Inilah Manfaat Pelukan Orang Tua Bagi Perkembangan Anak

Inilah Manfaat Pelukan Orang Tua Bagi Perkembangan Psikologi Anak – Memiliki seorang anak tentu merupakan dambaan bagi semua pasangan yang sudah menikah. Bagaimana tidak, karena anak merupakan dambaan yang nantinya akan menjadi penerus keluarga sekaligus tempat bersandar bagi orang tua di hari senjanya nanti. Kasih sayang orang tua kepada anak tentu dilakukan dengan cara yang berbeda oleh masing-masing orang tua. Mungkin ada yang lebih senang memberikan sebuah kejutan atau pun hadiah. Namun, dibalik semua itu taukah anda kalau pelukan merupakan cara yang sederhana yang bisa dilakukan oleh setiap orang tua kepada anak namun sangat kaya akan manfaat yang ditimbulkan.

Bila saya bertaya masihkah anda ingat, kapan terakhir anda memeluk anak anda? Dalam situasi yang bagaimana  saja anda memberikan pelukan kepada mereka? Mungkin jawaban yang akan sahabat sampaikan pasti akan beragam. Apapun itu saya harap itu semua untuk kebaikan anak.

Memberikan pelukan kepada anak dari orang tua merupakan cara sederhana yang bisa memberikan manfaat yang begitu besar bagi perkembangan psikologi anak. Padahal pelukan tidak membutuhkan biaya yang mahal untuk memeberikannya kepada anak. Mungkin saja hanya sebagian kecil dari kita yang sering melakukan pelukan kepada anak. Sisi lain manfaat dari pelukan sebenarnya juga akan memberikan peningkatan hubungan yang harmonis antara anak dan orang tua.

Pelukan bagi perkembangan anak memang sangat penting dilakukan oleh orang tua. Hal yang sederhana ini bila dilakukan dengan baik akan menjadikan anak tumbuh dengan optimal dalam hal kejiwaannya. Berikut ini beberapa manfaat pelukan orang tua bagi perkembangan anak diantaranya :

1. Memberikan rasa sayang
Sebuah pelukan yang diberikan kepada anak merupakan ungkapan rasa sayang yang tidak terucap. Dengan memberikan pelukan, anak akan merasa luapan dan kedekatan emosi pada anda. Adanya kedekatan emosi pada diri anak, membuat hubungan anda dengan anak akan semakin harmonis.

2. Memberikan dukungan 
Pelukan yang diberikan kepada anak juga akan menjadi sebuah dukungan bagi mereka. Adanya dukungan maka akan menumbuhkan rasa percaya diri anak secara tidak langsung. Tentunya rasa percaya diri tersebut akan membuat segala aktivitas yang dilakukan oleh anak akan lebih baik dan mengarah pada sebuah keberhasilan.

3. Menumbuhkan keyakinan
Sebuah pelukan yang diberikan kepada anak, dapat menumbuhkan keyakinan pada anak. Rasa yakin tersebut akan muncul karena anak merasa lebih dekat dan adanya kepercayaan yang diperoleh anak.

Kapan tepatnya memberikan pelukan kepada anak?

Pelukan memang bisa diberikan kapan saja, selain mudah dan murah pelukan kepada anak juga memberikan dampak yang begitu besar bagi perkembangan anak.

Pelukan kepada anak lebih tepat dilakukan ketika :

  1. Sebelum anak tidur
  2. Ketika anak akan berangkat ke sekolah
  3. Mengikuti kegiatan lomba
  4. Ketika berhasil melakukan sesuatu.
  5. Saat anak bersedih.
ayo,, mulai hampiri anak anda dan peluklah mereka dengan penuh kasih sayang.

0 Response to "Inilah Manfaat Pelukan Orang Tua Bagi Perkembangan Anak "

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel