Langsung ke konten utama

Pentingnya Anak Sarapan Sebelum Berangkat Ke Sekolah

Pentingnya Anak Sarapan Sebelum Berangkat Ke Sekolah- Mungkin tidak semua anak senantiasa dapat sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Apalagi kehidupan orang tua yang berada dibawah ekonomi tentu tidak akan mampu memperhatikan dan menyiapkan sarapan bagi anak sebelum berangkat ke sekolah. Hal ini menurut saya sesuatu yang sangat sulit untuk bila sudah berhubungan dengan ekonomi. Wajar bila orang tua tidak mampu menyiapkan sarapan, karena mereka masih bergulat untuk mencari nafkah di pagi-pagi buta untuk menyambung hidup. Mungkin bila kita berada di posisi tersebut, kita pun akan melakukan hal yang sama.

Namun, sebagai orang tua kita harus sadar, kalau anak adalah segalanya dalam hidup ini. Anak adalah aset masa depan keluarga dan bangsa ini. Bagaimana pun sibuknya kita sebagai orang tua, hendaknya senantiasa selalu bisa menyiapkan sarapan bagi anak. Padalah bila orang tua sadar kalau sarapan sangatlah penting diberikan kepada anak dan banyak manfaat dari sarapan sebelum anak berangkat ke sekolah.

Manfaat Sarapan Sebelum Berangkat ke Sekolah

Sarapan sebelum berangkat ke sekolah penting untuk diberikan kepada anak. Adapun manfaat dari sarapan sebelum berangkat ke sekolah adalah sebagai berikut :

1. Meningkatkan konsentrasi anak
Sarapan sebelum berangkat ke sekolah akan memberikan energi bagi anak untuk melakukan aktivitas selama di sekolah. Anak akan lebih bersemangat dalam belajar dan juga konsentrasi mereka lebih fokus. Anak yang kurang sarapan, tentu akan mudah kehilangan konsentrasi karena rasa lapar yang mendera di saat jam istirahat belum berbunyi.

2. Memberikan gizi dan energi untuk belajar
Pentingnya sarapan sebelum belajar di sekolah yaitu sarapan akan memberikan gizi dan energi anak untuk lebih bersemangat dalam belajar di sekolah. Anak yang berenergi di sekolah akan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran di sekolah dengan baik.

3. Tidak mudah jajan sembarangan
Anak yang diberikan sarapan sebelum berangkat ke sekolah tidak akan mudah jajan sembarangan. Seperti yang kita ketahui bila anak jajan, mereka akan lebih mementingkan makanan itu yang penting enak dan bukan atas dasar kandungan gizi di dalamnya. Bila anak sudah sarapan maka anda pun dapat mengontrol kandungan gizi dan kehigeinisan makanan.

Ketua Umum Pergizi Pangan, Hardinsyah, mengatakan tujuh dari 10 anak Indonesia tidak sarapan sebelum berangkat ke sekolah, hal tersebut seperti yang disampaikan di antaranews.com

Padahal sarapan bukan hanya mencegah rasa lapar, tetapi juga memberikan energi dan gizi yang dibutuhkan anak untuk belajar, bermain serta berolahraga.

Jadi, buat para orang tua mulai dari sekarang, yuk siapin sarapan anak sebelum berangkat ke sekolah mengingat begitu besar manfaat yang diberikannya. Sesibuk apapun anda, cobalah untuk menyiapkan sarapan sehat bagi anak. Sehat itu tidak harus mahal lho, ingat saja menu makanan bergizi seimbang. Empat sehat lima sempurna.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar