Memanfaatkan Lahan Kosong Sekolah Sebagai Lahan Produktif

Lahan kosong yang ada di sekolah kerap menjadi tempat yang kurang terurus. Mungkin karena kesibukan warga sekolah sehingga kurang jeli dalam melirik serta memanfaatkannya sebagai lahan yang produktif dan menunjang proses pembelajaran di sekolah.

Lahan kosong di sekolah biasanya paling banyak dijumpai di belakang kelas. Kebanyakan lahan ini memang tidak terlalu luas. Sehingga lebih sering hanya digunakan menjadi tempat yang bermain oleh siswa.

Sekolah sudah sepatutnya melakukan inovasi dalam setiap langkahnya. Kalau lahan kosong seperti itu dibiarkan nganggur begitu saja sangat disayangkan sekali. Sebenarnya lahan tersebut bisa kita manfaatin untuk menjadi sesuatu yang memberikan keuntungan bagi sekolah.

Lahan yang produktif merupakan sebuah lahan yang mampu memberikan manfaat bagi pemiliknya. Nah, lahan kosong di sekolah tersebut, sebenarnya bisa kita manfaatkan untuk hal-hal berikut ini

1. Kebun sekolah
Membuat kebun?

Ya... kita sebenarnya bisa juga berkebun di sekolah, mengapa tidak. Semua itu bisa kita wujudkan asalkan ada lahan kosong yang bisa kita jadikan kebun sekolah.

Tanaman yang bisa kita jadikan komuditi tentunya tanaman yang mudah dan murah. Misalnya jagung, singkong, ubi rambat, pisang dan yang lainnya. Selain akan menambah suasana sejuk di sekolah juga akan memberikan hasil paling tidak ubi, singkong kalau pun akan dijual pastinya akan mendatangkan rupiah.

Menjadikan lahan kosong sebagai kebun sekolah juga akan melatih siswa belajar agrobisnis. Siswa dibelajarkan untuk menanam jenis tanaman kemudian merawatnya hingga nantinya memasarkan hasilnya di warung dekat sekolah.

Nah... Bukankah hal ini akan melatih siswa belajar berwirausaha sejak dini.

2. Taman baca
Kegiatan membaca tidak hanya dilakukan di perpustakaan. Sekolah yang memiliki lahan kosong dengan luas yang tidak begitu besar bisa memanfaatkannya menjadi taman baca.

Hanya dengan melengkapi dengan meja dan kursi maka siswa pun bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk membaca.

3. Arena olahraga
Lahan kosong di belakang kelas bisa dimanfaatkan oleh sekolah untuk membuat prasarana olahraga. Misalnya prasarana lompat jauh, lompat tinggi, dan jenis olahraga lainnya yang memungkinkan bagi sekolah untuk membuat.

Demikian sahabat yang bisa saya bagikan kali ini tentang pemanfaatan lahan kosong sekolah menjadi lahan produktif. Semoga apa yang saya tulis disini memberikan manfaat bagi sahabat semua.
wasalam !

0 Response to "Memanfaatkan Lahan Kosong Sekolah Sebagai Lahan Produktif"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel