Teknik Koreksi Soal Uraian Agar Lebih Obyektif

Pekerjaan sebagai guru tidak lepas dari yang namanya mengajar, mendidik, melatih, membimbing dan mengevaluasi hasil belajar siswa.

Tentunya sebelum melaksanakan evaluasi hasil belajar,pastilah guru sudah mempersiapkan alat evaluasi. Apa lagi kalau bukan tes.

Dalam melaksanakan tes guru menggunakan beberapa bentuk penilaian. Seperti tes tertulis dan tes lisan. Tes tertulis terdiri dari soal pilihan ganda, soal isian dan soal uraian.

Dalam mengoreksi soal guru harus obyektif. Soal uraian kerap membuat guru sedikit kualahan dalam memberikan skor penilaian. Terkadang skor yang diberikan guru pada jawaban yang sama kadang berbeda.

Mengapa hal ini terjadi?

Penyebabnya karena guru kadang mengoreksi terlalu banyak, sehingga jawaban siswa kurang dapat disimak dengan baik. Hal ini menyebabkan terkadang skor yang diberikan guru berbeda padahal jawabnya sama.

Bila hal ini terjadi maka akan sangat fatal bagi guru. Satu,siswa yang diberikan nilai yang tidak sesuai akan merasa kecewa kepada anda.

Kedua, tingkat keadilan anda pada siswa juga akan dinilai kurang. Bisa saja siswa akan menilai anda sebagai guru yang kurang adil. Jelas ini tidak anda harapkan sama sekali.

Lalau bagaimana mengoreksi soal uraian yang lebih objektif?

Agar lebih objektif dalam menilai soal uraian ada beberapa langkah yang harus Anda laksanakan, sehingga siswa akan merasa puas dengan penilaian yang Anda laksanakan.

Pertama, siapkan terlebih dahulu lembar soal sekaligus lembar jawaban yang akan dikoreksi. Untuk lembar soal cukup sediakan selebar lembar soal untuk memudahkan di dalam mengkoreksi.

Kedua, baca soal terlebih dahulu. Selanjutnya koreksi soal pertama. Mungkin hal tersebut hal lumrah dalam koreksi soal uraian. Namun bedanya baca dan koreksi satu soal untuk semua peserta. Artinya jika Anda akan mengoreksi soal pertama, maka Anda harus mengoreksi soal pertama untuk semua peserta ulangan/ujian.

Dengan mengoreksi seperti itu Anda akan dapat menemukan beda jawaban dengan jelas. Sehingga keobyektivan dalam penilaian akan jelas.

Anda pun akan lebih mudah dalam memberikan skoring. Sehingga siswa akan merasa mendapatkan nilai yang adil.

Nah, untuk tips kali ini tentang koreksi soal uraian hanya demikian yang dapat saya sampaikan.

Semoga tulisan tentang tips dalam koreksi soal uraian tersebut bermanfaat bagi sahabat pembaca sekalian.

Salam pendidikan.

0 Response to "Teknik Koreksi Soal Uraian Agar Lebih Obyektif"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel