Guru Harus Mampu Melakukan Inovasi Pembelajaran


Seperti yang dikutip dari berita Antaranews.com dikabarkan bahwa guru hendaknya harus terus di dorong untuk melakukan inovasi pembelajaran. Seperti yang disampaikan oleh Direktur Global Sevilla Robertus Budi Setiono, di sela-sela pagelaran teater Very Shakespeare dikatakan bahwa guru harus terus didorong untuk melakukan inovasi dalam proses belajar mengajar.

Guru kini dituntut untuk mampu melakukan pembelajaran dengan metode yang menarik. Apalagi pada materi pelajaran yang jika dibelajarkan dengan suasana yang monoton akan kurang membuat siswa cepat bosan dalam belajar.

Salah satu inovasi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Inggris melalui pendekatan kesusastraan.

Agar pembelajaran tidak hanya sekedar didalam kelas, namun juga dipraktikkan dalam suatu pementasan sebuah drama.

Siswa jangan hanya disuruh membaca dan mengerjakan soal. Sebab hal tersebut akan membuat siswa cepat bosan. Pembelajaran yang memadukan teori dengan praktek seperti pergelaran, akan lebih membuat siswa menjadi senang.

Jadi pembelajaran yang diciptakan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu pola pembelajaran yang menjadikan sekolah sebagai sebuah taman bagi siswa. Tentu saja kalau menurut admin dengan menciptakan sekolah menjadi sebuah taman bagi siswa, maka akan terbentuk sebuah ketertarikan dalam diri anak untuk senantiasa menimba ilmu dengan perasaan yang menyenangkan, laksana bermain di taman.

Disamping itu, disampaikan pula bahwa dengan adanya kegiatan praktek akan menumbuhkan karakter dan rasa empati anak.

Oleh karena itu ditegaskan bahwa saatnya para guru melakukan inovasi pembelajaran dan meninggalkan metode pembelajaran lama yang bersifat satu arah, dimana guru dianggap sebagai satu-satunya sumber ilmu.

Ditambahkan pula oleh pak Budi, seperti yang dilangsir dari media Antaranews bahwasannya Kurikulum yang ada sekarang pun kalau diajarkan dengan metode-metode lama, juga tidak akan berhasil. Untuk itu, guru harus belajar juga tentang berbagai metode pembelajaran, karena banyak sekali ragam metode pembelajaran yang dapat diterapkan.

Demikian info yang bisa kami kabarkan dari media Antaranews, semoga bermanfaat.

0 Response to "Guru Harus Mampu Melakukan Inovasi Pembelajaran"

Posting Komentar

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel