Melatih Membaca Memindai bagi Siswa SD

Membaca. Aktivitas yang satu ini mungkin tidak semua siswa SD menyukainya. Padahal dengan membaca, siswa bisa menambah pengetahuan sekaligus melatih keterampilannya. Sekarang ini beragam informasi tersaji dalam bentuk tulisan. Bagaimana mungkin kita bisa mengetahui informasi tersebut tanpa membacanya. Keberhasilan siswa dalam membaca dapat diketahui dari kemampuan siswa dalam menyampaikan isi tentang apa yang dibaca. Bila siswa mampu menyampaikan  dengan lengkap dan benar, maka dapat disimpulkan kalau siswa tersebut memahami isi dari bacaan tersebut. Sayangnya tidak semua siswa mampu membaca dengan baik.

Kemampuan menangkap informasi hasil membaca dan kecepatan membaca juga mempengaruhi kemampuan siswa dalam memahami dan menemukan informasi dari apa yang dibaca. Sekarang ini, kita dituntut untuk mampu menemukan segala informasi dengan cepat dan benar. Demikian pula dalam membaca. Membaca juga harus cepat, tidak hanya dalam pengucapannya namun juga kecepatan di dalam menemukan informasi tentang apa yang dibaca. Jika siswa mampu membaca dengan cepat sekaligus cepat pula dalam menemukan informasi yang dibaca maka tentu hal tersebut akan mempengaruhi prestasi siswa belajar di sekolah.

Keterampilan membaca dengan cepat dan tepat ini disebut dengan nama membaca memindai. Siswa perlu dilatih membaca memindai karena keterampilan membaca ini akan sangat berguna bagi kehidupan siswa kelak. Membaca memindai tidak jauh berbeda dengan membaca pada umumnya. Namun yang membedakan membaca memindai  dari membaca pada umumnya adalah membaca memindai tersebut terlihat dari kemampuan membaca yang dapat menemukan apa yang akan dicari dalam teks bacaan dengan cepat dan tepat.

Keterampilan membaca memindai perlu dilatih kepada siswa. Karena banyak dalam kehidupan kita sehari-hari yang memerlukan keterampilan membaca dengan cepat. Misalnya membaca jadwal keberangkatan kereta api, jadwal penerbangan pesawat terbang, atau bisa juga membaca daftar menu makanan di restoran atau rumah makan.

Jelas mambaca memindai sangat berguna dalam hal tersebut. Misalnya saja ketika memesan makanan di rumah makan. Pastinya kita akan melihat daftar menu makanan di tempat tersebut. Dengan membaca memindai kita akan mampu melihat daftar menu makanan yang sesuai dengan keinginan kita dan sesuai pula dengan uang yang kita miliki. Kalau sudah demikian, tentunya pelayan rumah makan pun akan cepat membuat makanan yang ada pesan.

Bagaimana cara melatih siswa agar terampil membaca memindai?

Melatih siswa membaca memindai bukanlah sesuatu yang mudah dilakukan. Namun, bila guru kreatif dalam membelajarkan siswa membaca memindai maka bukanlah hal yang mustahil hal tersebut untuk dilakukan.

Media yang bisa dilakukan guru dalam membelajarkan siswa untuk membaca memindai seperti, daftar menu makanan, jadwal keberangkatan transportasi, pengumuman.

Langkah Pembelajarannya :


  1. Siapkan kondisi fisik dan psikis siswa.
  2. Sampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa.
  3. Ajak siswa bermain dengan membaca jadwal keberangkatan transportasi ( Pesawat terbang, kereta api)
  4. Berikan kesempatan kepada siswa untuk membaca selama 10 menit.
  5. suruh siswa untuk menutup buku yang atau jadwal keberangkatan yang telah dibaca.
  6. Minta siswa menyampaikan informasi yang diperoleh dari membaca jadwal keberangkatan tersebut.
  7. Lakukan tanya jawab tentang teks yang sudah dibaca tadi.
  8. Guru bisa mengganti teks bacaan dengan yang lainnya. Seperti daftar menu makanan di sebuah rumah makan.
  9. Lakukan kegiatan yang sama dengan sebelumnya.
Demikian sahabat langkah pembelajaran memaca memindai bagi siswa SD. Semoga artikel sederhana ini memberikan inspirasi bagi sahabat semua. Wasalam!

0 Response to "Melatih Membaca Memindai bagi Siswa SD"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel