Usaha Sampingan yang Bisa Dilakoni Para Guru

Usaha sampingan yang bisa dilakoni para guru - Bekerja sebagai guru tentu merupakan sebuah anugrah yang patut di syukuri. Karena pengorbanan seorang guru bagi perubahan diri seorang siswa begitu besar yang tak bisa tergantingakan.

Menjadi seorang guru di zaman sekarang ini sudah tidak seperti cerita Umar Bakri yang konon hidupnya tidak secerah nyanyian pagi ketika mengajak siswanya bernyanyi di pagi hari.
Guru kini sudah sangat diperhatikannya oleh pemerintah. Mulai dari kesejahteraan dan akses guru dalam memperoleh informasi guna menunjang profesinya.

Meskipun tidak bisa dipungkiri, masih ada kawan-kawan kita yang masih berstatus non PNS yang sangat membutuhkan perhatian penuh dari pemerintah. Mengingat, tugas mereka juga sama dengan rekan kerjanya. Semoga kedepannya para tenaga pengabdian dan honorer bisa memperoleh keadilan atas pengabdian yang telah mereka lakukan selama ini.

Menjabat atau tidaknya Anda sebagai guru yang sudah berstatus negeri, tetap saja tanggung jawab tersebut adalah amanah yang suatu saat nanti akan selesai Anda emban.

Pentingnya guru memiliki pekerjaan sampingan bukan sesuatu yang salah. Asalkan semasih mengemban tugas sebagai guru pekerjaan itu yang diutamakan.
Beberapa usaha sampingan yang bisa dilakukan oleh guru dan sekaligus bisa menunjang pekerjaannya sebagai guru adalah sebagai berikut :

1. Usaha bimbel
Saya yakin sebagian besar guru pasti melakoni pekerjaan ini. Bahkan lebih banyak kini para calon guru yang menggeluti usaha ini.

Yang namanya usaha bidang pendidikan, jangan sampai Anda mengkomersilkannya. Perkembangan pengetahuan , sikap dan keterampilan siswa bimbel Anda jauh lebih penting.

Bila Anda bisa memberikan pendidikan yang berkualitas, saya yakin para orang tua akan berbondong-bondong datang kepada Anda. Ibarat dokter spesialis yang sudah paten, maka Anda pun akan selalu di buru oleh para pencari pengetahuan.

2. Usaha jasa foto copy dan penjualan ATK
Bekerja sebagai guru tentu tidak bisa lepas dari tulis menulis. Nah, mungkin sahabat pendidik bisa mencoba bisnis jasa foto copy dan penjualan ATK.

Membuka usaha ini tentu membutuhkan modal yang tidak sedikit, untuk tahap memulai anda bisa mencoba dengan usaha kecil dulu. Mungkin dengan satu alat foto copy. Bila sudah lancar anda bisa menambah peralatan berikutnya.

3. Bercocok tanam
Tidak ada salahnya anda mencoba bercocok tanam. Bila belum memiliki lahan persawahan coba saja dengan memanfaatkan media polibag. Anda bisa menanam tanaman dengan polibag di pekarangan rumah.

jenis sayuran bisa menjadi pilihan. apalagi harga kebutuhan pokok ini sering sekali mengalami kenaikan yang begitu pesat.

Bercocok tanam di pekarangan rumah bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang anda di rumah. Sambil melakoni hobi anda pun  bisa melakukan usaha kecil-kecilan

yah...untuk kali ini, menurut saya itu yang bisa dijadikan pilihan usaha sampingan. Saya yakin sahabat semua pasti memiliki pilihan yang lainnya.

Apapun itu yang penting usaha yang dilakukan adalah usaha yang baik dan tidak merugikan bagi diri sendiri atau bagi orang lain.

Selamat berusaha  !

*) Ditulis oleh sahabat : Bayu Permana

0 Response to "Usaha Sampingan yang Bisa Dilakoni Para Guru"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel