Belajar Menjadi Petani Mulai Bertani dari Rumah

Belajar Menjadi Petani Mulai Bertani dari Rumah - Indonesia memang sudah terkenal sebagai negara yang memiliki sektor agraris yang amat luas. Dengan potensi alam yang begitu besar, dibutuhkan sumber daya manusia yaitu sosok petani yang tidak hanya ulet namun juga cerdas. Generasi muda sekarang ini sudah mulai sedikit melupakan pekerjaan yang satu ini. Mungkin karena menjadi petani bukanlah pekerjaan yang bergengsi seperti menjadi dokter dan polisi, namun kalau kita sadari tanpa adanya petani yang mau bertani dari pagi hingga sore hari, jelas tidak akan ada bahan pangan yang akan kita konsumsi.

Menjadi petani bisa kita biasakan sejak dini di dalam liingkungan keluarga kita. Peran orang tua sangatlah penting mendidik anak belajar bercocok tanam. Pekerjaan menjadi petani jangan dikira tidak bisa memberikan nafkah kepada penekunnya.

Kalau anda masih sadar beberapa bulan terakhir ini, harga cabai tidak kalah pedasnya dan membuat semua sektor usaha lainnya kalang kabut karena mahalnya harga cabai. Kalau sudah demikian, siapa yang diuntungkan? jelas petani donk sobat. Kalian jangan mengeluh kalau harga hasil pertanian sedikit mahal, kalau sobat ketahui, gimana beratnya mereka bekerja, saya yakin sobat tidak akan mengeluh ketika membeli cabai sekilo dengan harga yang agak pedas.

Sobat pembaca yang budiman. Belajar menjadi petani bisa kita mulai dari rumah. Sobat di lingkungan rumahnya tentu ada sudut yang bisa ditanami tanaman pertanian, seperti cabai, sayuran, bawang, kacang panjang dan jenis tanaman pertanian lainnya. sobat bisa membelajarkan buah hatinya bagaimana cara menanam tanaman sayur di rumah.

Banyak keuntungan yang kita peroleh dengan belajar menjadi petani di rumah. Pertama lingkungan rumah bisa tambah sejuk dan hijau, kedua sobat tidak perlu repot-repot nanti jika ingin membeli bumbu dapur.

Mungkin sobat merasa agak kesulitan gimana cara memulai membelajarkan anak untuk menjadi petani mulai dari rumah. Pertama, ketika liburan sekolah atau hari libur, sobat bisa mengajak buah hatinya untuk melakukan penghijauan di rumah atau bagi yang masih jomblo bisa melakukannya sendiri sambil melepas pikiran yang masih mumet.

Kedua, kegiatan penanaman dikhususkan bagi tanaman pertanian, seperti sayuran, cabai, bawang dan jenis lainnya. Belajarkan mereka bagaimana cara menanam bibit dengan benar.

Ketiga, lakukan pemeliharaan tanaman dengan rutin. Jangan sampai tanaman yang sudah ditanam di rumah kekeringan. Penyiraman dan pemupukan dilakukan secara rutin.

Keempat, ajak anak menanam hasil tanaman  mereka. Dan berikan penguatan terhadap proses dan hasil yang sudah mereka raih.

Nah, cukup muduah bukan bila membelajarkan menjadi petani. Cukup mudah karena tidak perlu jauh-jauh, semua cukup dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat !

0 Response to "Belajar Menjadi Petani Mulai Bertani dari Rumah"

Post a Comment

Silakan tulis komentar Anda dibawah ini. Komentar Anda akan muncul Setelah Disetujui oleh Admin.
Terima kasih atas kunjungannya. Wassalam !

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel