Saridjah Niung Hadir Dalam Google Doodle 26 Maret 2017 Langsung ke konten utama

Saridjah Niung Hadir Dalam Google Doodle 26 Maret 2017

Saridjah Niung Hadir Dalam Google Doodle 26 Maret 2017 – Mungkin ketika sahabat melakukan searching di mesin pencari google akan melihat sosok perempuan dengan memakai pakaian kebaya khas Indonesia sambil bernyayi dan didengarkan oleh tiga orang anak kecil dari sebuah radio. Ya.. beliau adalah Saridjah Niung atau yang lebih di kenal dengan nama “Ibu Soed” tepat di hari Minggu 23 Maret 2017 google memperingati hari kelahiran beliau. Mungkin jika beliau masih hidup, Saridjah Niung genap berusia 109 tahun. Saridjah Niung wafat pada usia 85 tahun pada tahun 1993 silam. Mungkin anda akan heran, mengapa google merayakan hari lahir Saridjah Niung.

Saridjah Niung atau yang lebih akrab di panggil Ibu Soed memiliki jasa yang sangat besar bagi bangsa ini. Maka tidak heran pemerintah menganugrahi Saridjah Niung Satya Lecana Budaya dan MURI pun memberikan gelar Mpu Lagu Anak-anak (sumber: waktuku.com)

Di masa penjajahan silam Saridjah Niung sudah mulai menciptakan lagu anak-anak. Hal tersebut muncul karena keprihatinan beliau yang pada waktu itu menjadi pendidik di sekolah HIS (sekolah jaman Belanda yang diperuntukkan kepada orang pribumi)Sederet lagu yang beliau ciptakan sudah sangat banyak, ada sekitar 480 lagu yang sudah diciptakan oleh beliau.

Mungkin anda masih ingat ketika masa sekolah dulu anda pernah menyanyikan lagu “ Tik-tik", "Bunyi Hujan", "Hai Becak", "Menanam Jagung", "Burung Kutilang", "Nenek Moyang" dan "Kupu-kupu". Sederet lagu tersebut masih dinyanyikan oleh anak sekolah saat ini, dan tidak lekang oleh jaman.

Berikut ini beberapa lagu ciptaan Saridjah Niung yang bisa saya bagikan :
a. Burung Kutilang
b. Nenek Moyang
c. Lagu Gembira
d. Kereta Apiku
e. Lagu Bermain
f. Menanam Jagung
g. Pergi Belajar
h. Himme Kemerdekaan
i. Naik Delman
j. Lihat Kebunku
k. Kupu-Kupu
l. Naik-Naik Ke Puncak Gunung
m. Desaku
n. Hai Becak!
o. Berkibarlah Benderaku
p. Tanah Airku
q. Anak Kuat
r. Dengar Katak Bernyanyi
s. Kampung Halamanku
t. Main Ular-Ularan
u. Pagi-Pagi
v. Teka-Teki
w. Waktu Sekolah Usai
x. Tik, tik, Bunyi Hujan
z. Tidur Anakku

Saridjah Niung lahir di Sukabumi, Jawa Barat. Selain sebagai guru, ia juga dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagi, penyiar radio, dan seniman batik.

BACA JUGA ARTIKEL MENARIK LAINNYA

Komentar