih taat dalam menjalankan ibadah agama. Dengan harapan Tuhan akan memberikan kita ketenangan dan kedamaian dalam mengerjakan soal-soal Ujian Sekolah nantinya.

Demikianlah sahabat cara sederhana, mudah dan ringan yang bisa dilakukan untuk menghadapi ujian sekolah dengan lancar dan sukses.

Setiap usaha pasti akan ada hasilnya. Yang terpenting kita berusaha yang terbaik terlebih dahulu, urusan hasil kita serahkan pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sukses untuk kita semua, Wasalam !

2 Responses to "Tips Ringan Agar Siswa Sukses Menghadapi Ujian Sekolah "

  1. Ditambah lagi dengan pendampingan guru yang intensif terhadap siswanya, pasti siswa tersebut bisa berhasil dan sukses dalam Ujian Sekolah.
    Amin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tepat sekali Mbak Yuliana, akan lebih sempurna bila orang tua pun ikut mendukung lewat perhatian dan waktu kepada buah hatinya.

      Hapus

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel