Menu Masakan Yang Sering dibuat Anak Pramuka Siaga Langsung ke konten utama

Menu Masakan Yang Sering dibuat Anak Pramuka Siaga

Gerakan Pramuka merupakan sebuah gerakan kepanduan yang memberikan pendidikan tidak hanya pengetahuan tetapi juga sikap dan mental seorang siswa. Gerakan Pramuka di sekolah dasar kebanyakan di tingkat siaga. Meskipun kita ketahui, ada di beberapa sekolah yang sudah membentuk gerakan Pramuka penggalang.

Pramuka Siaga sesuai dengan namanya adalah menyiacgakan generasi muda untuk siap menghadapi segala hal di jenjang berikutnya.

Pada jenjang Pramuka Siaga ini antara peserta Pramuka dan pembinanya itu ibarat anak dengan orang tuanya. Sehingga apabila siswa memanggil guru ketika latihan Pramuka dengan sebutan Ayahanda atau Ibunda . sungguh mencerminkan hubungan batin yang sangat dalam.

Dalam kegiatan Pramuka tidak lepas dari yang namanya latihan dan kegiatan perkemahan. Namun, untuk tingkat siaga perkemahan tidak dilakukan sampai satu malam penuh. Kegiatan perkemahan Pramuka siaga berlangsung hanya sehari, yang disebut dengan perkemahan sehari atau Persari.

Dalam kegiatan persari Pramuka siaga juga melaksanakan kegiatan masak-memasak. Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk pembinaan peserta menjadi seseorang yang mandiri.

Kegiatan memasak tersebut tetap dalam pengawasan dari ayahanda atau Ibunda. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya sesuatu yang membahayakan bagi anak.

Menu makanan yang kerap dimasak siswa Pramuka siaga biasanya menu makanan yang sederhana. Walaupun sederhana menu makanan empat sehat lima sempurna tetap menjadi perhatian bagi siswa. Ini menjadi pembelajaran bagi anak, kalau makanan sehat tidak harus mahal. Makanan sehat pun bisa kita peroleh dari lingkungan sekitar kita.

Berikut ini beberapa menu makanan sehat yang biasa dimasak Pramuka siaga pada kegiatan Persari.

1. Tahu tempe goreng
Meskipun jenis makanan ini sederhana namun jangan heran akan kandungan protein nabati yang dibawanya. Karena kemudahannya tahu dan tempe goreng kerap menjadi menu utama penggantian lauk pada ajang kegiatan memasak di Persari Pramuka Siaga.

2. Tumis kangkung
Sayuran kangkung kaya akan zat besi. Tentubya zat ini sangat dibutuhkan bagi tubuh kita. Menu makanan siaga ini biasanya dibantu oleh pembina dalam memasaknya. Jelas sekali, karena salah dalam meracik bumbu maka bisa Anda bayangkan yang terjadi.

3. Sambel tomat
Hampir semua anak Indonesia menyukai sambel. Menu ini pasti ada di setiap menu makanan orang Indonesia. Makanya ketika harga cabai meningkat tajam, semua ibu-ibu runah tangga kelimpungan mengalaminya.

4. Telor ceplok
Mudah dan cepat dalam membuatnya, itulah yang tersaji pada menu makanan dengan telor ceplok. Dalam kegiatan pramuka siaga biasanya sering dilatih untuk memasak telor ceplok sebagai menu sarapan.

Meskipun hanya sekedar makanan sederhana namun kandungan gizi makanan tersebut jangan jangan ditanya lagi.

Itulah beberapa menu makanan yang sering dimasak pada acara kegiatan pramuka siaga. Semoga mengispirasi.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar