Langsung ke konten utama

Usaha Sampingan Di Musim Tanam Padi

Usaha Sampingan Di Musim Tanam Padi – Bagi masyarakat pedesaan seperti saya ini menggeluti dunia pertanian adalah sebauh pekerjaan yang sudah biasa dilakukan. Banyak kini anak muda yang kurang melirik segmen usaha yang satu ini. Apa penyebabnya, mungkin saja karena pekerjaan ini selalu bergelut dengan panas, keringat, penghasilan yang kecil dan selalu penuh dengan badan yang kotor.

Pertanian merupakan sebuah sektor usaha agrobisnis yang bila dikelola dengan baik oleh anak muda akan menghasilkan rupiah yang cukup membanggakan. Yang namanya usaha pasti memerlukan modal. Paling tidak memiliki modal tenaga untuk melakoni pekerjaan tersebut.

Musim tanam padi yang biasa dilakukan oleh masyarakat pertanian merupakan musim berkah bagi warga masyarakat yang memiliki lahan namun sebuah kesempatan lapangan kerja bagi warga yang tidak memiliki lahan pertanian.

Ada beberapa jenis pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh para petani di musim tanam padi. Tentunya dengan upah yang bagi saya lumayan menggurkan. Mungkin bagi anda penghasilan tersebut tidak seberapa, namun bagi masyarakat kecil selembar rupiah bisa menjadi penyambung hidup untuk esok hari.

Adapun beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan di musim tanam padi adalah sebagai berikut :

1. Jasa pembajak sawah
Jaman sekarang sudah maju. Bila dahulu orang membajak memakai kerbau / sapi kini sudah digantikan oleh mesin traktor.

Bila anda memiliki sedikit modal, usaha membajak sawah cukup laris dipesan oleh para pemilik sawah.

Memang untuk membeli sebuah mesin traktor anda harus merogoh kocek yang tidak sedikit. Bila melihat bayaran yang akan anda peroleh, mungkin bisa anda perhitungkan.

Dalam satu kali tanam padi di sebuah lahan pertanian, para penyedia jasa pembajak sawah akan memperoleh bayaran sebesar 500 ribu rupiah. Ini berdasarkan pengalaman saya ketika menyewa jasa pembajak sawah di lahan yang digarap oleh orang tua saya.

2. Usaha jasa menanam padi 
Bila Anda tinggal di desa dengan lingkungan pertanian maka pada musim tanam padi banyak petani yang membutuhkan tenaga kerja penanaman padi.

Untuk upahnya lumaya kisaran 100ribu untuk satu kali tanam padi psda lahan dengan luas 20 are.

Mungkin bagi Anda yang tidak terbiasa menjadi petabi, saya yakin kurang tertarik dengan pekerjaan yang satu ini.

Tidak demikian di desa saya. Pada musim tanam padi, kehidupan perekonomian kembali berputar seiring dengan putaran roda traktor dan adukan kopi hitam para pekerja agribisnis.

Itulah jenis pekerjaan yang bisa dijadikan usaha sampingan para petani di musim tanam padi sekarang ini.

Semoga anak muda juga senantiasa menyukai bidang pekerjaan pertanian yang sudah mulai lesu penggemar   .

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar