Ulangan Tengah Semester ( UTS ) Semester II Tahun 2016/2017

Ulangan Tengah Semester ( UTS ) Semester II Tahun 2016/2017 - Pembelajaran tahun pelajaran 2016/2017 sudah hampir berjalan tiga bulan lamanya. Untuk itu maka akan dilakukan evaluasi pembelajaran yang sudah berjalan selama pertengahan semester tersebut. Evaluasi pertengahan semester lebih sering disebut dengan nama Ulangan Tengah Semester ( UTS ). Ulangan tengah semester ini akan menguji kemampuan siswa di dalam memahami Kompetensi Dasar selama tiga bulan lamanya.

Soal UTS  biasanya dibuat melalui KKG /MGMP di tiap kecamatan. Soal-soal yang dibuat mengacu pada kompetensi yang sudah tertuang di dalam kurikulum. Dari sana guru akan menyusun soal yang akan digunakan di dalam ulangan tengah semester ( UTS )

Komposisi soal yang diberikan dalam UTS tentunya sudah disepakati melalui rapat KKG dan KKKS. Biasanya komposisi jumlah soal terdiri dari 25 soal pilihan ganda, 10 soal isian dan 5 soal uraian. Untuk waktu pengerjaan, bisanya menggunakan durasi waktu 90 - 120 menit tergantung tingkat kesukaran mata pelajaran.

UTS biasanya berlangsung sekitar bulan Maret atau awal April. Dalam ulangan tersebut siswa mengerjakan ulangan seperti biasa tidak jauh berbeda dengan ulangan harian. Cuma materi yang diujikan mulai dari awal semester hingga pertengahan semester.

Disinlah guru dituntut agar mampu menuntaskan KD dalam satu tahun agar tepat terlaksana setengahnya di pertengahan semester. Biasanya guru sudah mengantongi sekitar 3 - kali ulangan harian untuk masing-masing mata pelajaran.

Nilai tersebut yang nantinya akan dijumlahkan dan direratakan untuk menjadi nilai tengah semester. Biasanya untuk tengah semester ini beberapa sekolah membagikan rapor tengah semester.

Pembagiannya pun kadang memanggil orang tua wali murid. Tujuannya jelas untuk memberikan gambaran kepada orang tua tentang kemajuan buah hati mereka. Sekolah akan menyampaikan hal-hal yang masih kurang dalam diri anak. Sehingga dengan bekerja sama dengan orang tua, prestasi anak akan semakin membaik.

Ulangan tengah semester II Tahun pelajaran 2016/2017 ini mungkin di beberapa daerah sudah ada yang berjalan dan ada juga yang belum berjalan. Hal tersebut disebabkan karena perbedaan hitungan hari efektif di masing-masing daerah.

Semoga kagiatan UTS semester II Tahun Pelajaran 2016/2017 di sekolah Bapak/Ibu bisa berjalan dengan kondusif dan perolehan prestasi siswa sesuai dengan harapan.

Wasalam !

0 Response to "Ulangan Tengah Semester ( UTS ) Semester II Tahun 2016/2017"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel